Bugar

Kenali 5 Penyebab Tangan Kaku yang Terjadi pada Orang Dewasa, Waspada!

Kenali 5 Penyebab Tangan Kaku yang Terjadi pada Orang Dewasa, Waspada!

MOMSMONEY.ID. Kenali penyebab tangan kaku yang muncul pada orang dewasa. Rasa nyeri dan sakit pada persendian tangan bisa terjadi pada sebagian orang.

Tangan kaku merupakan istilah yang digunakan untuk menggambarkan kondisi di mana gerakan dan fleksibilitas tangan terbatas atau terasa kaku.

Kondisi ini dapat disebabkan oleh berbagai faktor, termasuk masalah medis, cedera, atau kondisi tertentu yang memengaruhi sendi, otot, atau saraf tangan. 

Bahkan, ini bisa dikaitkan dengan adanya radang sendi atau Arthritis pada bagian tangan dan jarinya.

Baca Juga: Polusi Udara Sebabkan Sakit, Ini 5 Cara Efektif Meredakan Batuk Pilek Tanpa Obat

Tangan kaku

Melansir dari ASSH.org ada beberapa penyebab yang membuat tangan sukar untuk digerakan.

Simak penyebab tangan kaku yang bisa menjadi indikasi awal dari penyakit penyerta pada persendian.

Penyebab tangan kaku

1. Radang Sendi

Ada berbagai jenis radang sendi yang dapat menyerang tangan, termasuk:

  • Arthritis ibu jari: Ini dikenal sebagai radang sendi sendi basal, radang sendi ibu jari dapat disebabkan dari waktu ke waktu atau oleh peristiwa traumatis. Hal tersebut dapat menyebabkan nyeri atau kaku pada pangkal ibu jari saat melakukan aktivitas sehari-hari.
  • Artritis sendi MCP: MCP adalah singkatan dari sendi metacarpophalangeal, yang biasanya dikenal sebagai buku jari. Sendi ini memungkinkan kita untuk menekuk, meluruskan, dan merentangkan jari-jari kita. Ini dapat menyebabkan tangan Anda terasa lemah.
  • Osteoartritis: Jenis artritis ini memengaruhi tulang rawan halus di persendian Anda. Seperti kebanyakan jenis radang sendi, ini dapat menyebabkan tangan Anda menjadi kaku, nyeri, dan bengkak.
  • Psoriatic arthritis: Kadang-kadang terlihat bersamaan dengan psoriasis (kondisi kulit), psoriatic arthritis adalah ketika lapisan sendi menjadi meradang dan bengkak. Sendi Anda mungkin terasa kaku dengan artritis jenis ini, seringkali di sendi tengah jari. 
  • Rheumatoid arthritis: Rheumatoid arthritis disebabkan oleh radang sendi dan sebenarnya dapat mempengaruhi seluruh tubuh, bukan hanya tangan. Namun, biasanya melibatkan sendi pergelangan tangan dan jari, menyebabkan sendi menjadi bengkak dan nyeri. 

Baca Juga: Waspada! Ini 5 Penyakit yang Mudah Menyebar Jika Malas Cuci Tangan

2. Patah tulang

Patah tangan merupakan istilah medis untuk tangan yang patah. Jika tangan Anda patah, sementara mungkin masih bisa menggerakkannya, kemungkinan besar akan terasa kaku dan nyeri.

Bahkan setelah perawatan, tangan kaku bisa saja akan tetap ada selama pemulihan, bahkan mungkin tidak pernah hilang. Penting untuk berbicara dengan dokter untuk memastikan pemulihan sebaik mungkin.

3. Dislokasi

Setiap dislokasi ekstremitas atas dapat menyebabkan tangan terasa kaku selama dan setelah cedera, mirip dengan patah tulang. Dokter mungkin memberi Anda instruksi untuk berolahraga atau menggerakkan sendi selama pemulihan untuk membantu mengatasi kekakuan. 

4. Keseleo tingkat parah

Jempol yang terkilir adalah contoh cedera yang dapat menyebabkan kekakuan. Keseleo berarti anggota tubuh telah melukai ligamen, dan itu dapat mencegah Anda menggunakan tangan untuk melakukan tugas sehari-hari saat Anda sedang memulihkan diri. 

5. Cedera tendon dan otot

Cedera tendon ekstensor dapat terjadi karena cedera atau bahkan luka di tangan. Cedera tendon fleksor dapat terjadi akibat luka yang dalam.

Tendon merupakan otot yang memungkinkan tubuh untuk menggerakkan tangan, itulah sebabnya tendon yang terluka dapat menyebabkan kekakuan dan gejala yang lebih serius.

Penting untuk mengidentifikasi penyebab kaku pada tangan dengan tepat agar langkah pengobatan yang sesuai dapat diambil. Saat Anda atau seseorang yang dikenal mengalami tangan kaku atau gejala lain yang terkait, disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter.

Penanganan tangan kaku

Perawatan untuk tangan kaku dapat mencakup beberapa langkah. Jika kekakuan dikenali sejak dini, pengobatannya mungkin lebih berhasil. Setelah cedera atau pembedahan, pencegahan seringkali merupakan pengobatan terbaik.

Sangat membantu untuk mengendalikan rasa sakit. Asetaminofen dan obat antiinflamasi nonsteroid sering digunakan sebagai obat utama. Konsultasikan dengan dokter Anda untuk memastikan obat-obatan ini sesuai dengan kondisi medis Anda yang lain.

Saat dalam kondisi darurat, tangan yang kaku hingga menyebabkan bengkak bisa dikompres dengan es selama 20 menit, dilansir dari ASSH.org.

Diagnosis yang tepat akan membantu menentukan rencana perawatan yang sesuai dan membantu mengurangi ketidaknyamanan serta memulihkan mobilitas tangan.

Demikian informasi terkait penyebab tangan kaku yang timbul saat bangun tidur maupun kondisi lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News