Keluarga

Kenapa Kucing Tidak Mau Makan dan Lemas? Simak Penyebab dan Cara Mengatasinya

 Kenapa Kucing Tidak Mau Makan dan Lemas? Simak Penyebab dan Cara Mengatasinya

MOMSMONEY.ID - Kucing yang tiba-tiba tidak mau makan dan lemas perlu menjadi perhatian serius. Jika kucing tidak mau makan dan lemas, Anda perlu mengambil tindakan. 

Kenapa kucing tidak mau makan dan lemas? Mungkin ada hal-hal yang membuat kucing tidak mau makan dan lemas, seperti sakit dan stress. 

Anda perlu mengetahui penyebab kucing tidak mau makan dan lemas agar bisa mengatasi dengan cara yang tepat. Anda tidak bisa sembarangan menangani kucing tidak mau makan dan lemas. 

Kucing tidak mau makan dan lemas biasanya karena sakit. Anda perlu mencari penyebab kucing tidak mau makan dan lemas.

Artikel ini menjelaskan beberapa penyebab kenapa kucing tidak mau makan dan lemas. 

Baca Juga: 5 Penyebab Kucing Muntah, Ketahui Warna dan Cara Mengatasinya

Kucing Sakit

Kenapa kucing tidak mau makan dan lemas?

Mengutip The Spruce Pets, kucing Anda mungkin tidak menyukai makanan yang Anda tawarkan, tetapi kurangnya nafsu makan sering kali merupakan gejala dari masalah yang mendasarinya.

Anda mungkin berhenti makan jika ada sesuatu yang tersangkut di perut atau ususnya atau jika ia merasa tidak enak badan karena penyakit atau infeksi yang mendasarinya.

Atau, kucing Anda mungkin tidak menyukai makanan yang Anda tawarkan. Kekurangan makan juga bisa menjadi gejala rasa sakit atau ketidaknyamanan.

Jika Anda memiliki kucing gemuk yang berhenti makan, ia dapat dengan cepat mengembangkan lipidosis hati dengan tidak makan selama beberapa hari.

Penyakit ini sering disebut sebagai penyakit perlemakan hati atau sindrom perlemakan hati dan bisa berakibat fatal jika tidak ditangani. 

Inilah alasan utama mengapa sangat penting untuk memastikan kucing Anda, terutama jika kelebihan berat badan, terus makan.

Baca Juga: Cara Membuat KTP Kucing Secara Online, Gratis untuk Anabul Kesayangan di Rumah

Penyebab kucing tidak mau makan dan lemas

  • Penyakit Pernapasan

Masalah pernapasan dapat memengaruhi indra penciuman atau kemampuan bernapas kucing Anda yang menyebabkan hilangnya nafsu makan. 

Penyakit pernapasan bagian atas dapat menyumbat hidung dan mata kucing Anda dengan kotoran yang menyebabkan hilangnya atau terbatasnya penglihatan dan penciuman untuk sementara.

Penyakit saluran pernapasan bagian bawah dapat memengaruhi paru-paru kucing Anda sehingga membuatnya kesulitan bernapas. 

Masalah pernapasan ini mungkin disebabkan oleh infeksi bakteri atau virus yang memerlukan perawatan dasar atau mungkin serumit kanker. 

Terlepas dari tingkat keparahan masalah pernapasannya, jika penyakit tersebut membuat kucing Anda tidak dapat bernapas dengan mudah atau mencium bau makanannya, ia mungkin memutuskan untuk tidak mau makan.

  • Penyakit Sistem Pencernaan 

Masalah dengan perut, usus, pankreas, atau bagian lain dari sistem pencernaan kucing Anda dapat menyebabkannya berhenti makan. 

Kucing Anda mungkin juga muntah dan mengalami diare atau sakit perut di samping masalah pencernaan. 

Namun biasanya, penurunan nafsu makan akan menjadi salah satu tanda awal adanya masalah pada sistem pencernaan. 

Masalah dapat berkisar dari refluks asam, tumor, ketidakseimbangan bakteri usus, parasit, penyakit iritasi usus, dan masalah lainnya.

Baca Juga: Penyebab Mata Anak Kucing Belekan dan Tertutup, Kenali Gejala Infeksi

  • Penyakit Gigi 

Gigi dan gusi yang sakit atau sakit dapat menyebabkan kucing Anda berhenti makan. 

Kucing dapat mematahkan giginya, mengembangkan lesi resorptif pada giginya, mengembangkan peradangan pada gusinya, membentuk abses gigi, dan mengalami masalah gigi lainnya yang menyebabkan sakit mulut. 

Sama seperti manusia, kucing Anda mungkin tidak mau makan jika mulutnya sakit.

  • Rasa Makanan 

Penolakan makanan secara tiba-tiba dapat terjadi jika produsen makanan mengubah rasa dan bahan tanpa tanda yang jelas pada kemasannya. 

  • Bentuk dan Tekstur Makanan

Kucing Anda juga sensitif terhadap bentuk dan tekstur tertentu terkait makanan. 

Beberapa kucing menyukai bentuk segitiga, yang lain menyukai bentuk bulat, dan lainnya hanya akan makan makanan kering yang renyah atau makanan basah kalengan.

Baca Juga: Penyebab Kenapa Anak Kucing Tidak Mau Menyusu, Lakukan Tips Ini untuk Mengatasi

Cara mengatasi kucing tidak mau makan

Tergantung pada alasan kucing Anda berhenti makan, Anda mungkin bisa membujuk kucing Anda untuk mulai makan lagi.

Tapi, tidak normal bagi kucing untuk berhenti makan jika makanannya tidak berubah, jadi disarankan untuk pergi ke dokter hewan untuk mengesampingkan alasan medis.

Jika penyakit saluran pernapasan atas menyebabkan kucing Anda tersumbat dan tidak dapat mencium bau makanannya, dokter hewan Anda dapat merekomendasikan perawatan di rumah untuk membantu membersihkan saluran hidung kucing Anda.

Sesuaikan makanan basah kucing Anda untuk menariknya makan lagi. Coba panaskan makanan kucing basah dingin atau tuna selama beberapa detik di dalam microwave. Atau, tawarkan makanan kucing kaleng, tuna kaleng, atau ayam kaleng untuk membangkitkan selera hewan peliharaan Anda.

Bereksperimenlah dengan memilih rasa, tekstur, atau bentuk makanan yang berbeda untuk diberikan kepada kucing Anda.

Buat makanan kucing dari awal. Kucing Anda mungkin lebih menyukai bahan yang lebih segar dalam resep yang disiapkan di rumah.

Pastikan untuk berkonsultasi dengan dokter hewan Anda sebelum menawarkan makanan rumahan untuk memastikan bahwa makanan tersebut disiapkan dengan benar dan tidak kekurangan nutrisi penting.

Itulah informasi terkait kenapa kucing tidak mau makan dan lemas. Anda perlu mengetahui penyebab dan cara mengatasi hal tersebut. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News