Santai

Kurangi Risiko Stroke, Ini 5 Manfaat Makan Ikan Secara Rutin bagi Kesehatan

Kurangi Risiko Stroke, Ini 5 Manfaat Makan Ikan Secara Rutin bagi Kesehatan

MOMSMONEY.ID - Jarang dikonsumsi, kenali beberapa manfaat makan ikan bagi kesehatan, yuk.

Ikan adalah sumber nutrisi yang tak banyak dikonsumsi bagi kebanyakan orang Indonesia. Padahal, banyak manfaat yang bisa diperoleh saat rutin makan ikan.

Beragam jenis ikan bisa dipilih untuk dikonsumsi dengan kandungan nutrisi yang sehat bagi tubuh dan juga otak, lo.

Nah, agar makin tahu, ini dia beberapa manfaat makan ikan bagi kesehatan:

Baca Juga: Punya Resolusi Sehat 2024? Mulai Siapkan 6 Peralatan Olahraga Ini Ya

Menurunkan risiko serangan jantung dan stroke

Serangan jantung dan stroke adalah dua penyakit yang menyebabkan kematian tertinggi di dunia. Ikan adalah salah satu makanan yang bisa membantu untuk mengurangi risiko terserang penyakit tersebut.

Laman Health Line mencatat, makan ikan minimal satu kali dalam seminggu bisa memengaruhi penurunan risiko penyakit jantung dan stroke. Peneliti percaya bahwa hal tersebut dikaitkan dengan kandungan fatty acid seperti omega 3 pada ikan.

Meningkatkan kesehatan otak

Kesehatan otak tentu akan semakin berkurang seiring dengan bertambahnya umur. Namun jika tak dirawat, maka penyakit gangguan memori pada otak seperti Alzheimer bisa muncul.

Jika ingin memelihara kesehatan otak, maka makan ikan bisa menjadi pilihannya. Dengan mengonsumsi ikan secara rutin setiap minggu, bisa memperoleh peningkatan signifikan pada pusat otak yang mengontrol memori dan emosi.

Baca Juga: Tak Perlu Ke Gym, 6 Aktivitas Olahraga Ini Bisa Anda Lakukan biar Tetap Aktif

Menekan risiko depresi

Manfaat lain yang bisa diperoleh dari rutin mengonsumsi ikan adalah bisa menekan risiko depresi. Melansir dari laman Web MD, penyakit gangguan mental seperti stres dan depresi bisa dikurangi dengan konsumsi omega fatty acid yang terdapat pada ikan.

Kandungan ini diasosiasikan sebagai obat anti depresan yang membantu otak untuk kembali berfungsi dengan efisien.

Menjaga kesehatan mata

Bukan cuma kesehatan otak yang menurun seiring bertambahnya umur, kesehatan mata pun juga. Degenerasi karena usia bisa menjadi penyebab utama gangguan penglihatan dan kebutaan yang sebagian besar menyerang orang lanjut usia.

Dalam sebuah studi menunjukkan bahwa rutin mengonsumsi ikan bisa menurunkan risiko degenerasi penglihatan pada perempuan hingga 42%. Hal tersebut juga karena kandungan fatty acid omega 3 yang terkandung dalam ikan.

Mengurangi risiko autoimun

Makan ikan telah dikaitkan dengan penurunan risiko diabetes tipe 1 dan beberapa lainnya kondisi autoimun. Penyakit autoimun seperti diabetes tipe 1 terjadi ketika sistem kekebalan tubuh secara keliru menyerang dan menghancurkan jaringan tubuh yang sehat.

Beberapa penelitian menghubungkan asupan omega-3 atau minyak ikan dengan penurunan risiko diabetes tipe 1 pada anak-anak, serta bentuk diabetes autoimun pada orang dewasa.

Asam lemak omega-3 dan vitamin D pada ikan dan minyak ikan menjadi penyebabnya.

Itulah tadi beberapa manfaat dan keuntungan rutin makan ikan bagi kesehatan. Mulai rutin konsumsi sejak dini, ya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News