M O M S M O N E Y I D
BisnisYuk

Kisah Pengusaha Batik Tembus Pasar Global Lewat E-commerce

Kisah Pengusaha Batik Tembus Pasar Global Lewat E-commerce
Reporter: Jane Aprilyani  |  Editor: Jane Aprilyani


MOMSMONEY.ID - Pamor penggunaan fesyen batik belakangan kian digemari masyarakat. Tak heran, para pelaku usaha batik kian gesit dan berinovasi dalam menghasilkan karya batik terbaiknya.

Teknologi digital memainkan peran penting dalam pelestarian dan promosi budaya Indonesia.

Hal ini dikemukakan oleh Harry, pegiat batik dan Pendiri Rumah Batik Pal Batu, serta Lukmanul Hakim, pelaku UMKM batik asal Pekalongan yang berhasil ekspor, pada talk show bertajuk Membawa Warisan Budaya Mendunia dalam rangka perayaan Hari Batik Nasional 2024.

Kedua sosok ini telah berkiprah dalam industri batik nusantara selama lebih dari satu dekade, dan bersama teknologi digital, kini mampu membawa batik hingga kancah internasional.

Di tengah arus modernisasi, batik masih terus mempertahankan eksistensinya di industri fesyen. Lebih dari pakaian tradisional, batik juga telah menjadi simbol identitas budaya lokal Indonesia yang membanggakan.

Tidak hanya di tanah air, batik kini telah berkembang menjadi salah satu komoditas industri kreatif yang digemari oleh pasar global.

Harry telah menekuni industri batik selama lebih dari 10 tahun terakhir dan melihat kesadaran masyarakat Indonesia untuk berbatik sudah semakin meningkat.

Saat ini, kata Harry, semakin banyak orang yang suka memakai batik untuk aktivitas harian. Hal tersebut juga didorong oleh kemudahan akses pada aneka produk batik yang kini juga tersedia di e-commerce.

Baca Juga: Tren Belanja di Shopee Big Ramadan Sale, Ini Produk yang jadi Buruan

Desain batik di toko online ini juga menjadi trendsetter sehingga  batik juga semakin populer di semua kalangan, terutama generasi muda.

"Perkembangan tren tersebut juga membawa dampak positif bagi Rumah Batik Pal Batu karena tidak hanya meningkatnya penggunaan batik, sekarang ini makin banyak orang yang juga mulai tertarik untuk belajar membatik," ujar Harry.

Rumah Batik Pal Batu sendiri merupakan sebuah destinasi di mana masyarakat bisa belajar cara membatik. Sebagai tempat edukasi batik, Rumah Batik Pal Batu juga sangat mendukung para produsen batik yang berupaya melestarikan batik.

"Kehadiran platform e-commerce seperti Shopee memberikan kesempatan bagi para produsen dan penjual batik untuk semakin mengembangkan bisnisnya," ungkap Harry.

"Sebagai pegiat batik, saya juga sangat mendukung upaya para penjual batik yang selalu berinovasi dan memilih platform promosi yang sesuai zaman sehingga batik dapat menjadi fesyen yang tetap relevan untuk semua kalangan," imbuhnya.

Batik mendunia bersama platform e-commerce

Program Ekspor Shopee yang hadir sejak tahun 2019 lalu telah membantu 26 juta produk UMKM bisa diekspor dengan mudah. Jumlah produk yang diekspor di awal tahun 2024 juga meningkat 2x lipat dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Salah satu produk yang juga diekspor termasuk produk batik yang diciptakan oleh perajin asal Pekalongan, Jawa Tengah, Assojar Fashion milik Lukmanul Hakim.

Baca Juga: Kisah Pemilik Fashion Lokal Gonegani Kembangkan Bisnis

Kecintaan Lukman terhadap batik sudah dimulai sejak ia berusia remaja. Tumbuh di sekitar lingkungan para penjahit batik di daerah Pekalongan, kota yang memang identik dengan produksi batik menginspirasi Lukman untuk melestarikan budaya membatik dengan mendirikan bisnis batik.

Assojar Fashion didirikan tahun 2016 hanya dengan modal Rp 500.000 yang berasal dari hasil tabungan Lukman yang sudah mulai bekerja sebagai penjahit sejak ia lulus dari Madrasah Tsanawiyah (MTs).

Untuk memastikan Assojar Fashion dapat bersaing di pasaran, Lukman berupaya mengikuti perkembangan tren dengan bergabung di platform e-commerce dan berinovasi membuat model batik yang dapat dipakai dalam berbagai kesempatan.

Namun demikian, Lukman tetap menjaga kelestarian metode membatik yang otentik dan tradisional dengan menggunakan canting maupun cap untuk membuat pola batik yang ia desain sendiri.

