Keluarga

4 Cara Mengatasi Jerawat di Kulit Kepala dengan Bahan Alami, Aman dan Efektif

4 Cara Mengatasi Jerawat di Kulit Kepala dengan Bahan Alami, Aman dan Efektif

MOMSMONEY.ID - Aman dan efektif, ini 4 cara mengatasi jerawat di kulit kepala dengan bahan alami.

Jerawat menjadi momok yang sering dikeluhkan oleh banyak orang. Tak hanya bisa menyerang wajah, ternyata jerawat juga bisa hinggap di area tubuh lainnya termasuk kulit kepala.

Disebut juga dengan folikulitis, jerawat di kulit kepala dapat dipicu oleh berbagai faktor dan kebiasaan.

Baca Juga: Cegah Kerutan, 5 Manfaat Tidur dengan Sarung Bantal Berbahan Sutra untuk Kecantikan

Mengutip laman Hello Sehat, berikut faktor dan kebiasaan yang bisa memicu kemunculan jerawat pada kulit kepala:

  • Hormon tidak seimbang
  • Konsumsi makanan pemicu jerawat
  • Stres
  • Faktor keturunan
  • Jarang keramas
  • Tidak membersihkan sisa produk perawatan rambut dengan baik
  • Tidak membilas rambut secara tuntas

Saat jerawat kulit kepala menyerang, apa sih yang harus dilakukan untuk mengatasinya? Nah, selain rutin berkeramas, menghindari penggunaan minyak rambut (jika kulit kepala Anda berminyak), dan tidak terlalu sering menggunakan alat penata rambut, Anda juga dapat mengatasi jerawat kulit kepala dengan melakukan pengobatan rumahan menggunakan bahan-bahan alami.

Melansir BeBeautiful, inilah 4 cara mengatasi jerawat di kulit kepala dengan bahan alami yang layak Anda coba:

1. Gunakan tomat

Cara terbaik untuk mengobati jerawat di kulit kepala adalah dengan menyeimbangkan ph pada kulit kepala Anda. Dan, salah satu bahan alami yang memiliki kemampuan ini adalah tomat. Tomat dapat menjadi penyeimbang ph yang sangat baik.

Berkat kandungan salicylic acid yang ada di dalamnya, tomat bahkan mampu mengurangi jerawat di kulit kepala dalam waktu singkat.

Peraslah jus tomat segar dan oleskan ke seluruh kulit kepala Anda menggunakan kapas. Diamkan selama sekitar 1 jam dan bilas hingga bersih dengan sampo serta kondisioner yang lembut dan bebas SLS.

2. Gunakan cuka sari apel

Dikenal dengan sifat antimikrobanya yang sangat baik, cuka sari apel atau apple cider vinegar mampu menghambat bakteri penyebab jerawat serta bisa mengurangi kemungkinan timbulnya jerawat di kulit kepala.

Tak sampai di situ, bahan ajaib ini juga memiliki sifat penyeimbang ph yang bermanfaat untuk mencegah kulit kepala menjadi terlalu kering atau berminyak.

Siapkan segelas penuh air putih dan tambahkan 2-3 sendok teh cuka sari apel ke dalamnya lalu aduk rata. Setelah keramas dan menggunakan kondisioner, bilas kulit kepala Anda dengan campuran ini. Biarkan selama sekitar 1 menit dan bilas kembali kulit kepala Anda dengan air.

Baca Juga: Tidak Sulit, Ini 6 Cara Mengatasi Sariawan Saat Puasa yang Bisa Moms Coba

3. Gunakan bawang putih

Kaya akan salicylic acid, bawang putih merupakan obat yang sangat baik untuk mengurangi dan mencegah jerawat di kulit kepala. Selain itu, bawang putih juga tinggi antioksidan dan memiliki sifat antifungal serta antivirus yang luar biasa untuk mengatasi jerawat pada kulit kepala.

Rebuslah sekitar 4-5 siung bawang putih dalam 3-4 gelas air hingga volume air berkurang. Bilas kulit kepala Anda dengan rebusan ini setidaknya seminggu sekali.

Anda bisa menggunakan rebusan bawang putih sebagai langkah pertama dalam rutinitas mencuci rambut, sehingga aroma bawang putih yang menyengat dapat dihilangkan oleh sampo dan kondisioner yang digunakan setelahnya.

4. Gunakan tea tree oil

Sifat anti-inflamasi yang terdapat pada tea tree oil atau minyak pohon teh dapat bekerja sebagai obat yang sangat baik untuk mengatasi jerawat di kulit kepala.

Tea tree oil mampu membuka pori-pori dan mengurangi peradangan folikel rambut, sehingga dapat sekaligus mengurangi jerawat kulit kepala hanya dalam beberapa kali penggunaan.

Dengan mengurangi peradangan, tea tree oil juga bisa Anda andalkan untuk mengurangi rambut rontok dan meningkatkan pertumbuhan rambut.

Campurkan sekitar 2-3 tetes tea tree oil dengan carrier oil yang ringan seperti jojoba oil atau almond oil. Sebaiknya, hindari mencampurkan tea tree oil dengan minyak kelapa jika kulit kepala Anda berminyak. Setelah semuanya tercampur, pijat-pijat kulit kepala Anda dengan campuran ini secara lembut dan bilas setelah sekitar 1 jam.

Itulah 4 cara mengatasi jerawat di kulit kepala dengan bahan alami yang aman dan efektif.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News