Keluarga

Jadi Sarana Edukasi, Mobil Polisi dari Toys Kingdom dan PMB Toys Sudah Berlisensi Lho

Jadi Sarana Edukasi, Mobil Polisi dari Toys Kingdom dan PMB Toys Sudah Berlisensi Lho

MOMSMONEY.ID - Membeli mainan anak tidak hanya sekadar yang bisa membuat senang saja ya, Mom. Ada baiknya mainan yang diberikan ke anak juga bisa menjadi sarana edukasi bahkan yang bisa mendukung impian atau cita-cita anak kala besar. 

Salah satunya adalah mainan mobil ataupun motor polisi. Mainan ini bisa menjadi salah satu cara mendorong anak yang bercita-cita sebagai polisi sekaligus memberikan edukasi soal tertib lalu lintas. 

Dalam rangka  menyambut Hari Lalu Lintas Bhayangkara yang jatuh pada 22 September 2023, Toys Kingdom bersama PMB Toys menghadirkan motor dan mobil polisi bertenaga aki yang cocok digunakan untuk anak.  Menariknya, produk ini didesain menyerupai mobil polisi di Indonesia, lho. 

Ada tiga model yang diluncurkan oleh Toys Kingdom. Diantaranya ada satu motor dan dua mobil bertenaga aki, yang kedunya  diproduksi secara lokal oleh PMB Toys.

Untuk motor aki polisi modelnya yaitu Honda PCX, dengan kapasitas baterai 6V7A dan shockbreaker. 

Baca Juga: Ramai-Ramai Peduli Lingkungan, Ini Program yang ACE Lakukan

Lantas, mobil polisi model Toyota Fortuner Legender, dengan 2 baterai 6V4.5A, sabuk pengaman, remote control, dan pintu yang dapat dibuka. 

Untuk produk ketiga ada mobil polisi model Mitsubishi Triton yang dilengkapi 2 baterai 6V4.5A, sabuk pengaman, remote control, pintu yang dapat dibuka, serta tambahan bagasi. 

Tak hanya itu, PMB Toys membuat produk ini  semakin menyerupai mobil polisi Indonesia dengan dilengkapi lampu LED strobo, walkie talkie, sirine, dan konektor USB. 

Bahkan untuk warnanya pun, ketiga model tersebut juga disesuaikan dengan mobil polisi yaitu warna dasar abu-abu dengan aksen kuning khas tim Sabhara (Samapta Bhayangkara), dan warna dasar putih dengan aksen biru dan garis putih, khas mobil Polantas (Polisi Lalu Lintas).

Dukungan Korps Lalu Lintas

Stephanus Bart Nureka, General Manager Merchandising PT Toys Games Indonesia, mengatakan bahwa ide awal menghadirkan mobil polisi aki ini karena meski banyak mobil aki polisi, tetapi tidak ada yang desainnya mewakili mobil polisi Indonesia. 

Baca Juga: Promo Ace Hardware Terbaru, Dapatkan Cashback Rp 500.000

Akhirnya, Ide-ide tersebut dibawa ke pihak kepolisian lalu lintas dan ternyata mendapat dukungan positif. Bukan hanya dari sisi bisnis jual beli mobil semata, tetapi tujuan Toys Kingdom ingin produk ini bisa sebagai sarana edukasi untuk anak-anak. 

Salah satunya dengan mendukung polisi dalam mengedukasi anak soal tata tertib berlalu lintas dan kepolisian lewat program Polisi Sahabat Anak. 

"Kami bangga karena pertama kalinya, kami bisa menghadirkan mobil aki berlisensi dari kepolisian," ujar Stephanus

Arman Achdiat, Kepala Subdirektorat Pendidikan Masyarakat Direktorat Keamanan dan Keselamatan Korlantas Polri menambahkan bahwa Toys Kingdom memang benar melakukan koordinasi dengan kepolisian untuk memberikan asistensi peluncuran produk mobil polisi ini. 

"Asistensi ini tidak butuh syarat yang berat dan tidak ada royalt. Yang wajib adalah nyaman dan aman untuk anak," kata Arman. 

Disamping itu, dari kepolisian lalu lintas merasa senang dengan produk ini karena bisa menjadi langkah untuk meningkatkan budaya tertib lalu lintas. Arman bilang bahwa sejak polisi ada, sudah ada program Polisi Sahabat Anak. Program ini untuk mencegah anak takut pada polisi sekaligus untuk mengedukasi anak tertib berlalu lintas sejak dini. 

Baca Juga: Peringati Hari Pelanggan Nasional, Kawan Lama Tawarkan Ruparupa Rewards

Toys Kingdom juga memberikan dukungan pada kegiatan ini salah satunya dengan memberikan produk mainan mobil dan motor aki ke Taman Lalu Lintas Cibubur. Hal itu bisa sebagai sarana untuk mengedukasi anak-anak soal tertib berlalu lintas. 

"Bahkan kedepannya kami akan ada kurikulum untuk anak kelas 1-12 pelajaran soal lalu lintas," imbuh Arman. 

Stephanus menambahkan bahwa dengan kehadiran mobil dan motor polisi ini, orang tua maupun pengasuh bisa memberikan edukasi pada anak soal rambu lalu lintas dan zebra cross dengan cara yang menyenangkan.

Lisensi dari ATPM

Tak hanya berlisensi dari kepolisian, nyatanya produk mobil dan motor aki ini juga memiliki lisensi dari agen tunggal pemegang merek (ATPM). Christina Tanumulia, Sales Manager PT Pangeran Maju Bahagia (PMB Toys) mengatakan sudah mengantongi izin dari Mitsubishi, Toyota dan Honda. 

Baca Juga: Setelah Living World Alam Sutera, Dua Gerai ACE Lain Tampil dengan Wajah Baru

Sebagai informasi, PMB Toys banyak menghasilkan mainan-mainan yang mengikuti Standar Nasional Indonesia. Sebelumnya pun, perusahaan yang berlokasi di Tangerang ini sudah memproduksi mainan mobil dan motor aki. Produk tersebut juga dijual di Toys Kingdom. 

Untuk produk terbaru ini, Christina mengaku bahwa secara mesin sama dengan produk yang sudah dijual sebelumnya. "Dari mesin sama. Sama-sama juga sudah SNI. Yang membedakan dari desainnya kami sudah lisensi dari kepolisian dan juga ATPM tersebut," ujarnya pada MOMSMONEY usai acara peluncuran mobil dan motor polisi di Living World, Alam Sutera, Tangerang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News