MOMSMONEY.ID - Festival belanja akhir tahun masih ramai diminati, namun cara konsumen Indonesia berbelanja mulai berubah.
Masyarakat kini tak lagi sekadar mengejar diskon, melainkan lebih selektif memilih produk yang bernilai jangka panjang.
Temuan ini terlihat dari kinerja LazMall selama Lazada 12.12 Promo Habis-Habisan yang mencatat lonjakan penjualan sekitar 600% dibanding hari biasa.
CEO Lazada Indonesia Carlos Barrera mengatakan, pola belanja masyarakat menunjukkan pergeseran yang semakin jelas ke arah produk berkualitas dan tahan lama.
Menurut dia, kondisi ekonomi saat ini mendorong konsumen untuk lebih berfokus pada kualitas dan ketahanan produk.
Baca Juga: Ciptakan Karya yang Beri Dampak Nyata ke Konsumen Juga Jadi Kunci Keberhasilan Bisnis
"Konsumen, terlebih keluarga muda, memanfaatkan momen akhir tahun untuk berinvestasi pada barang-barang yang meningkatkan kenyamanan hidup, baik rumah tangga maupun personal, kini dan nanti," ujarnya dalam keterangan resmi, Rabu (17/12).
"Dengan demikian, mereka memastikan bahwa mereka mengoptimalkan setiap rupiah yang mereka belanjakan," katanya
Perubahan perilaku ini paling terasa pada kategori kebutuhan esensial. Kategori kecantikan dan kebutuhan rumah tangga mencatat pertumbuhan tertinggi hingga sekitar 710%, didorong oleh kebiasaan konsumen menyetok produk perawatan diri seperti face wash dan sunscreen.
Subkategori ibu dan anak, khususnya popok ukuran besar, juga mencatat permintaan tinggi, menegaskan peran belanja online dalam memenuhi kebutuhan keluarga muda.
Di kategori fesyen, pertumbuhan sekitar 610% mencerminkan minat konsumen pada produk yang fungsional dan relevan untuk keseharian. Sepatu olahraga, sepatu kasual, hingga jeans menjadi pilihan utama karena dinilai lebih awet dan bisa digunakan dalam berbagai aktivitas.
Baca Juga: Menurut Riset YouGov: Konsumen Belanja Online Tapi Paling Doyan Promo
Sementara kategori perlengkapan rumah dan hobi tumbuh sekitar 540%. Keluarga muda dan pembeli rumah pertama semakin aktif berbelanja furnitur, peralatan dapur, hingga perkakas rumah tangga untuk menunjang kenyamanan hunian dan aktivitas do-it-yourself.
Commercial Director Lazada Indonesia Erika Agustine menyebut, promo 12.12 dimanfaatkan konsumen untuk membeli barang-barang yang benar-benar bisa dipakai dalam jangka panjang.
“Kami melihat pelanggan membeli produk-produk yang benar-benar fungsional dan tahan lama, mulai dari elektronik rumah tangga seperti televisi dan peralatan dapur premium seperti panci non-stick, hingga perkakas untuk kebutuhan do-it-yourself,” jelas Erika.
Kategori elektronik pun mencatat pertumbuhan sekitar 230%. Televisi, ponsel, tablet, dan peralatan rumah tangga kini semakin dipandang sebagai kebutuhan utilitas jangka panjang yang mendukung kenyamanan hidup sehari-hari, bukan sekadar pembelian impulsif.
Selanjutnya: 15 Daftar Buah yang Paling Banyak Mengandung Protein
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News