Bugar

Jangan Panik! Ini Pertolongan Pertama Saat Seseorang Terkena Stroke

Jangan Panik! Ini Pertolongan Pertama Saat Seseorang Terkena Stroke

MOMSMONEY.ID - Mengetahui pertolongan pertama saat seseorang terkena stroke adalah hal penting. Berikut ini beberapa di antaranya.

Stroke adalah kondisi serius yang dapat mengancam nyawa seseorang. Karena itu, penting untuk mengetahui tindakan pertolongan pertama yang tepat jika Anda atau seseorang di sekitar Anda mengalami gejala stroke.

Meskipun keadaan ini bisa menakutkan, tidak boleh panik. Kepahaman tentang tindakan pertama yang benar dapat membantu menyelamatkan nyawa dan mencegah kerusakan permanen.

Mengutip dari Healthline, berikut ini adalah pertolongan pertama saat seseorang terkena stroke yang bisa Anda lakukan:

Baca Juga: Kurangi Risiko Stroke, Ini 5 Manfaat Makan Ikan Secara Rutin bagi Kesehatan

1. Hubungi layanan darurat segera

Jika Anda mendapati seseorang di sekitar Anda terkena stroke, segera hubungi layanan darurat. Sebaliknya, jika Anda mengalami gejala stroke, mintalah seseorang lain untuk menelepon nomor darurat. Tetaplah tenang sebisa mungkin sambil menunggu bantuan darurat tiba.

2. Mengenali gejala

Kenali gejala stroke seperti kesulitan berbicara, kelumpuhan atau kelemahan pada satu sisi tubuh, kesulitan berjalan, kehilangan keseimbangan, atau gangguan penglihatan. Catat waktu ketika gejala pertama kali muncul, karena informasi ini akan membantu tim medis dalam penilaian dan perencanaan perawatan.

Baca Juga: Gejala Stroke pada Pria dan Wanita, Jadi Sulit Berbicara

3. Pastikan posisi orang tersebut aman dan nyaman

Jika Anda merawat seseorang yang mengalami stroke, pastikan mereka berada dalam posisi yang aman dan nyaman. Bicaralah dengan tenang dan meyakinkan kepada orang yang mengalami stroke. Selimuti mereka untuk menjaga suhu tubuh tetap hangat. Sebaiknya, posisikan mereka berbaring dengan kepala yang sedikit diangkat agar memudahkan jika mereka muntah.

4. Pantau terus keadaannya

Periksa apakah mereka masih bernapas atau tidak. Jika mereka tidak bernapas, segera lakukan tindakan CPR. Jika mereka mengalami kesulitan bernapas, longgarkan pakaian yang menghambat pernapasan, seperti dasi atau syal misalnya.

Pantau dengan cermat setiap perubahan kondisi orang yang mengalami stroke. Siapkan untuk memberikan informasi kepada operator nomor darurat mengenai gejala yang dialami dan kapan gejala tersebut dimulai.

Baca Juga: Jangan Dianggap Remeh, Inilah Risiko Komplikasi Gula Darah Tinggi!

5. Jangan berikan makanan atau minuman

Jangan memberikan makanan atau minuman kepada penderita stroke, karena risiko tersedak sangat tinggi saat ini. Penderita stroke mungkin tidak dapat menelan dengan baik.

Ingatlah bahwa pengenalan dini dan tindakan cepat sangat penting dalam kasus stroke. Semakin cepat seseorang mendapatkan perawatan medis, semakin baik peluang pemulihan mereka. Jangan ragu untuk memanggil nomor darurat jika Anda mencurigai seseorang mengalami stroke, karena hal itu dapat menyelamatkan nyawa dan mengurangi risiko yang lebih parah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News