Bugar

5 Cara Mengatasi Hiperpigmentasi Kulit yang Dapat Anda Coba

5 Cara Mengatasi Hiperpigmentasi Kulit yang Dapat Anda Coba

MOMSMONEY.ID - Catat, ya! Berikut ini adalah beberapa cara mengatasi hiperpigmentasi kulit yang dapat Anda coba.

Hiperpigmentasi adalah kondisi di mana bagian dari kulit menjadi lebih gelap daripada area sekitarnya, biasanya akibat produksi melanin yang berlebihan.

Ini bisa disebabkan oleh faktor seperti paparan sinar matahari, bekas luka, inflamasi, atau perubahan hormonal. Lantas, bagaimana cara mengatasi hiperpigmentasi kulit?

Menyadur dari laman Everyday Health, berikut ini adalah beberapa cara yang dapat Anda coba:

1. Menggunakan Pelembap

Menjaga kulit tetap lembap tidak hanya tentang mengatasi bintik-bintik hitam, tetapi juga tentang menjaga kesehatan kulit secara umum. Pelemba yang baik harus mengandung bahan-bahan seperti gliserin atau asam hialuronat, dan mungkin juga retinol untuk mendukung pergantian sel.

Pelembab juga efektif membantu melindungi penghalang kulit serta mendukung kesehatan sel-sel kulit baru.

Baca Juga: Apa yang Terjadi jika Makan Telur Setiap Hari? Cari Tahu di Sini, yuk

2. Menggunakan Tabir Surya

Menggunakan tabir surya dengan SPF minimal 30 setiap hari adalah cara yang sangat efektif untuk melindungi kulit dari perubahan warna akibat paparan sinar matahari. Ini penting karena sinar UV dapat membuat bintik-bintik gelap semakin menggelap.

3. Hindari Menggaruk Kulit

Menggaruk kulit akan meningkatkan peradangan dan perubahan warna. Anda dianjurkan untuk menghindari tindakan tersebut agar kondisi kulit tidak makin memburuk.

Baca Juga: 8 Manfaat Konsumsi Jeruk bagi Kesehatan yang Luar Biasa, Apa Saja ya?

4. Menggunakan Lidah Buaya

Lidah buaya dikenal karena efek anti-inflamasinya dan dapat membantu dalam mengurangi pigmen dengan menghambat tirosinase. Tanaman lidah buaya adalah salah satu obat rumahan yang memiliki dapat membantu mengatasi masalah hiperpigmentasi kulit.

5. Makan Diet Seimbang

Menjaga diet yang kaya nutrisi sangat penting untuk kesehatan kulit. Makanan yang kaya vitamin dan mineral mendukung perbaikan dan pembaruan sel kulit. Anda juga disarankan untuk menghindari makanan dengan indeks glikemik tinggi yang dapat memperburuk hiperpigmentasi.

Baca Juga: 10 Manfaat Anggur untuk Kesehatan Tubuh, Bisa Turunkan Kolesterol lho

Nah, itulah cara mengatasi hiperpigmentasi kulit yang dapat Anda coba lakukan. Jika pengobatan rumahan tidak membuahkan hasil, berkonsultasi dengan dermatolog bisa menjadi langkah selanjutnya. Semoga bermanfaat, ya.

Selanjutnya: BNI Bidik Penjualan SR021 Lebih dari Rp 1 Triliun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News