Bugar

Kerap jadi Lalapan, Ini Manfaat Makan Kemangi untuk Kesuburan Wanita dan Pria

Kerap jadi Lalapan, Ini Manfaat Makan Kemangi untuk Kesuburan Wanita dan Pria

MOMSMONEY.ID - Salah satu pelengkap makanan paling disukai. Rupanya ada manfaat makan kemangi untuk kesuburan wanita dan pria, lo.

Kemangi adalah tanaman yang sering digunakan sebagai lalapan di Indonesia. Kemangi dikenal karena aromanya yang khas dan rasanya yang segar.

Tidak hanya lezat dan mudah didapat, kemangi juga menyimpan banyak manfaat untuk kesehatan, salah satunya adalah meningkatkan kesuburan baik pada wanita maupun pria.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kemangi mungkin memiliki manfaat tersendiri untuk mendukung kesuburan.

Baca Juga: 12 Manfaat Jamur Kuping untuk Kesehatan, Mari Intip Daftarnya!

Manfaat ini bersumber dari zat-zat yang terkandung di dalamnya, yang memberikan efek positif bagi kesehatan reproduksi. Menyadur dari laman Hello Sehat, inilah manfaat makan kemangi untuk kesuburan wanita dan pria:

1. Merangsang Kkesiapan sel telur (Ovum)

Kemangi mengandung zat stigmasterol yang berpotensi merangsang sel telur agar lebih cepat siap untuk proses ovulasi. Hal ini dapat meningkatkan peluang kehamilan.

2. Meningkatkan libido

Mengutip dari laman University of Rochester Medical Center, kemangi berperan sebagai afrodisiak alami yang dapat membantu meningkatkan libido pada wanita.

Manfaat satu ini dapat mendukung hubungan yang harmonis dan proses reproduksi yang lebih baik.

Baca Juga: Menurut Penelitian, Inilah 15 Manfaat Kesehatan Daun Kelor untuk Tubuh

3. Menjaga kesehatan organ reproduksi

Kesehatan organ reproduksi wanita sangat penting untuk mendukung kehamilan. Zat eugenol dalam kemangi bertindak sebagai antibakteri yang dapat membantu mencegah infeksi pada organ reproduksi, termasuk keputihan yang disebabkan oleh bakteri.

4. Meningkatkan fungsi sistem reproduksi

Kandungan anethole dan boron dalam kemangi dapat merangsang hormon estrogen, yang penting untuk memperbaiki dan mendukung sistem reproduksi wanita.

Baca Juga: 8 Makanan Sehat yang Berbahaya jika Dikonsumsi Berlebihan

5. Mengatasi ejakulasi dini dan meningkatkan kualitas sperma

Zat 1-8 cineol dalam kemangi berpotensi membantu mengatasi masalah ejakulasi dini dan meningkatkan kualitas sperma. Kualitas sperma yang baik akan memperbesar peluang terjadinya pembuahan.

6. Mencegah infertilitas

Kemangi mengandung arginin, zat yang diduga dapat mencegah dan mengatasi infertilitas pada pria. Mengonsumsi kemangi dapat mendukung kesehatan reproduksi pria secara keseluruhan.

Baca Juga: Daun Sirih Bisa Obati Penyakit Apa Saja? Simak Ulasannya di Sini, yuk!

7. Meningkatkan vitalitas

Kombinasi zat arginin dan 1-8 cineol dalam kemangi bisa meningkatkan vitalitas pria, yang merupakan faktor penting dalam proses pembuahan yang sukses.

8. Membantu mengeluarkan racun dari tubuh

Kemangi memiliki efek detoksifikasi, yang membantu membuang racun dari tubuh dan memperlancar metabolisme. Dengan tubuh yang lebih bersih dan sehat, peluang kehamilan pun meningkat.

Baca Juga: Kenali Ciri-Ciri Diabetes pada Wanita, Salah Satunya Miss V Kering

Nah, itulah ulasan terkait manfaat makan kemangi untuk kesuburan wanita dan pria. Meski begitu, perlu diingat bahwa manfaat kemangi bagi kesuburan belum sepenuhnya terbukti dan memerlukan penelitian lebih lanjut untuk memastikan keamanan konsumsinya dalam kondisi tertentu.

Berdasarkan penelitian pada hewan yang dimuat dalam jurnal Nutrition Today, beberapa jenis kemangi dapat berdampak negatif pada kesuburan jika dikonsumsi dalam jumlah tertentu. Oleh karena itu, riset lebih lanjut diperlukan untuk memahami efek kemangi pada manusia.

Konsultasikan ke dokter sebelum mencoba konsumsi kemangi untuk menjaga kesuburan Anda.

Tonton: Bukan Tanda Hamil, Ini Penyebab Telat Haid

Selanjutnya: Lazada Gelar Seller Conference Level Up guna Dukung Penjual Online Unggul & Bersaing

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News