Bugar

Cepat Capai Berat Badan Ideal, Konsumsi Makanan Rendah Kalori untuk Diet!

Cepat Capai Berat Badan Ideal, Konsumsi Makanan Rendah Kalori untuk Diet!

MOMSMONEY.ID - Menjaga berat badan ideal adalah tujuan bagi banyak orang, tetapi kadang-kadang tampaknya sulit dicapai. Namun, dengan pendekatan yang tepat, Anda dapat mencapai berat badan yang sehat dan ideal dengan memperhatikan konsumsi makanan rendah kalori untuk diet.

Pada kesempatan kali ini akan kita bahas seputar makanan rendah kalori yang bagus untuk diet Anda. Bersumber dari Healthline, berikut adalah daftar makanan rendah kalori untuk diet:

1. Apel

Satu cangkir irisan apel dengan berat sekitar 109 gram memberikan sekitar 62 kalori dan hampir 3 gram serat makanan. Apel tidak hanya rendah kalori, tetapi juga merupakan sumber nutrisi yang baik, seperti serat, vitamin C, dan kalium, serta mengandung senyawa antioksidan seperti quercetin yang termasuk dalam kelompok flavonoid.

Baca Juga: Apakah Pisang Bagus untuk Diet? Ini Jawaban dari Para Peneliti

2. Asparagus

Semua jenis asparagus memiliki nilai gizi yang baik, mengandung berbagai macam vitamin dan mineral, serta senyawa tanaman yang memiliki efek antioksidan dan anti-inflamasi.

Penelitian menunjukkan bahwa asparagus mengandung senyawa fenolik seperti flavonoid, dan senyawa yang mengandung sulfur seperti asam asparagusic. 180 gram asparagus yang dimasak hanya mengandung sekitar 38 kalori dan kaya akan vitamin K dan folat, masing-masing menyediakan 67% dan 21% dari nilai harian.

3. Bit

Bit mengandung nutrisi penting seperti folat dan mangan, serta mengandung fitonutrien seperti betalains dan senyawa fenolik, yang memiliki kemungkinan manfaat untuk kesehatan jantung.

Satu porsi bit matang (170 gram) mengandung sekitar 74 kalori dan menyediakan sekitar 17% dari nilai harian untuk folat dan 12% untuk mangan.

Baca Juga: Kaya Nutrisi, Ketahui 9 Manfaat Konsumsi Pepaya untuk Kesehatan

4. Brokoli

Brokoli merupakan jenis sayuran silangan yang memiliki kandungan nutrisi yang sangat baik. Penelitian menunjukkan bahwa seseorang yang mengonsumsi sayuran silangan seperti brokoli dalam jumlah besar mungkin memiliki risiko lebih rendah terkena penyakit jantung dan beberapa jenis kanker.

Brokoli matang dengan berat sekitar 155 gram hanya mengandung sekitar 54 kalori dan menyediakan lebih dari 100% kebutuhan harian rata-rata orang akan vitamin C.

5. Bengkuang

Bengkuang kaya akan sejumlah nutrisi, termasuk serat, vitamin C, dan kalium. Satu porsi bengkuang mentah dengan berat sekitar 130 gram, memberikan lebih dari 29% dari kebutuhan harian untuk vitamin C dan hanya mengandung sekitar 49 kalori.

Baca Juga: 3 Olahan Tempe untuk Diet Ini, Turunkan Berat Badan dengan Mudah

6. Jamur 

Beberapa vegetarian dan vegan kadang-kadang menggunakan jamur sebagai alternatif daging. Jamur mengandung sejumlah nutrisi penting seperti vitamin B dan selenium. Jamur sekitar 156 gram memberikan sekitar 44 kalori dalam keadaan dimasak.

Nah, itulah beberapa makanan rendah kalori untuk diet yang bisa Anda konsumsi. Dengan memperhatikan konsumsi makanan rendah kalori dan mengikuti strategi yang tepat, Anda dapat mencapai berat badan yang ideal dengan cepat. Semoga bermanfaat!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News