Kesuksesan pertumbuhan bisnis Assojar Fashion tidak terlepas dari investasi yang dilakukan oleh Lukman di berbagai fitur dan program Shopee, seperti:

Aktif mengikuti kampanye Shopee seperti Shopee Pilih Lokal, Tanggal Kembar, dan juga Ramadan Sale untuk menghadirkan berbagai penawaran menarik bagi para konsumen setianya.

Memaksimalkan Program Affiliate Marketing Solution untuk bekerja sama dengan para affiliate Shopee dalam mempromosikan produk Assojar Fashion melalui Shopee Live dan Shopee Video.

Baca Juga: Kini, UMKM Bisa Jual Produk untuk Instansi Pemerintah Lewat AyooMall

Hampir 30% total pendapatan Assojar Fashion tiap bulannya berasal dari promosi para affiliate Shopee.

Bergabung dalam Program Ekspor Shopee untuk membantu Assojar Fashion menjangkau para konsumen di kancah internasional, seperti Malaysia, Singapura, Filipina, Taiwan, bahkan hingga Meksiko.

Di 2024, 75% produk Assojar Fashion yang diekspor melalui Shopee didominasi oleh pembeli dari negara tetangga, Malaysia.

Bergabung dalam platform Shopee adalah investasi tepat yang Assofajar lakukan untuk mendorong perkembangan bisnis Assojar Fashion secara signifikan.

Pendapatannya melonjak hingga 250% di semester-I 2024 ini jika dibandingkan dengan semester pertama tahun lalu dan mencapai omzet bulanan hingga miliaran rupiah.

"Pertumbuhan Assojar Fashion ini juga membuat kami bisa menciptakan lebih banyak lapangan kerja bagi warga lokal Pekalongan," kata Lukman. 

"Saat ini, ada lebih dari 70 perajin batik dan karyawan yang telah bergabung di Assojar Fashion, dan kami harap jumlah tersebut akan terus meningkat agar kami dapat terus mengambil bagian untuk melestarikan warisan budaya bangsa," imbuhnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

TERBARU

Adopsi AI Berkembang Sangat Masif, Termasuk di Kalangan UMKM

AI tidak lagi menjadi sesuatu yang baru atau tabu. Dalam satu tahun terakhir, adopsi AI berkembang sangat masif, termasuk di kalangan UMKM.

Promo KA99ET Bank Saqu di Bakmi GM 15–17 Desember, Nasi Ayam Lada Cha Cha Rp 9.900

Nikmati promo KA99ET Bank Saqu di Bakmi GM hingga 17 Desember. Hanya Rp 9.900 sudah dapat Nasi Ayam Lada Cha Cha yang kuota terbatas banget.

Harga Emas Antam Hari Ini Selasa 16 Desember 2025 Stagnan

Harga emas Antam hari ini ukuran 1 gram bergeming di harga Rp 2.464.000 Selasa (16/12/2025), sama seperti harga Senin (15/12/2025).

Poco X6 Pro Memasang Layar AMOLED Seluas 6.67 inci, Cek Informasi Detailnya!

Poco X6 Pro memasang layar yang sama dengan Xiaomi 14T yakni AMOLED 1,5K seluas 6.67 inci. Layarnya punya refresh 120Hz dan kecerahan 1.800 nit.  

4 Acara Masak Populer di Netflix, Culinari Class Wars 2 bakal Tayang Desember Ini

Inilah beberapa rekomendasi variety show masak di Netflix yang perlu ditonton bagi penggemar masak. 

Spesial HUT BRI ke-130: Promo Niku Udon Marugame Cuma Rp 13.000 Khusus 16 Desember

Merayakan HUT BRI ke-130, Marugame Udon hadirkan promo spesial khusus 16 Desember. Dapatkan semangkuk Niku Udon hanya dengan Rp 13.000.

Promo Bluebird Akhir Tahun, Ragam Layanan Transportasi dengan Penawaran Khusus

Menjelang akhir tahun, Bluebird menawarkan promo dan layanan untuk penumpangnya. Simak detilnya berikut ini.

Manchester United Ditahan Bournemouth 4-4, Hasil yang Bikin Old Trafford Terdiam

Cek laga Manchester United vs Bournemouth pekan ke-16 Premier League 2025/2026 di Old Trafford, (16/12/2025) pukul 03.00 WIB, ini dia hasilnya.

Tak Sekadar Kejar Cuan, Penggunaan Teknologi AI Penting buat Investasi

Layanan trading dengan teknologi artificial intelligence atau AI juga mendukung investasi agar lebih cuan dan minim risiko 

7 Promo BCA Minuman Favorit Desember 2025, Penawaran Spesial Chatime hingga Tomoro

Rangkaian promo menarik dari BCA hadirkan minuman favorit dengan penawaran spesial. Dari Chatime sampai Tomoro Coffee lebih hemat.