MOMSMONEY.ID - Shopee mencatat bulan Ramadan tahun ini antusiasme masyarakat dalam berbelanja kian meningkat. Khususnya, memanfaatkan puncak kampanye yang Shopee gelar.
Ya, Ramadan tentu menjadi momen yang berbeda dari hari-hari biasanya. Masyarakat umumnya menyisihkan uang untuk membeli segala keperluan Ramdan dan Hari Raya Idul Fitri.
Hal ini terlihat dari tren belanja di waktu sahur dengan peningkatan transaksi lebih dari 16 kali lipat dibanding waktu yang sama di hari biasa.
Tahun ini, selain membantu pengguna untuk menciptakan setiap momen Ramadan yang penuh berkah, kampanye Big Ramadan Sale 2023 juga melahirkan beberapa kebiasaan belanja baru yang menarik untuk disimak.
Baca Juga: 4 Rekomendasi Dress Lebaran Tahun 2023 untuk Tampil Cantik dan Elegan di Hari Raya
Maka dari itu, berikut Shopee bagikan keseruan tren belanja pengguna Shopee selama Ramadan:
1. Tren pengguna berburu produk incaran selama Ramadan
Pada Ramadan yang spesial, selain menyiapkan diri untuk berpuasa dan ibadah dengan maksimal, masyarakat juga semakin antusias dalam berburu berbagai kebutuhan dan produk incarannya.
Salah satu yang menjadi menjadi perhatian yaitu perkembangan tren fashion yang muncul selama kampanye Big Ramadan Sale 2023.
Pasar busana muslim pun semakin diminati, kategori Fashion Muslim mengalami peningkatan transaksi yang mencapai lebih dari 9 kali lipat pada puncak kampanye dibanding hari biasa.
Kebiasaan masyarakat yang ingin membeli pakaian baru maupun perlengkapan ibadah agar tetap tampil maksimal dan fashionable di setiap aktivitas Ramadan, terlihat dari produk favorit pengguna.
Yakni, gamis crinkle, pashmina ceruty, dan baju koko kurta yang paling banyak dibeli di Shopee.
Menjelang Lebaran, kegiatan mengirim hampers ke sanak keluarga atau kerabat menjadi salah satu tradisi dan tren yang kerap dilakukan untuk menjaga silaturahmi.
Maka tak heran, antusiasme selama puncak kampanye Big Ramadan Sale 2023 terhadap hampers pun turut mengalami peningkatan lebih dari 5 kali lipat dibanding hari biasa.
Baca Juga: Santri Pengusaha Perlengkapan Mandi untuk Jenazah, Mendapat Suntikan Modal
Selain sebagai momen untuk berbagi kebahagiaan lewat pemberian hadiah, menuju hari kemenangan juga kerap kali diisi oleh berbagai tradisi unik nan khas oleh setiap keluarga.
Sebut saja, budaya kumpul keluarga sambil makan makanan khas pada hari Lebaran, ada juga tradisi salam tempel atau pemberian THR dengan amplop lucu untuk sanak saudara.
Menariknya dari kebiasaan-kebiasaan tersebut, produk-produk yang lekat dengan semangat menyambut Hari Raya seperti amplop Lebaran, kurma, dan tas hampers Idul Fitri juga menjadi produk paling banyak dipesan.
"Kami senang sekali melihat antusias pengguna dalam memilih Shopee sebagai destinasi belanja online untuk memenuhi berbagai kebutuhan di setiap momen Ramadan mereka," ucap Monica Vionna, Head of Marketing Growth Shopee Indonesia.
Promo terbesar dan ragam produk yang Shope hadirkan serta faktor eksternal seperti tradisi halal bihalal hingga silaturahmi, kata Monica, mendorong peningkatan pada kategori-kategori identik dengan Ramadan. Seperti Fashion Muslim, Makanan dan Minuman, serta Hampers.
Selain itu, di kampanye Shopee tahun ini, Anda bisa memaksimalkan berbagai penawaran menarik. Antusiasme dan sengitnya berburu produk incaran sepanjang kampanye sangat terlihat di momen Flash Sale Akbar RP1.
"Khususnya yang berlangsung pada puncak kampanye di tanggal 4-6 April lalu, salah satu produk Flash Sale RP1 yang paling diincar adalah Mobil Toyota Agya, iPhone 14, hingga Paket Umrah yang berhasil didapatkan oleh para pengguna Shopee," ungkap Monica.
Baca Juga: Rencanakan Sahur dan Berbuka Lewat Meal Plan Ala Shopee
2. Keseruan berbelanja dengan cara baru didukung oleh beragam fitur interaktif
Melihat rutinitas yang berubah di keseharian setiap orang, selain memanfaatkan Shopee sebagai platform untuk berbelanja, Anda juga memanfaatkan fitur-fitur lainnya, seperti Shopee Video, Shopee Live, maupun Shopee Games, untuk mengisi waktu luang saat puasa.
Dan yang berbeda, keseruan dari program baru dan inovasi fitur yang dihadirkan Shopee mendapatkan respons luar biasa yang juga turut dimanfaatkan untuk semakin memaksimalkan dan meramaikan momen berbelanja mereka di antaranya:
- Program spesial Ramadan, Shopee LIVE MARKAS (Mari Kita Ngobrol Santai Bareng UMKM), menemani ngabuburit pengguna dengan konten hiburan di Shopee Live yaitu MARKAS yang bisa ditonton sejak 23 Maret pada pukul 17.00-18.00 WIB. Mendapatkan animo positif dari masyarakat hingga puncak kampanye kemarin, MARKAS telah ditonton hingga 7 juta kali.
- Beragam hiburan menarik sambil mendapatkan keuntungan dengan menonton Shopee Video demi mendapatkan THR Kaget 15M sepanjang kampanye berlangsung. Terlihat dari Shopee Video mengalami peningkatan jumlah penonton pada jam buka puasa 18.00-21.00.
- Kompetisi #SpillBawaBerkah yang telah diikuti oleh Shopee Affiliate dari seluruh daerah di Indonesia untuk membagikan inspirasi produk yang dapat melengkapi setiap kegiatan di bulan Ramadan. Hingga puncak kampanye Big Ramadan Sale tanggal 6 April lalu, tercatat hampir 200.000 video telah diunggah ke Shopee Video menggunakan hashtag #SpillBawaBerkah.
Keseruan Big Ramadan Sale 2023 masih terus berlanjut hingga 22 April 2023. Anda masih bisa merasakan keuntungan lainnya lewat promo di mini peak day yang berlangsung 10-11 April 2023 melalui Flash Sale Akbar Rp1, Gratis Ongkir Super Dahsyat, dan THR Kaget 15M.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News