Santai

6 Tips Mengajak Anjing Jalan-jalan dengan Mobil, Anti Ribet dan Tetap Tenang

6 Tips Mengajak Anjing Jalan-jalan dengan Mobil, Anti Ribet dan Tetap Tenang

MOMSMONEY.ID - Pernahkah Anda mengajak anjing jalan-jalan dengan mobil? Jika belum, Anda perlu mencoba mengajak anjing peliharaan jalan-jalan naik mobil.

Tak perlu takut, Anda dapat menyimak 6 tips mengajak anjing jalan-jalan dengan mobil. 

Tips mengajak anjing jalan-jalan dengan mobil ini tentu berguna agar hewan peliharaan tetap tenang di dalam mobil. Saat Anda merencanakan perjalanan dengan anjing, penting untuk memperimbangkan bagaimana membuat anjing aman dan bebas stres. 

Mengutip Daily Paws, berikut ini 6 tips mengajak anjing jalan-jalan dengan mobil. 

1. Ciptakan Asosiasi Positif dengan Mobil Anda

Banyak anjing yang takut naik mobil karena satu-satunya saat mereka pergi ke mana pun adalah saat Anda membawanya ke dokter hewan atau dirawat. 

Jika hal ini terjadi pada hewan peliharaan, Anda mungkin ingin mulai merencanakan beberapa hal menyenangkan secara lokal agar anjing lebih bersemangat untuk pergi bersama  dan merasa lebih nyaman di dalam mobil. 

Baca Juga: Anti Ribet, Cara Mengolah Kunyit jadi Ramuan Obat Alami Asam Urat

Dengan begitu, dia tidak akan mengasosiasikan perjalanan mobil dengan situasi stres. Bawa dia ke taman anjing atau kunjungi toko hewan peliharaan terdekat dan pastikan dia mendapat hadiah dari perjalanannya.

Sebaiknya mulai dengan jarak pendek (30 menit hingga dua jam) sebelum melakukan perjalanan jarak jauh, dan perhatikan sinyal stres dari anjing Anda. 

Tanda-tanda tersebut bisa berupa banyak menguap, menjilat bibir, atau bahkan muntah-muntah.

Hal penting lainnya yang perlu dipikirkan saat membawa anjing dalam perjalanan dengan mobil adalah bagaimana mengamankannya. 

Ada beberapa jenis pengekang, dan ada baiknya Anda melakukan riset tentang jenis perlengkapan perjalanan apa yang sebaiknya Anda dapatkan untuk hewan peliharaan, termasuk gendongan, tali kekang, peti, atau kursi mobil.

Baca Juga: 3 Tanaman Hias yang Diremehkan tapi Perawatannya Mudah dan Punya Manfaat

2. Ketahui Cara Meringankan Mabuk Perjalanan

Berikut ini gejala mabuk perjalanan :

- Air liur berlebihan. 

- Merengek.

- Lesu dan tidak aktif. 

- Gelisah yang esktrim.

- Diare

Jika anak anjing cukup terbiasa mengendarai mobil tetapi masih mudah merasa mual, bantulah ia tetap tenang dengan menjaga interior tetap sejuk, terutama saat ia berkendara. 

Mungkin hanya memberikan camilan kecil 6–12 jam sebelum perjalanan dimulai untuk mengurangi kemungkinan sakit perut, dan menyediakan banyak air segar.

3. Teliti Destinasi Ramah Anjing

Sebelum  meninggalkan rumah, lakukan riset tentang tempat ramah anjing yang bisa Anda kunjungi dan aktivitas yang bisa dilakukan bersama. Ini akan berguna ketika sampai di tujuan akhir sehingga Anda dapat mulai menikmati hari pertama liburan Anda. 

Baca Juga: Jangan Sembarangan, Begini Cara Menggendong Kucing yang Benar

Hal ini dapat mencakup restoran, tempat pembuatan bir, dan kilang anggur yang ramah anjing, serta jalur lintas alam atau cagar alam, pantai, danau, dan tempat lain yang menarik minat Anda.

4. Rencana Keadaan Darurat 

Beberapa tanda yang harus diperhatikan yang mengindikasikan potensi keadaan darurat meliputi:

- Cedera atau pendarahan yang jelas

- Kejang

- Tanda-tanda keracunan

- Demam tinggi

- Reaksi alergi

- Muntah berlebihan

5. Berhenti di Kamar Mandi 

Cobalah berhenti untuk istirahat di kamar mandi setiap 90 menit sekali. 

Saat menyusun rencana perjalanan, periksa peta untuk melihat di mana Anda dapat berhenti di sepanjang jalan dan berusahalah untuk mengunjungi beberapa taman atau jalan setapak sehingga anjing dapat berlari lebih dari beberapa menit.

Baca Juga: Hati-hati, Tanaman Hias Indoor Pembawa Sial Harus Dihindari

6. Sering Berolahraga dan Bermain

Patuhi kebutuhan olahraga anjing, bahkan saat bepergian. Hal ini memastikan mereka akan tetap dalam kondisi prima sepanjang perjalanan.

Pasangkan kesempatan rutin untuk meninggalkan mobil dengan mainan liburan khusus yang hanya bisa dimainkan oleh anjing Anda saat bertamasya jauh dari rumah. 

Nah itulah tips mengajak anjing jalan-jalan dengan mobil. Simak dan ikuti tipsnya agar perjalanan tetap aman dan anti ribet. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News