HOME, Santai

Ketahui Tanda-Tanda Anda Sedang Dalam Masa Ovulasi! Simak Penjelasannya Ini!

Ketahui Tanda-Tanda Anda Sedang Dalam Masa Ovulasi! Simak Penjelasannya Ini!

MOMSMONEY.ID - Masa subur atau ovulasi adalah masa dimana wanita sedang berada dalam masa reproduksi yang baik. Dimana biasanya proses pembuahan bisa dapat dengan mudah terjadi di masa ovulasi.

Ovulasi sendiri selalu terjadi pada wanita setiap bulannya, namun seringkali berubah-ubah mengikuti perputaran siklus menstruasi.

Lalu apa sajakah tanda yang menunjukkan wanita sedang berada dalam masa ovulasi? Berikut ini adalah beberapa tanda-tandanya.

Baca Juga: Lakukan 4 Tips Ini untuk Bangun Kepercayaan dalam Hubungan dengan Pasangan!

Munculnya keputihan

Keputihan yang terjadi di masa ovulasi biasanya mengalami sedikit perubahan dari biasanya. Melansir dari laman Health Line pada masa ovulasi, keputihan biasanya akan mengalami perubahan konsistensi.

Konsistensi cairan keputihan pada masa ovulasi akan berubah menjadi seperti putih telur yang tebal dan stretchy. Nantinya cairan inilah yang akan membantu proses pembuahan dan membantu sperma untuk tetap hidup selama kurang lebih 5 hari setelah dibuahi.

Meningkatnya suhu basal tubuh

Suhu basal tubuh adalah temperature tubuh ketika bangun di pagi hari sebelum memulai aktivitas sehari-hari. Pada masa ovulasi suhu tubuh akan meningkat hingga terjadinya menstruasi.

Hal tersebut disebabkan karena adanya sekresi yang dikeluarkan oleh hormone progesterone. Hormon ini adalah hormone yang membantu menyiapkan sel telur hingga siap untuk dibuahi, sehingga membuat suhu basal tubuh juga meningkat.

Baca Juga: Selalu Mood Swing Saat PMS? Ini Tips Mudah Untuk Mengatasinya

Meningkatnya libido

Meningkatnya libido atau hasrat seksual juga bisa menjadi sebuah tanda seorang wanita tengah berada pada masa ovulasi. Seperti yang dilansir dari laman The Bump, beberapa wanita menyatakan bahwa hasrat seksual meningkat saat berada pada masa ovulasi.

Namun yang perlu diperhatikan, biasanya peningkatan libido ini juga dipengaruhi oleh beberapa hal lain.Yang tentu saja berkaitan dengan masa ovulasi yang merupakan masa subur untuk melakukan proses pembuahan.

Payudara terasa sakit

Ciri atau tanda lain yang mengindikasi seorang wanita tengah berada dalam masa ovulasi adalah payudara yang membesar serta terasa sakit.

Hal tersebut dipengaruhi oleh hormone yang membantu menyiapkan tubuh sebelum terjadinya masa ovulasi. Selain payudara, biasanya perut juga akan terasa mual dan kembung saat sedang berada pada masa ovulasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News