Santai

4 Dampak Terlalu Banyak Main Hp Bagi Orang Dewasa, Bisa Ganggu Mental Juga

4 Dampak Terlalu Banyak Main Hp Bagi Orang Dewasa, Bisa Ganggu Mental Juga

MOMSMONEY.ID - Bukan hanya berpengaruh pada anak-anak, terlalu banyak bermain ponsel juga beri dampak buruk bagi orang dewasa.

Segala sesuatu yang berlebihan tentu bukanlah hal baik, begitu juga dengan bermain ponsel. Ada beberapa dampak buruk dari terlalu banyak bermain ponsel yang bisa berdampak pada orang dewasa.

Secara umum, laman Time menyebutkan bahwa ada beberapa dampak buruk terlalu banyak screen time bagi orang dewasa. Seperti gangguan penglihatan, gangguan tidur, hingga gangguan kesehatan mental.

Simak beberapa dampak buruk terlalu banyak main ponsel bagi orang dewasa yang penting untuk diketahui ini.

Baca Juga: Bukan Cuma Bikin Ketagihan, Ini 5 Dampak Terlalu Banyak Screen Time Pada Anak

Sakit punggung

Sudah bukan rahasia bahwa terlalu banyak bermain ponsel bisa menyebabkan masalah punggung. Hal tersebut disebabkan karena postur tubuh cenderung buruk ketika seseorang asik bermain ponsel atau laptop.

Duduk di depan laptop, komputer, atau tv dalam jangka waktu lama tanpa disadari bisa membuat postur tubuh memburuk yang kemudian berujung membuat punggung rentan menjadi sakit.

Anxiety dan depresi

Terlalu banyak screen time atau bermain alat elektronik ternyata juga memiliki pengaruh buruk pada kesehatan mental, loh.

Laman Valleywise Health menjelaskan bahwa tingginya screen time atau bermain gadget terlalu lama memiliki hubungan erat dengan munculnya depresi. Selain itu, tingkat kecemasan tinggi atau anxiety juga bisa berdampak buruk dengan tingginya ekspos dari konten di sosial media yang dikonsumsi.

Baca Juga: 6 Dampak Terlalu Banyak Konsumsi Gula Bagi Kulit, Bukan Cuma Bikin Jerawatan Loh

Obesitas

Masalah berat badan juga identik dengan terlalu banyaknya konsumsi gadget pada orang dewasa. Hal tersebut disebabkan karena orang dewasa mudah tergiur untuk mengonsumsi makanan menggiurkan dari iklan tv.

Kebiasaan mengonsumsi makanan ketika bermain ponsel dan menonton tv pun berpengaruh. Tanpa disadari, kebiasaan tersebut adalah kebiasaan buruk yang memicu obesitas.

Gangguan tidur

Tentu saja terlalu banyak bermain ponsel atau menonton acara tv bisa mengancam jam tidur anak-anak. Waktu yang seharusnya digunakan untuk istirahat pun bisa berkurang karena masih asik bermain ponsel.

Laman Mayo Clinic pun menjelaskan bahwa bukan hanya jadwal tidur anak-anak yang terganggu, kualitas tidur, insomnia, dan bahkan rasa kelelahan bisa mengintai anak-anak yang bermain ponsel lebih dari dua jam sehari.  

Itulah tadi beberapa dampak buruk terlalu banyak bermain ponsel dan gadget yang berpengaruh pada orang dewasa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News