Keluarga

Ini Waktu Sinar UV Berbahaya Dirasakan Di Indonesia Hari Ini (6/2)

Ini Waktu Sinar UV Berbahaya Dirasakan Di Indonesia Hari Ini (6/2)

MOMSMONEY.ID - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi paparan sinar UV berbahaya masih berlanjut pada siang hari ini, Selasa, 6 Februari 2024. 

Kadar atau level bahaya sinar UV ini akan terasa dari sedang, tinggi, sangat tinggi hingga ekstrem. Saat terpapar sinar UV yang menunjukkan risiko berbahaya sangat tinggi, Anda berisiko mengalami kerusakan kulit dan mata serta dapat terbakar dengan cepat. 

Nah, bagi orang yang terpapar sinar UV level ekstrem tanpa pelindung, perlu semua tindakan pencegahan karena kulit dan mata dapat rusak dan terbakar dalam hitungan menit. 

Baca Juga: Rayakan Imlek Bertema Pokemon di Central Market PIK Yuk, Ada Angpau Menanti

Adapun sinar UV berbahaya sangat tinggi akan dirasakan mulai pukul 10.00 baik di wilayah barat, tengah, maupun timur Indonesia. Berikut jadwalnya:

08.00 WIB / 09.00 WITA / 10.00 WIT

Sinar UV berbahaya sangat tinggi berada di atas langit pulau Papua dan Maluku Utara. Kemudian, di wilayah Maluku bahaya sinar UV dalam kadar tinggi.  

Adapun di Sulawesi, Nusa Tenggara Barat, Bali, Kalimantan Utara, Kalimantan Tengah, dan Jawa Timur mengalami bahaya sinar UV level sedang. 

09.00 WIB / 10.00 WITA / 11.00 WIT

Wilayah Papua  alami sinar UV berbahaya ekstrem. Kondisi di Sulawesi, Maluku, Nusa Tenggara, dan Bali alami sinar UV berbahaya sangat tinggi. Sedangkan Kalimantan, Sumatera, dan Jawa masih dalam kadar sinar UV berbahaya sedang hingga tinggi. 

10.00 WIB / 11.00 WITA / 12.00 WIT

Sinar UV berbahaya ekstrem dirasakan di Papua, Maluku, dan Sulawesi. Sinar UV berbahaya sangat tinggi dirasakan di Kalimantan, Jawa, dan Nusa Tenggara. Sinar UV berbahaya tinggi dirasakan di wilayah Sumatera.

11.00 WIB / 12.00 WITA /  13.00 WIT

Sinar UV berbahaya ekstrem dirasakan di Maluku, Kalimantan, Sulawesi, Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara. Sinar UV berbahaya sangat tinggi dirasakan di Sumatera. 

12.00 WIB / 13.00 WITA / 14.00 WIT

Level bahaya sinar UV sudah turun menjadi sedang di Papua dan Jawa. Level bahaya sinar UV menjadi sangat tinggi di Maluku. Wilayah Sumatera, Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, Sulawesi, Bali, dan Nusa Tenggara alami sinar UV berbahaya ekstrem.

Baca Juga: Tips Kesehatan Setiap Shio di Tahun 2024 Menurut Feng Shui, Terapkan Ya!

13.00 WIB / 14.00 WITA / 15.00 WIT

Sinar UV berbahaya ekstrem di rasakan di Aceh dan Sumatera Utara. Di Kalimantan, Sulawesi, dan sebagian Nusa Tenggara alami sinar UV berbahaya sangat tinggi. Di Jawa dan sebagian Sumatera, serta Maluku dan Papua alami sinar UV berbahaya sedang. 

14.00 WIB / 15.00 WITA / 16.00 WIT

Sebagian besar wilayah di Indonesia mengalami sinar UV berbahaya sedang. Hanya dui Sumatera Utara dan Aceh yang alami sinar UV berbahaya sangat tinggi. Setelahnya, kondisi berangsur pulih. 

Sehingga, sebaiknya hindari paparan matahari antara pukul 10 pagi hingga 5 sore. Anda juga disarankan tetap berada di tempat teduh pada saat matahari terik siang hari. 

Kenakan pelindung seperti topi lebar dan kacamata hitam anti sinar UV saat berada di luar ruangan. Serta, oleskan cairan pelembab tabir surya SPF 30+ setiap 2 jam setelah berenang atau berkeringat. Hindari juga permukaan pasir dan air karena akan meningkatkan paparan UV. 

Selanjutnya: Berharap Biaya Investasi Lebih Murah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News