Keluarga

Kurangi Stres, Ikuti 8 Cara Agar Tetap Tenang di Bawah Tekanan Kerja dan Kehidupan

Kurangi Stres, Ikuti 8 Cara Agar Tetap Tenang di Bawah Tekanan Kerja dan Kehidupan

MOMSMONEY.ID - Berada di bawah tekanan baik karena kerjaan maupun kehidupan di masak kini telah menjadi bagian dari gaya hidup. Terkadang, banyak dari kita yang justru kesulitan mengelola rasa stres tersebut.

Agar Anda bisa tetap tenang meski berada di bawah tekanan, MomsMoney hadirkan beberapa teknik yang bisa memulihkan mental Anda.

Baca Juga: 7 Cara Kelola Stres yang Muncul Setiap Hari, Patut Dijadikan Rutinitas

Latih cara ambil keputusan

Wajar apabila merasa kewalahan saat berada dalam situasi yang penuh dengan tekanan. Namun dengan tetap tenang, maka mengambil keputusan adalah sebuah hal yang mudah dan bisa dilakukan secara cepat.

Dengan menenangkan diri, maka semua jenis tekanan tak akan membuat mental & produktivitasmu jadi terganggu. Tentu hal ini akan berpengaruh terhadap kehidupan sehari-hari.

Meditasi

Kurangi stres

Mengutip Mailchimp, stres kerap datang ketika kita sedang merasa kewalahan. Namun jika kita mengubah sikap & pola pikir menjadi ke arah lebih positif, maka stres akan berkurang dan kita jadi akan tetap tenang menghadapinya.

Meskipun para prosesnya hal ini tidaklah mudah, namun melatih pikiran untuk tetap positif & fokus pada satu tugas di satu waktu tertentu akan turut serta membantu menurunkan tingkat stres kerja.

Baca Juga: 6 Manfaat Melamun Selama 10 Menit yang Direkomendasikan Para Ahli

Lakukan pernapasan dalam

Rasa stres & panik akan membuat kepala mudah pusing. Maka salah satu cara agar tetap tenang di bawah tekanan adalah dengan mengambil pernapasan dalam.

Pertama-tama, tarik napas dalam-dalam, tahan selama beberapa detik, lalu hembuskan perlahan, dikutip dari Fakaza News.

Pernapasan yang dalam & terkontrol dapat memperlambat detak jantung & mendorong tubuh agar rileks dan tetap tenang bekerja di bawah tekanan.

Baca Juga: 5 Jenis Minuman yang Bantu Meningkatkan Daya Ingat Otak, Bikin Belajar Lebih Fokus

Bayangkan hal terbaik, bukan terburuk

Ketika tengah stres, otak akan membayangkan hal-hal terburuk. Namun hentikanlah kebiasaan ini.

Sebaliknya, membayangkan scenario terbaik dapat membantumu untuk tetap tenang dan lancar menangani segala permasalahan. Cara ini disebut dengan memvisualisasi.

Visualisasi adalah sebuah teknik ampuh untuk meningkatkan kepercayaan diri & mempersiapkan pikiran untuk sukses.

Jangan multitasking

Mengutip dari Calm, multitasking adalah sebuah magnet stress yang akan membuat Anda kewalahan. Agar tak terjadi pada Anda, fokuslah hanya pada 1 tugas saja di 1 waktu tertentu hingga selesai.

Baca Juga: 5 Tips Mengatasi Burnout yang Rawan Dirasakan Pekerja Kantor Masa Kini

stres di tempat kerja

Journaling

Mencatat pikiran & perasaan Anda dalam jurnal dapat memberikan perspesktif baru, seolah-olah Anda tengah melepaskan beban mental Anda pada kertas.

Journaling diibaratkan seperti berbicara dengan diri sendiri dengan cara memahami & membantu melihat situasi apa yang tenagh terjadi. Tentu ini akan membantu Anda tetap tenang di bawah tekanan.

Bergerak

Berolahraga & bergerak adalah salah satu cara terbaik mengurangi stres & tekanan. Mengerakkan tubuh juga dapat meningkatkan mood jadi lebih baik.

Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan, mulai dari turun-naik tangga, berjalan, berlari, yoga, ataupun menari.

Baca Juga: 7 Kombinasi Makanan yang Bantu Stabilkan Gula Darah, Turunkan Risiko Diabetes

Pola makan sehat

Saat berada di bawah tekanan & mengalami stres, hindari makan sembarangan. Sebaliknya, Anda justru harus mengonsumsi pola makan seimbang dengan memperbanyak sayuran, buah-buahan, protein tanpa lemak, dan biji-bijian agar stres terkelola dengan baik.

Itu dia sederet cara agar tetap tenang di bawah tekanan kerja maupun kehidupan. Coba tips-tips di atas untuk mengurangi rasa stres yang terjadi pada Anda.

Selanjutnya: Pupusnya Pembentukan Badan Penerimaan Negara di Tangan Sri Mulyani

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News