Bugar

Inilah 5 Cara Mengatasi Kulit Kepala yang Berjamur

Inilah 5 Cara Mengatasi Kulit Kepala yang Berjamur

MOMSMONEY.ID - Terasa gatal dan tidak nyaman, inilah cara mengatasi kulit kepala yang berjamur.

Mengutip laman Cleveland Clinic, infeksi jamur kulit kepala disebabkan oleh pertumbuhan ragi yang disebut Candida. Ini menyebabkan ruam yang gatal dan bersisik di kulit kepala.

Ruam ini dapat pecah dan menyebabkan kerontokan rambut. Adapun ciri-ciri kulit kepala berjamur seperti kulit bersisik, ketombe putih atau kuning, area kulit kepala yang lembap, hingga jerawat putih atau merah.

Anda masih bisa mengatasi masalah ini dari rumah. Melansir dari cnfstore.com, berikut cara mengatasi kulit kepala berjamur, yaitu: 

1. Hindari menggaruk kulit kepala

Pertama, Anda harus menahan diri untuk menggaruk kulit kepala. Kebiasaan menggaruk kulit kepala secara keras dan berlebihan akan memperburuk kondisi dan berpotensi bakteri baru masuk ke kulit sensitif.

Untuk memberikan kelegaan sementara rasa gatal, coba aplikasikan kompres es dingin.

Baca Juga: Jangan Sepele! 5 Manfaat Vitamin Rambut yang Harus Digunakan

2. Gunakan shampo anti ketombe yang lembut

Cara mengatasi kulit kepala selanjutnya adalah gunakan shampo anti ketombe yang lembut. Pastikan produk shampo untuk kulit kepala berjamur memiliki formula ringan yang tidak memperburuk kondisi rambut atau mengi iritasi.

Shampo dengan kandungan wewangian dan pewarna bisa membahayakan. Oleh karena itu Anda harus mengutamakan formula shampo lembut bebas sulfat yang dirancang untuk menenangkan iritasi dan menghidrasi kulit kepala yang kering. 

3. Oleskan produk rambut khusus kulit kepala

Kemudian, Anda juga perlu mengoleskan produk rambut yang khusus untuk kulit kepala. Anti dandruff treatment dan shampo berformula lembut efektif melawan ketombe dan kulit kepala berjamur. Cobalah perawatan yang ditargetkan pada kulit kepala ini.

Anda bisa memilih berbagai produk hair care yang membantu menenangkan iritasi kulit kepala, menghilangkan penumpukan minyak, menyeimbangkan kadar sebum di kulit kepala, serta mengatasi ketombe dan psoriasis.

Baca Juga: 6 Kebiasaan yang Bisa Menghancurkan Pernikahan, Pasutri Wajib Tahu!

4. Lakukan pengobatan alami di rumah

Anda bisa merawat kulit kepala dari pengobatan alami di rumah. Sebelumnya Anda telah mengetahui jika ketombe disebabkan oleh peningkatan ragi di kulit kepala.

Ternyata ada beberapa bahan alami yang bersifat anti jamur seperti tea tree oil, cuka sari apel, baking soda, dan coconut oil.

Bahan alami yang bernutrisi ini bisa dijadikan campuran alami hair care alami di rumah. Anda bisa mengaplikasikan dalam bentuk murni atau diencerkan dengan produk hair care.

5. Hindari membilas rambut dengan air panas

Cara mengatasi kulit kepala yang berjamur terakhir adalah hindari membilas rambut dengan air panas. Hal ini karena dapat memperparah rasa gatal dan menyebabkan kulit kering. Oleh karena itu, lebih baik bilas rambut memakai air hangat yang bisa menenangkan rambut.

Itulah beberapa cara mengatasi kulit kepala yang berjamur. Rawat kesehatan rambut dengan benar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News