Santai

Kisah Sukses Nelayan Karimun Budidaya Ikan Kakap Putih

Kisah Sukses Nelayan Karimun Budidaya Ikan Kakap Putih

MOMSMONEY.ID - Di balik pekerjaannya menerjang gemuruh ombak dan angin laut, terhampar cerita keberhasilan yang menginspirasi dari desa pesisir Sawang Laut, Karimun. Sebuah kisah tentang perjuangan nelayan lokal yang kini telah meraih kesuksesan melalui budi daya ikan kakap putih berkat bantuan dari anggota Grup MIND ID, PT Timah.

Sejak awal, PT Timah telah menggalang kemitraan erat dengan Pokdakan Maju Bersama, sebuah kelompok nelayan di Desa Sawang Laut, Kecamatan Kundur Barat, Kabupaten Karimun, dalam mengembangkan budi daya kakap putih.

Program POS PELAUT (Polikultur Silvofishery sebagai Pemberdayaan Nelayan Sawang Laut) yang digagas PT Timah menjadi tonggak awal dalam upaya memajukan perekonomian masyarakat pesisir.

Melalui bantuan dan bimbingan yang berkelanjutan, program budi daya kakap putih yang digagas PT Timah tidak hanya berkembang, tetapi juga terus meningkat dari waktu ke waktu.

Pokdakan Maju Bersama melepaskan 3.000 ekor bibit Kakap Putih ke perairan, hasil dari kerja keras dan dedikasi para nelayan yang dibimbing oleh PT Timah pada Senin, 22 April 2024.

Baca Juga: Grup MIND ID Gelar Safari Ramadan 2024

Pepeng, salah satu penyuluh dari BPLP Batam, yang turut serta dalam program ini menyampaikan kebanggaannya atas kesuksesan Pokdakan Maju Bersama dalam membudidayakan ikan Kakap Putih.

Keberhasilan ini adalah bukti nyata dari tekad dan kerja keras kelompok Pokdakan Maju Bersama yang didukung oleh PT Timah. Mereka tidak hanya mampu menjaga keberlangsungan hidup ikan Kakap Putih, tetapi juga menghasilkan populasi yang berkembang dengan baik di kolam pembesaran mereka.

“Pokdakan Maju Bersama binaan dari PT Timah melalui program Pos Laut dari Desa Sawang Laut ini telah berhasil dalam membudidayakan pembesaran ikan Kakap Putih ini dengan baik itu dapat dilihat dari banyaknya Kakap Putih yang mampu hidup serta berkembang di kolam pembesaran ini dengan baik,” katanya.

Amran, Ketua Pokdakan Maju Bersama, turut mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada PT Timah atas bantuan dan program budi daya Kakap Putih. Menurutnya, program ini telah membuka pintu kesempatan bagi nelayan untuk meningkatkan taraf hidup dan ekonomi keluarganya.

“Saya selaku ketua Pokdakan Maju Bersama mewakili seluruh anggota mengucapkan terima kasih kepada PT Timah atas bantuan serta program pembesaran Kakap Putih ini kepada kami sehingga saya dan anggota mampu memperbaiki ekonomi bagi keluarga bukan hanya mengandalkan hasil dari melaut saja,” ujar Amran.

Meskipun telah mencapai tingkat mandiri dalam program budi daya ini, Amran menegaskan bantuan dan pendampingan dari PT Timah tetap sangat berarti bagi kelompok mereka.

Sekretaris Perusahaan MIND ID, Heri Yusuf dalam keterangan yang diterima Momsmoney mengatakan cerita sukses budi daya kakap putih tersebut menjadi salah satu keberhasilan grup MIND ID dalam memberikan sumbangsih bagi masyarakat khususnya di sekitar wilayah operasional perusahaan, seperti pada masyarakat nelayan Karimun.

Baca Juga: Deretan Local Heroes Grup MIND ID yang Sukseskan Beragam Program

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News