Bugar

Jangan Disepelekan, Inilah 8 Kebiasaan Penyebab Kulit Cepat Tua

Jangan Disepelekan, Inilah 8 Kebiasaan Penyebab Kulit Cepat Tua

MOMSMONEY.ID - Banyak orang mendambakan kulit sehat dan awet muda. Akan tetapi, tak banyak yang tahu bahwa ada beberapa kebiasaan yang menyebabkan kulit cepat tua, lho. Wah, apa saja kebiasaan itu?

Bersumber dari Everyday Health, MomsMoney telah merangkumkan beberapa kebiasaan yang menyebabkan kulit cepat tua sebagai berikut:

1. Kurang Tidur

Kulit melakukan pembaruan selama tidur malam. Kurang tidur dapat meningkatkan tanda-tanda penuaan dan mengurangi fungsi penghalang kulit.

Jeannette Graf, MD, dari Mount Sinai School of Medicine, menyarankan menjaga jadwal tidur yang teratur dan membatasi kafein di sore hari untuk mendukung pembaruan kulit yang sehat.

Baca Juga: 6 Manfaat Masker Beras untuk Wajah dan Cara Membuatnya, Bisa Bikin Cerah lho

2. Menggunakan Sedotan

Menggunakan sedotan secara berlebihan dapat mengaktivasi otot-otot di sekitar bibir dan meningkatkan risiko terbentuknya garis halus, seperti dijelaskan oleh Dr. Nino.

3. Stres Berlebihan

Stres kronis mempengaruhi seluruh tubuh, termasuk kulit. Menurut Amy Wechsler, MD, stres meningkatkan kadar kortisol, yang bisa merusak kolagen dan mempercepat penuaan.

Mengelola stres dengan pola makan yang baik, tidur cukup, dan meditasi dapat membantu meminimalkan dampak ini.

4. Menggosok Mata Terus-menerus

Meskipun menggosok mata sesekali tidak membahayakan, melakukan hal tersebut secara berlebihan dapat meningkatkan peradangan dan mempercepat pembentukan garis-garis halus di sekitar mata.

Menurut Tanya Nino, MD, dari Providence St. Joseph di Orange County, California, ini bisa menyebabkan garis Dennie-Morgan, yang mirip dengan mata panda.

Baca Juga: Inilah Bahaya yang Mengintai Jika Konsumsi Minuman Manis Setiap Hari

5. Mengandalkan Makeup untuk Perlindungan UV

Menggunakan makeup dengan SPF mungkin tidak memberikan perlindungan yang cukup dari UVA dan UVB. Menurut Dee Anna Glaser, MD, dari Universitas St. Louis, penting untuk menggunakan tabir surya sebelum makeup untuk perlindungan yang efektif.

6. Mengabaikan Perlindungan untuk Leher dan Tangan

Leher dan tangan sering terlewatkan dalam aplikasi tabir surya, padahal kedua area ini dapat cepat menunjukkan tanda-tanda penuaan.

Nino menyarankan menggunakan tabir surya secara rutin dan mempertimbangkan pakaian pelindung saat berada di luar ruangan.

7. Tidak Menggunakan Kacamata Hitam

Kacamata hitam melindungi dari sinar UV yang bisa merusak mata dan kulit di sekitarnya. Nino menekankan pentingnya menggunakan kacamata hitam yang menawarkan perlindungan UVA dan UVB 100%.

Baca Juga: Sedang Diare? Ini 7 Cara Mengatasi Diare yang Efektif dan Dapat Anda Lakukan

8. Menggunakan Sabun yang Mengandung Deterjen Keras

Sabun batang yang mengandung deterjen keras dapat menghilangkan minyak alami kulit, sehingga menyebabkan kulit kering dan menonjolkan kerutan. Gunakan pembersih yang menghidrasi dan hindari sabun yang membuat kulit kering untuk menjaga kelembapan.

Demikianlah ulasan terkait beberapa kebiasaan yang menyebabkan kulit cepat tua. Semoga bermanfaat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News