Keluarga

Kenapa Cuaca Kembali Panas & Sampai Kapan? Ini Kata BMKG!

Kenapa Cuaca Kembali Panas & Sampai Kapan? Ini Kata BMKG!

MOMSMONEY.ID - Yuk cari tahu kenapa cuaca kembali panas sekali, ini kata BMKG!

Tentu Anda penasara, apa penyebab cuaca panas hari ini? Padahal di awal Desember 2023 beberapa wilayah telah mengalami hujan. Cuaca juga tidak panas lagi. 

Baca Juga: Warna Keberuntungan di Tahun 2024 Sesuai Shio, Ini Warna Keberuntungan Shio Macan!

Namun kenapa pertengahan Desember 2023 panas lagi? BMKG menjelaskan cuaca kembali panas terjadi di wilayah Indonesia yang berada di selatan ekuator. Ini artinya pulau Jawa, Bali dan Nusa Tenggara yang terimbas merasakan cuaca panas lagi. 

Penyebab kenapa cuaca panas lagi adalah adanya aktivitas pola tekanan rendah di Laut Cina Selatan, sehingga menyebabkan berkurangnya aliran massa udara basah ke arah selatan ekuator. Kurangnya massa udara basah ini menyebabkan kandungan uap air sedikit di selatan ekuator. Sehingga pertumbuhan awan hujan pun minim dan sinar matahari jadi intens langsung ke permukaan bumi. 

Baca Juga: Lagi-Lagi Menunjukkan Keperkasaannya, IHSG Masuk Zona Hijau

Sementara itu di wilayah utara ekuator seperti Sumatera Utara, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Sulawesi Tengah dan Sulawesi Tenggara mengalami hujan lebat. Hujan lebat masih akan berpotensi terjadi di Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Maluku dan Papua.

Lalu cuaca panas sampai kapan terjadi di Jawa, Bali dan Nusa Tenggara? Nah pola tekanan rendah di Laut Cina Selatan masih berlangsung 3-4 hari ke depan. Namun diprediksi cenderung melemah, sehingga hujan berpotensi terjadi di Jawa, Bali dan Nusa Tenggara mulai tanggal 23 Desember 2023. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News