Keluarga

Lawan Depresi, Ini 5 Manfaat Menghabiskan Waktu di Alam untuk Kesehatan Mental

Lawan Depresi, Ini 5 Manfaat Menghabiskan Waktu di Alam untuk Kesehatan Mental

MOMSMONEY.ID - Berikut 5 manfaat menghabiskan waktu di alam untuk kesehatan mental.

Alam tidak hanya menawarkan keindahan yang memanjakan mata. Di balik keindahannya yang mengundang decak kagum, alam juga memiliki kemampuan menyembuhkan, menenangkan, dan memulihkan kesehatan mental.

Sebuah studi yang dilakukan oleh Mathew White menyimpulkan bahwa ada banyak manfaat kognitif dan kebahagiaan saat kita terpapar alam.

Dari mulai meningkatkan fungsi kognitif hingga interaksi sosial, inilah 5 manfaat menghabiskan waktu di alam untuk kesehatan mental sebagaimana dirangkum dari Kentucky Counseling Center.

Baca Juga: 4 Makanan yang Efektif untuk Mengatasi Bau Badan Tidak Sedap, Ternyata Sederhana

1. Meningkatkan fungsi kognitif

Manfaat menghabiskan waktu di alam untuk kesehatan mental yang pertama yaitu meningkatkan fungsi kognitif. Fungsi kognitif berhubungan dengan aktivitas intelektual, pemikiran, penalaran, dan kemampuan untuk mengingat.

Sebuah eksperimen menunjukkan bahwa menghabiskan waktu di alam meski hanya beberapa menit mampu membantu fungsi kognitif otak, terlepas dari berapa usia seseorang.

Ada studi yang meminta separuh siswa untuk memandang atap, sementara separuhnya diminta untuk memandang rerumputan dan bunga di atas jendela. Hasilnya, pemandangan berunsur alam berhasil meningkatkan fungsi kognitif siswa dengan meningkatkan tingkat konsentrasi, meningkatkan kemampuan memerhatikan, menurunkan tingkat stres, membahagiakan otak yang lelah, serta meningkatkan keinginan untuk menghabiskan lebih banyak waktu di alam.

2. Menenangkan pikiran

Manfaat menghabiskan waktu di alam untuk kesehatan mental yang kedua yaitu menenangkan pikiran.

Menghabiskan waktu di alam secara efektif mengurangi stres, menghindari kelelahan mental, menyegarkan pikiran, dan membantu kita berada dalam suasana hati yang bahagia.

Saat sedang banyak pikiran, cobalah untuk menghabiskan akhir pekan Anda di pantai atau area pegunungan. Dijamin, Anda akan merasa lebih rileks dan semangat untuk kembali bekerja di hari Senin. Anda juga cenderung siap untuk menghadapi pekerjaan lain yang mungkin membuat stres selama seminggu ke depan.

3. Meningkatkan kesejahteraan secara keseluruhan

Manfaat menghabiskan waktu di alam untuk kesehatan mental yang ketiga yaitu meningkatkan kesejahteraan secara keseluruhan.

Menghabiskan waktu di alam memiliki efek penyembuhan pada kesehatan mental dan fisik. Kegiatan alam seperti mendaki tidak hanya membantu mengatur tekanan darah, ketegangan otot, dan detak jantung. Tetapi juga mampu mengurangi hormon stres, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan menghasilkan hormon bahagia.

Bisa Anda perhatikan bahwa orang yang tinggal di pegunungan atau hutan memiliki rentang hidup yang lebih lama daripada orang yang tinggal di kota. Ini karena alam atau ruang hijau seperti pegunungan dan hutan memiliki efek yang lebih baik untuk kesehatan mental serta cenderung memberikan lebih sedikit penyakit.

Baca Juga: Jangan Malas Keramas! Ini 7 Akibat Jarang Keramas yang Harus Anda Tahu

4. Bisa menjadi anti-depresan alami

Manfaat menghabiskan waktu di alam untuk kesehatan mental yang keempat yaitu bisa menjadi anti-depresan alami.

Sebuah penelitian telah menunjukkan bahwa menghabiskan waktu di alam setidaknya 2 jam seminggu dapat membantu menenangkan depresi. Ini selaras dengan fakta bahwa kedamaian dan ketenangan di alam mampu membantu menjernihkan pikiran dari kekhawatiran dan kecemasan yang tidak perlu serta mengurangi kemarahan dan ketegangan.

Ingat, aktivitas luar ruangan yang menyenangkan merupakan faktor utama dalam melawan depresi. Dengan berolahraga di alam, itu tidak hanya meningkatkan energi dan menguatkan fisik, tetapi juga menghasilkan endorfin atau hormon bahagia. Saat terapi alam dan olahraga dibarengi dengan diet yang sehat, maka tidak akan ada lagi obesitas, diabetes, peningkatan detak jantung, tekanan darah tinggi, maupun depresi.

5. Meningkatkan interaksi sosial

Manfaat menghabiskan waktu di alam untuk kesehatan mental yang kelima yaitu meningkatkan interaksi sosial.

Melakukan perjalanan di alam memungkinkan Anda untuk bersenang-senang sekaligus berinteraksi secara sosial dengan orang lain.

Paparan terhadap alam terbilang efektif untuk membantu siapa pun menghindari isolasi sosial dan kesepian. Hal ini tentu akan berdampak signifikan pada kesehatan mental.

Itulah 5 manfaat menghabiskan waktu di alam untuk kesehatan mental yang tidak boleh Anda lewatkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News