Bugar

Kolesterol Tinggi Tidak Boleh Makan Apa? Hindari 10 Makanan Terlarang Ini

Kolesterol Tinggi Tidak Boleh Makan Apa? Hindari 10 Makanan Terlarang Ini

MOMSMONEY.ID - Ada beberapa makanan yang harus dihindari karena dapat meningkatkan kadar kolesterol LDL dan trigliserida. Lantas, sebenarnya kolesterol tinggi tidak boleh makan apa? Melansir dari Klik Dokter dan Halodoc, berikut adalah sepuluh makanan yang tidak boleh dimakan penderita kolesterol tinggi:

1. Makanan yang Digoreng

Makanan yang digoreng seringkali mengandung lemak trans yang bisa meningkatkan kadar kolesterol jahat dan menurunkan kolesterol baik. Hindari makanan seperti kentang goreng, ayam goreng, dan makanan ringan yang digoreng.

Baca Juga: Boleh Dicoba, Begini 7 Cara Menyembuhkan Asam Urat Tanpa Obat

2. Makanan Olahan

Makanan olahan seperti kue, biskuit, dan roti yang dibuat dengan minyak hidrogenasi mengandung lemak trans. Selalu periksa label pada makanan olahan dan hindari yang mengandung lemak trans.

3. Seafood Tinggi Kolesterol

Beberapa jenis seafood, seperti udang dan lobster, mengandung kolesterol yang tinggi. Meskipun seafood bermanfaat, penting untuk memperhatikan jumlah dan cara pengolahan, dengan mengutamakan metode seperti rebus atau kukus daripada digoreng.

Baca Juga: Apakah Ceker Ayam Mengandung Kolesterol atau Tidak? Inilah Faktanya

4. Jeroan

Jeroan seperti hati dan otak adalah sumber kolesterol tinggi dan juga tinggi purin yang dapat memicu asam urat. Konsumsi berlebihan, terutama jika diolah dengan santan, dapat meningkatkan risiko kesehatan.

5. Daging Olahan

Daging olahan seperti sosis, bacon, dan daging asap adalah sumber kolesterol yang tinggi dan harus dibatasi. Penelitian menunjukkan bahwa konsumsi berlebihan daging olahan dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan beberapa jenis kanker, termasuk kanker usus besar.

Baca Juga: Mual karena Asam Lambung? Coba 12 Obat Tradisional untuk Asam Lambung Berikut

6. Produk Susu Tinggi Lemak

Produk susu seperti susu sapi penuh lemak, yoghurt, dan keju mengandung lemak jenuh yang tinggi. Sebaiknya beralih ke produk yang rendah lemak atau bebas lemak.

7. Es Krim

Es krim biasanya tinggi lemak jenuh dan gula, yang dapat meningkatkan kolesterol. Pilihan lebih baik adalah sorbet atau es krim rendah lemak.

Baca Juga: Aneka Lauk Pauk untuk Penderita Asam Urat dan Kolesterol, Catat ya!

8. Minyak Sayur Tertentu

Beberapa minyak sayur seperti minyak kelapa, minyak kelapa sawit, dan minyak inti sawit tinggi asam lemak jenuh. Penggunaannya untuk memasak sebaiknya dibatasi dan tidak digunakan berulang kali.

9. Kulit Hewan

Kulit dari ayam, sapi, atau kikil mengandung lemak jenuh yang lebih tinggi bahkan daripada dagingnya sendiri, yang dapat meningkatkan kolesterol secara signifikan. Oleh karena itu, lebih baik menghindari mengonsumsi kulit hewan.

Baca Juga: Apakah Kolesterol Tinggi Bisa Menyebabkan Sakit Kepala?

10. Telur Ayam

Sebuah telur ayam ras mengandung sekitar 164 miligram kolesterol dan kuning telur saja mengandung sekitar 242 miligram. Penggunaan minyak kelapa sawit untuk menggoreng telur dapat meningkatkan kolesterol lebih lanjut. Sebagai alternatif, konsumsilah sumber protein lain yang lebih aman seperti tahu dan tempe.

Nah, itulah beberapa makanan yang tidak boleh dikonsumsi penderita kolesterol tinggi. Semoga bermanfaat, ya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News