Bugar

Jangan Anggap Remeh Depresi di Lingkungan Kerja, Begini Tips Mengatasinya

Jangan Anggap Remeh Depresi di Lingkungan Kerja, Begini Tips Mengatasinya

MOMSMONEY.ID -  Jangan anggap remeh depresi. Hal ini bisa menjadi masalah serius terutama untuk mereka yang bekerja mulai dari karyawan hingga pemilik bisnis. 

Depresi di dunia kerja bisa mulai dari beban pekerjaan yang berlebihan, stress, hingga kurang mengenal passion diri sendiri dapat membuatmu jenuh dan depresi. Tidak hanya dari kesehatan mental, depresi juga dapat mempengaruhi kesehatan fisik serta otak. Apabila depresi dibiarkan bisa memicu beberapa masalah kesehatan mental lainnya. 

Untuk menyiasati kondisi ini, memanjakan diri atau self-reward menjadi solusi cepat. Namun, memanjakan otak justru yang menjadi hal yang paling penting karena kesehatan otak dan kondisi mental seseorang memiliki hubungan yang saling berkesinambungan.

Baca Juga: Ini 5 Jenis Tanaman yang Bisa Bantu Anda Tidur Nyenyak

Ada beberapa langkah untuk menghindari stress ini. Coach Pris, CEO Stress Management Indonesia mengatakan dengan tips yang tepat, pengenalan diri sendiri, dan cara holistik dan neurosains yang menyasar ke otak akan membuat orang kebal dari stress dan depresi. 

Cara pertama, tenangkan pikiran lewat mindfullness dalam keseharian. Banyak pikiran atau overtingking bisa menghambat pekerjaan dan membuat depresi. Ada baiknya memang memprioritaskan apa yang diperlukan terlebih dahulu dan apa yang bisa menunggu. Namun, apabila ada beberapa masalah disarankan tidak terlalu dipikirakn dan coba memperbaiki kesalahan yang sudah terjadi dan mengetahui apa yang dapat berjalan dengan baik. 

Cara kedua, mengurangi konsumsi teknologi dan istirahat yang cukup. Otak butuh istirahan paling tidak 7-8 jam. Dengan pembatasan teknologi paling tidak bisa membantu kualitas tidur dan otak. Dengan begitu bisa menghindari depresi bahkan gangguan kesehatan lainnya seperti masalah penglihatan, pendengaran dan ketegangan leher. 

Cara ketiga berkumpul dengan teman-teman. Bantuan tawa canda dan perhatian dari orang yang dipercaya bisa mengurangi rasa cemas dan overthingking. Oleh karena itu tidak ada salahnya berkumpul dan bercerita dengan teman-teman saat makan siang atau sepulang kerja. 

Cara keempat adalah gali potensi diri melalui refleksi nilai dan tujuan hidup. Mulai untuk mengeksplorasi hal atau kegiatan yang digemari. Setelah menemukan kembali diri yang sempat hilang arah, harapannya bisa terhindar dari depresi dan kembali bersemangat menjalani hari. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News