Bugar

Kenali 5 Manfaat Bunga Teratai untuk Kulit dan Rambut, Menarik Dicoba!

Kenali 5 Manfaat Bunga Teratai untuk Kulit dan Rambut, Menarik Dicoba!

MOMSMONEY.ID - Tidak banyak yang tahu, inilah manfaat bunga teratai untuk kulit dan rambut. Bunga teratai telah digunakan sejak dulu untuk ramuan obat.

Kandungan di dalam bunga teratai terdiri dari flavonoid, antioksidan, alkaloid, mineral, protein, dan asam lemak. Sehingga, kandungan bunga teratai digunakan untuk peremajaan kulit, sebagai antibakteri potensial, dan sebagai antioksidan

Ekstrak bunga teratai inilah yang digunakan untuk produk-produk kecantikan. Lebih jelasnya, berikut lima manfaat bunga teratai untuk kulit dan rambut dilansir dari jovee.id, yaitu:

1. Melindungi Kulit dari Kerusakan Akibat Sinar Matahari

Manfaat bunga teratai untuk kulit adalah melindungi dari kerusakan akibat sinar matahari. Dermatologis menghimbau untuk selalu memakai tabir surya untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari karena sinar tersebut mengandung radiasi UV yang berdampak buruk bagi kulit dan menyebabkan berbagai kelainan kulit dan kerusakan kulit.

Bunga teratai memiliki efek perlindungan ultraviolet B (UVB). Sebuah penelitian menunjukkan bahwa ekstrak tanaman teratai memiliki efek perlindungan yang kuat terhadap fototoksisitas akibat UVB

Baca Juga: Yuk Eksplor Dunia One Piece Lewat The Great Era of Piracy

2. Mencegah Kerutan pada Kulit Wajah

Manfaat bunga teratai selanjutnya adalah mencegah kerutan pada kulit wajah. Ekstrak air dari bunga teratai memiliki efek anti kerut pada kulit wajah.

Sebuah penelitian menunjukkan fungsi teratai untuk kecantikan wajah adalah untuk membantu mencerahkan kulit dan membantu mencegah kerutan.

Selain itu, penelitian tersebut menyimpulkan bahwa ekstrak teratai tidak menyebabkan iritasi kulit yang berarti, sehingga aman digunakan dalam formulasi kosmetik.

3. Melawan Peradangan Kulit

Kemudian, bunga teratai dapat melawan peradangan kulit. Peradangan jaringan dapat menyebabkan masalah kulit, salah satunya adalah dermatitis atopik.

Ekstrak bunga teratai menunjukkan aktivitas anti-inflamasi dalam berbagai penelitian in vivo. Faktanya, ekstrak bunga teratai tersebut menghasilkan efek yang mirip dengan obat anti peradangan yang manjur, seperti fenilbutazon dan deksametason.

Baca Juga: Simak 7 Cara Mengatasi Kulit Terbakar Matahari yang Benar

4. Mencegah Rambut Beruban

Manfaat bunga teratai untuk rambut adalah mencegah rambut beruban. Studi menunjukkan minyak esensial dari ekstrak bunga teratai memiliki efek pada melanogenesis karena merangsang sintesis melanin. Melanin adalah protein dalam tubuh manusia yang bertanggung jawab untuk produksi pigmen.

Bunga teratai kaya akan ester, seperti metil ester asam palmitat, yang menginduksi melanogenesis yang berperan dalam pengaturan kandungan melanin.

Oleh karena itu, bunga teratai terbukti bermanfaat dalam pencegahan uban.

5. Membantu Mengatasi Ketombe

Manfaat bunga teratai lainnya adalah membantu mengatasi ketombe. Ketombe adalah kondisi peradangan berulang yang menyerang bagian tubuh yang banyak mengandung kelenjar sebaceous, seperti kulit kepala.

Penyakit ini digambarkan dengan adanya sisik bersisik berwarna putih atau kekuningan di kulit kepala. Selain menyebabkan ketidaknyamanan terus-menerus, kondisi ini juga dapat membuat penderitanya menjadi canggung secara sosial dan berdampak negatif pada harga diri orang tersebut.

Spesies Malassezia memainkan peranan penting dalam patogenesis kelainan ini. Penelitian telah menunjukkan bahwa minyak teratai memiliki tindakan penghambatan terhadap dermatofita, seperti Malassezia.

Hal ini menunjukkan bahwa minyak teratai dapat bermanfaat untuk membantu mengatasi dan mencegah ketombe.

Nah, itulah beberapa manfaat bunga teratai untuk kulit dan rambut yang harus Anda tahu. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News