Bugar

Jarang Orang Tahu, Ini Tips Diet Tanpa Olahraga Rahasia Capai BB Ideal

Jarang Orang Tahu, Ini Tips Diet Tanpa Olahraga Rahasia Capai BB Ideal

MOMSMONEY.ID - Capai berat badan alias BB ideal dengan menerapkan tips diet tanpa olahraga berikut ini, yuk.

Berbicara tentang menurunkan berat badan seringkali mengasumsikan adanya keterlibatan aktif dalam olahraga yang intens. Namun, bagi sebagian orang, keterbatasan waktu dan beberapa alasan lainnya mungkin membuat olahraga menjadi pilihan yang sulit.

Tidak perlu khawatir! Ada cara untuk mencapai berat badan ideal tanpa harus melakukan olahraga. Bersumber dari Healthline, berikut adalah beberapa tips diet tanpa olahraga yang dapat membantu Anda mencapai tujuan berat badan yang diinginkan:

1. Mengunyah makanan perlahan

Proses pemrosesan informasi oleh otak Anda untuk mengenali rasa kenyang memerlukan waktu yang tidak sebentar.

Mengunyah makanan dengan perlahan akan memperlambat kecepatan makan Anda, yang terkait dengan penurunan asupan makanan secara keseluruhan, peningkatan rasa kenyang, dan mengurangi ukuran porsi makan.

Baca Juga: Alasan Mengapa Lebih Baik Makan Buah Utuh Daripada Jus Buah

2. Gunakan piring yang lebih kecil

Menggunakan piring yang lebih kecil dapat menipu pikiran Anda untuk percaya bahwa Anda telah mengonsumsi lebih banyak makanan dari yang sebenarnya. Hal ini dapat membuat Anda makan dalam jumlah yang lebih sedikit.

3. Konsumsi protein

Protein memiliki dampak yang kuat pada nafsu makan, memperkuat perasaan kenyang, mengurangi keinginan makan, dan membantu mengurangi asupan kalori Anda.

Hal ini mungkin disebabkan oleh pengaruh protein terhadap hormon-hormon tertentu yang mengatur sensasi lapar dan kenyang, seperti ghrelin dan glukagon-like peptide-1 (GLP-1).

Baca Juga: Rekomendasi Minuman Penurun Berat Badan, Cocok untuk Diet Anda

4. Memasak sendiri makanan di rumah

Memasak sendiri makanan di rumah merupakan cara yang efektif untuk mengintegrasikan makanan yang lebih sehat ke dalam pola makan Anda. Hal ini mungkin juga berkontribusi pada upaya penurunan berat badan.

Bahkan, hasil penelitian menunjukkan bahwa individu yang lebih sering memasak di rumah cenderung mengalami peningkatan berat badan yang lebih sedikit daripada mereka yang sering makan di luar atau mengonsumsi makanan siap saji.

5. Konsumsi makanan tinggi serat

Mengonsumsi makanan yang kaya serat dapat meningkatkan rasa kenyang Anda dan membantu menjaga perasaan kenyang lebih lama.

Penelitian juga menunjukkan, satu jenis serat tertentu, yaitu serat kental, memiliki dampak signifikan dalam proses penurunan berat badan. Serat kental membantu meningkatkan rasa kenyang dan mengurangi asupan makanan.

Baca Juga: Cepat Capai Berat Badan Ideal, Konsumsi Makanan Rendah Kalori untuk Diet!

6. Minum air putih sebelum makan

Konsumsi air putih dapat membantu mengurangi asupan makanan Anda dan mendukung upaya penurunan berat badan, terutama jika diminum sebelum makan.

Sebuah penelitian menemukan, minum air sebelum makan dapat mengurangi jumlah makanan yang dikonsumsi tanpa signifikan mempengaruhi rasa kenyang.

7. Cukupi kebutuhan tidur dan hindari stres

Kurang tidur dapat mengganggu hormon-hormon pengatur nafsu makan seperti leptin dan ghrelin. Di sisi lain, hormon stres, seperti kortisol, cenderung meningkat ketika seseorang mengalami stres.

Perubahan dalam hormon-hormon ini dapat meningkatkan perasaan lapar dan keinginan makan, yang pada gilirannya dapat menyebabkan asupan kalori yang lebih tinggi.

Baca Juga: 3 Olahan Tempe untuk Diet Ini, Turunkan Berat Badan dengan Mudah

8. Kurangi minuman manis

Mudah sekali mengonsumsi kalori berlebih dari minuman manis karena kalori cair tidak memberikan perasaan kenyang seperti makanan padat.

Mengurangi konsumsi minuman manis dapat berhubungan dengan penurunan berat badan. Menurut analisis terhadap beberapa penelitian, mengganti minuman manis dengan varian rendah kalori atau tanpa kalori dapat berkaitan dengan penurunan berat badan, BMI, dan persentase lemak tubuh.

Nah, itulah beberapa tips diet tanpa olahraga yang dapat Anda coba. Dengan menggabungkan tips-tips ini ke dalam gaya hidup sehari-hari, Anda dapat mencapai tujuan berat badan ideal tanpa perlu melakukan olahraga.

Namun, penting untuk diingat bahwa setiap tubuh berbeda, dan konsultasikan dengan profesional kesehatan sebelum melakukan perubahan besar dalam pola makan atau gaya hidup Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News