Bugar

Kenapa Habis Olahraga Jadi Ngantuk, Ternyata Ini Alasannya

Kenapa Habis Olahraga Jadi Ngantuk, Ternyata Ini Alasannya

MOMSMONEY.ID - Olahraga adalah bagian penting dari gaya hidup sehat. Namun, seringkali setelah melakukan sesi latihan yang intens, Anda mungkin merasa sangat ngantuk. Fenomena ini sering membuat orang bertanya-tanya, kenapa habis olahraga jadi ngantuk?

Ternyata, ada beberapa alasan di balik rasa ngantuk setelah berolahraga. Mari kita bahas bersama berikut ini, bersumber dari Healthline.

Ngantuk setelah olahraga itu normal

Secara umum, merasa ngantuk setelah berolahraga tidak perlu dikhawatirkan. Hal ini dianggap sebagai respons tubuh yang normal terhadap aktivitas fisik yang menguras energi.

Ini terutama terjadi setelah latihan yang sangat intens. Misalnya, Anda dapat mengantisipasi penurunan tingkat energi setelah melakukan latihan interval yang panjang atau latihan dengan intensitas tinggi.

Di sisi lain, latihan ringan seperti berjalan santai mungkin tidak menyebabkan Anda merasa begitu lelah. Namun, setiap individu memiliki respons yang berbeda terhadap olahraga.

Baca Juga: Rahasia Perut Rata dan Ramping, Coba Cara Mengecilkan Perut Buncit Berikut

Tingkat energi Anda setelah berolahraga dipengaruhi oleh berbagai faktor, termasuk tingkat kebugaran, pola makan, tingkat hidrasi, jenis latihan, durasi, intensitas, dan frekuensi latihan, serta kondisi medis yang mendasari dan jumlah tidur yang Anda dapatkan sebelumnya.

Dalam beberapa kasus, merasa ngantuk setelah berolahraga mungkin menjadi indikasi bahwa Anda telah memaksakan diri terlalu keras dan tubuh Anda membutuhkan istirahat tambahan.

Bagaimana olahraga memengaruhi rasa ngantuk?

Saat Anda berolahraga, otot-otot Anda berkontraksi berulang kali. Untuk melakukan ini, mereka menggunakan adenosin trifosfat (ATP) sebagai sumber energi. ATP adalah molekul yang memberikan energi kepada sel-sel Anda.

Saat Anda terus berolahraga, tingkat ATP Anda menurun. Hal ini mengakibatkan penurunan kemampuan otot Anda untuk berfungsi secara optimal, yang kemudian menyebabkan kelelahan otot. Ini dikenal sebagai kelelahan perifer.

Baca Juga: Cara Cepat Kurus dan Langsing, Coba Olahraga Penurun Berat Badan Ini!

Selain itu, sistem saraf pusat Anda (SSP) juga berperan. Selama latihan, SSP Anda mengirimkan sinyal berulang kali untuk mengaktifkan otot-otot Anda.

Namun, seiring berjalannya waktu, jumlah sinyal yang dipancarkan oleh SSP akan berkurang, yang mengurangi kapasitasnya untuk mengaktifkan otot-otot Anda.

Olahraga juga menyebabkan peningkatan berbagai neurotransmiter, termasuk dopamin dan serotonin. Perubahan ini mengurangi kemampuan SSP Anda untuk secara efektif mengaktifkan otot-otot Anda, menyebabkan kelelahan secara keseluruhan.

Akibatnya, Anda mungkin merasa lelah dan ingin tidur setelah berolahraga.

Nah, itulah penjelasan mengenai pertanyaan kenapa habis olahraga jadi ngantuk. Semoga bermanfaat, ya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News