Bugar

Gejala Stroke pada Pria dan Wanita, Jadi Sulit Berbicara

Gejala Stroke pada Pria dan Wanita, Jadi Sulit Berbicara

MOMSMONEY.ID - Penyakit stroke cukup mengundang kekhawatiran. Apa saja gejala stroke pada pria dan wanita? Simak berikut ini.

Stroke merupakan salah satu penyakit yang paling ditakuti karena dapat menimbulkan kerusakan permanen dan bahkan kematian. Stroke terjadi ketika pasokan darah ke bagian tertentu otak terhenti, yang bisa disebabkan oleh pembuluh darah yang tersumbat atau pecah.

Karena otak mengendalikan segala fungsi tubuh, gangguan pada pasokan darahnya dapat memiliki efek yang luas. Penting untuk mengenali gejala stroke karena penanganan yang cepat dapat membuat perbedaan yang signifikan dalam pemulihan.

Gejala stroke pada pria dan wanita umumnya sama. Mengutip dari CDC, berikut ini adalah beberapa gejalanya:

1. Tiba-tiba mati rasa atau kelemahan

Salah satu gejala paling umum dari stroke adalah tiba-tiba merasa mati rasa atau mengalami kelemahan di wajah, lengan, atau kaki, khususnya pada satu sisi tubuh. Orang yang mengalami gejala ini mungkin mendapati salah satu sisi wajah mereka tertarik ke bawah atau tidak bisa mengangkat lengan atau kaki mereka.

Baca Juga: Kurangi Risiko Stroke, Ini 5 Manfaat Makan Ikan Secara Rutin bagi Kesehatan

2. Kebingungan atau kesulitan berbicara

Stroke bisa menyebabkan seseorang tiba-tiba merasa bingung. Mereka mungkin kesulitan berbicara, gagap, atau kesulitan memahami apa yang dikatakan orang lain kepada mereka. Ini adalah gejala kritis yang menandakan adanya masalah pada area otak yang mengendalikan bahasa.

3. Kesulitan melihat

Gejala lain yang sering terjadi adalah tiba-tiba kesulitan melihat di satu atau kedua mata. Ini bisa berupa penglihatan kabur, penglihatan ganda, atau kehilangan penglihatan sepenuhnya pada satu mata.

Baca Juga: Jangan Dianggap Remeh, Inilah Risiko Komplikasi Gula Darah Tinggi!

4. Kesulitan berjalan atau kehilangan keseimbangan

Orang yang mengalami stroke mungkin merasakan tiba-tiba kesulitan berjalan, pusing, kehilangan keseimbangan, atau kurangnya koordinasi. Hal ini menandakan bahwa stroke mempengaruhi bagian otak yang mengatur keseimbangan.

5. Sakit kepala parah tiba-tiba

Munculnya sakit kepala parah secara tiba-tiba tanpa penyebab yang jelas bisa menjadi gejala stroke, terutama jika disertai dengan gejala lainnya. Sakit kepala ini biasanya sangat intens dan berbeda dari sakit kepala biasa.

Baca Juga: Bisa Bikin Gemuk, Ini 4 Efek Buruk Begadang bagi Kesehatan

Itulah kelima gejala stroke pada pria dan wanita yang umumnya sama. Mengenali gejala-gejala stroke dan segera mendapatkan bantuan medis adalah kunci untuk meminimalkan kerusakan otak dan memaksimalkan pemulihan.

Edukasi yang luas mengenai gejala stroke, baik pada pria maupun wanita, dapat meningkatkan kesadaran dan mempercepat waktu respon dalam situasi darurat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News