Keluarga

Kista Payudara Apakah Bisa Menjadi Kanker? Yuk Simak Penjelasannya!

Kista Payudara Apakah Bisa Menjadi Kanker? Yuk Simak Penjelasannya!

MOMSMONEY.ID - Jangan buru-buru khawatir, ternyata kista pada payudara tidak meningkatkan risiko kanker payudara lo!

Melansir Mayo Clinic, kista payudara adalah kantong yang berisi cairan di dalam payudara dan bersifat non-kanker atau jinak. Perempuan bisa memiliki satu atau banyak kista di payudara dan bisa terjadi di satu atau kedua payudara. 

Baca Juga: Staycation dan 5 Aktivitas Ini Bisa Dilakukan Untuk Isi Liburan Natal

Kista payudara tidak memerlukan pengobatan kecuali kita berukuran besar dan terasa nyeri atau tidak nyaman. Adapun kista payudara paling sering terjadi pada wanita yang belum memasuki masa menopause, antara 35-50 tahun. 

Biasanya kista terjadi karena adanya penumpukan cairan di dalam kelenjar payudara. Selain itu perubahan hormom pada perempuan yang terjadi saat menstruasi juga kerap dikaitkan dengan munculnya kista di payudara. Sekarang pertanyaannya, apakah kista bisa menjadi kanker payudara? 

Melansir Breast Cancer Now, memiliki kista pada payudara tidak meningkatkan risiko Anda terkena kanker payudara. Namun tetap penting untuk mewaspadai kondisi kesehatan payudara Anda dan segera periksa ke dokter jika terjadi perubahan pada payudara Anda. 

Baca Juga: Bagi yang Mau Bisnis Kedai Kopi, Ini 3 Tren Industri Kopi Masa Depan

Memiiki kista payudara memang tidak meningkatkan risiko kanker payudara. Namun memiliki kista mungkin membuat lebih sulit menemukan benjolan baru di payudara Anda atau perubahan lain yang memerlukan evaluasi oleh dokter. 

Melansir Halodoc, selain itu kista payudara juga bisa terinfeksi oleh bakteri dan berubah menjadi abses payudara. Nah itu tadi informasi mengenai kista dan kanker payudara, semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News