Santai

Kampanyekan Program Pilah Sampah Lebih Mudah di Surabaya

Kampanyekan Program Pilah Sampah Lebih Mudah di Surabaya

MOMSMONEY.ID - MR.DIY melanjutkan inisiatif #Pilah SampahLEbih Mudah dengan fokus 3R yaitu Reuse, Reduce, Recycle. Kali ini, MR DIY memberikan edukasi di Jawa Timur. 

Dilansir dari situs resmi Sistem Informasi Pengelolaan Sampah Nasional (SIPSN) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) tahun 2022 mencatat jumlah timbunan sampah nasional mencapai 21,1 juta ton.

Dari total produksi sampah nasional tersebut, 65.71% (13.9 juta ton) dapat terkelola, sedangkan sisanya 34,29% (7,2 juta ton) belum terkelola dengan baik. KLHK memiliki target untuk mencapai Indonesia Bersih Sampah 2025 dengan target pengelolaan sampah harus mencapai 70%.

Untuk mencapai target tersebut, pemerintah menganjurkan penerapan prinsip 3R (Reuse, Reduce, Recycle) dalam mengelola sampah untuk mengurangi jumlah sampah yang dihasilkan dan memanfaatkan kembali sampah yang dapat didaur ulang.

MR DIY berkolaborasi dengan Rekosistem menyediakan penempatan dropbox recycle station di 10 toko MR.DIY yang tersebar strategis di wilayah Jabodetabek, Bandung, hingga Surabaya.

Baca Juga: MR DIY Dorong Indonesia Bersih 2025 Lewat Program Pilah Sampah Lebih Mudah

Ria Sutrisno, Head of Marketing MR.DIY Indonesia menyatakan bahwa inisiatif #PilahSampahLebihMudah merupakan wujud komitmen MR.DIY untuk mendukung program Indonesia Bebas Sampah dengan memperkenalkan praktik manajemen sampah yang tepat dan berkelanjutan kepada masyarakat sertamengubah perspektif dalam pengelolaan sampah.

"Dengan fokus Reduce, Reuse, dan Recycle, MR.DIY mengimplementasikan inisiatif ini ke dalam berbagai program kegiatan, mulai dari peningkatan literasi pengelolaan sampah sejak dini, penyediaan dropstation box di toko-toko kami, serta nantinya akan berkolaborasi dengan organisasi dan pemerintah lokal di kota-kota lainnya,” ungkap Ria. 

Salah satu dari  rangkaian program #PilahSampahLebihMudah  adalah dengan kegiatan kunjungan sekolah di kota Surabaya yang diisi dengan permainan memilah sampah dilanjutkan pemanfaatan barang bekas membuat Self-Watering Planters.

Ria berharap program ini dapat membuat konsumen dan masyarakat lebih mudah untuk membuang dan memilah sampah dengan benar, sehingga mengurangi dampak negatifnya terhadap lingkungan serta program ini dapat menciptakan lebih banyak agen perubahan dan mendorong terciptanya Indonesia Bersih 2025.

Selanjutnya: Buah-buahan Ini Bantu Turunkan Kolesterol Jahat dalam Tubuh

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News