Bugar

Kolesterol Tinggi Tidak Boleh Makan Apa? Intip Daftar Pantangannya di Sini

Kolesterol Tinggi Tidak Boleh Makan Apa? Intip Daftar Pantangannya di Sini

MOMSMONEY.ID - Banyak ditanyakan, kolesterol tinggi tidak boleh makan apa? Yuk, intip beberapa pantangannya.

Menjaga pola makan adalah salah satu cara terbaik untuk mengelola kondisi kolesterol tinggi. Sebab, ada beberapa jenis makanan yang dapat meningkatkan kolesterol, lo.

Lantas, kolesterol tinggi tidak boleh makan apa saja? Merangkum dari laman Healthline dan Health Harvard, inilah daftar makanan pantangan kolesterol tinggi:

1. Daging merah

Daging sapi dan domba umumnya tinggi lemak jenuh, terutama pada makanan seperti hamburger, iga, dan daging panggang. Anda tidak perlu sepenuhnya menghindari daging merah, tetapi batasi konsumsi dan pilih porsi kecil sekitar 85 gram.

Gunakan potongan daging yang lebih rendah lemak, seperti sirloin atau filet mignon. Sebaiknya gantilah dengan sumber protein yang lebih sehat, seperti ayam tanpa kulit, kalkun, ikan, atau kacang-kacangan.

Baca Juga: Bisakah Jalan Kaki Menurunkan Gula Darah dalam Tubuh? Bongkar Faktanya di Sini

2. Daging olahan

Daging olahan seperti hot dog, sosis, dan bacon mengandung banyak lemak jenuh dan kolesterol.

Meskipun versi kalkun atau ayam mengandung kolesterol lebih rendah dibandingkan dengan daging merah, tetap saja tidak bebas kolesterol. Batasi konsumsi daging olahan ini demi menjaga kadar kolesterol Anda.

3. Makanan yang digoreng

Makanan yang digoreng, seperti daging goreng dan stik keju, mengandung kolesterol tinggi dan sebaiknya dihindari jika memungkinkan.

Makanan ini tinggi kalori dan sering mengandung lemak trans, yang dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan berdampak buruk pada kesehatan. Konsumsi makanan yang digoreng secara berlebihan juga dikaitkan dengan peningkatan risiko penyakit jantung.

Baca Juga: Apa yang Menyebabkan Kolesterol Tinggi? Salah Satunya Kurang Gerak

4. Makanan yang dipanggang

Kue, kue kering, dan roti sering dibuat dengan mentega atau shortening yang tinggi kolesterol. Anda tidak harus berhenti makan makanan penutup sepenuhnya, tetapi cobalah alternatif yang lebih sehat.

Saat memanggang, gunakan saus apel atau pisang sebagai pengganti mentega, atau pilih yogurt beku rendah lemak dengan buah beri sebagai camilan manis yang lebih sehat.

5. Makanan cepat saji

Makanan cepat saji merupakan faktor risiko utama untuk berbagai kondisi kronis seperti penyakit jantung, diabetes, dan obesitas.

Orang yang sering mengonsumsi makanan cepat saji cenderung memiliki kadar kolesterol tinggi, penumpukan lemak di perut, peningkatan peradangan, tekanan darah tinggi, dan gangguan dalam pengaturan gula darah.

Setelah membaca ulasan di atas, Anda sudah tahu kolesterol tinggi tidak boleh makan apa saja, bukan? Semoga informasi ini bermanfaat, ya.

Selanjutnya: Aliran Kredit Berpeluang Mengucur Deras pada Era Pemerintahan Prabowo-Gibran

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News