BisnisYuk

Ini Tempat Kerja Terbaik di Indonesia 2024 versi Great Place To Work

Ini Tempat Kerja Terbaik di Indonesia 2024 versi Great Place To Work

MOMSMONEY.ID - Bekerja di perusahaan terbaik tentu keinginan banyak orang, khususnya fresh graduate. Untuk itu, Great Place To Work® mengumumkan daftar Tempat Bekerja Terbaik atau Best Workplaces in Indonesia™ 2024 yang bisa menjadi pertimbangan Anda melamar pekerjaan.

Penghargaan ini mencakup 5 perusahaan kategori Kecil, 10 perusahaan kategori Menengah, dan 5 perusahaan kategori Besar yang menginspirasi.

Daftar tersebut berdasarkan hasil survei bersifat rahasia, menggabungkan lebih dari 40.000 respons individu yang mencerminkan pengalaman hampir 60.000 karyawan di berbagai kota di negara dengan populasi terbesar di Asia Tenggara ini.

Evelyn Kwek, Managing Director, Great Place To Work® ASEAN & ANZ, mengatakan, Indonesia dikenal sebagai salah satu negara yang dinamis dan vibrant di Asia Tenggara.

"Di tengah terus berkembangnya dunia kerja, mulai dari kemajuan teknologi, pergeseran budaya, hingga perubahan ekonomi, perusahaan-perusahaan ini telah berhasil menunjukkan dedikasi yang tak tergoyahkan untuk membuat kerja menjadi luar biasa bagi semua orang," kata Evelyn Kwek dalam keterangan resminya.

Sebagai standar yang diakui secara global, Great Place To Work® Certification™ mendorong para pemimpin dan organisasi untuk membangun dan mempertahankan budaya tempat kerja dengan kepercayaan dan performa tinggi, yang akan berdampak positif pada pengalaman karyawan, mendukung keberhasilan bisnis, dan membawa manfaat bagi masyarakat.

Baca Juga: 5 Selebriti Indonesia Berpendidikan Tinggi dan Punya Karir Cemerlang, Panutan!

Menurut data survei Great Place To Work®, perusahaan yang bersertifikasi lebih unggul sebesar 9,2% dibanding pasar saham secara keseluruhan.

Perusahaan-perusahaan ini juga melampaui perusahaan yang tidak tersertifikasi, di mana 51% karyawan lebih besar kemungkinannya bertahan dalam jangka panjang dibandingkan tempat kerja pada umumnya. Hal ini semakin menunjukkan pentingnya menumbuhkan budaya tempat kerja yang baik.

Sebagai lanjutan perwujudan komitmen dari perusahaan bersertifikat terhadap inisiatif kultur tempat kerja, sejumlah brand di Indonesia juga berdedikasi untuk menciptakan strategi bisnis yang mengutamakan karyawan dan berorientasi pada tujuan.

Upaya ini membawa beberapa diantara perusahaan tersebut masuk ke dalam daftar Best Workplaces in Indonesia™ 2024 yang ditunggu-tunggu.

Andika Bayupati, HR Senior Director, DHL Supply Chain Indonesia, bilang, di DHL Supply Chain Indonesia, fokus tetap sama: Excellence. Simply delivered.

"Kami menjalankan DNA perusahaan, yaitu respect dan results, serta memastikan setiap orang merasa diterima. Saat telah merasa menjadi bagian, keterlibatan akan semakin besar, potensi sejati berkembang, dan bersama-sama, kami menjadi tak terhentikan," ujar Bayupati.

Baca Juga: Jadi Konten Kreator, Ria Ricis Bagi Tips Raup Penghasilan Banyak

Alex Murray, AVP, SE Asia, Hilton, mengungkapkan, budaya menjadi kunci bagi seluruh tim di Hilton.

"Membangun lingkungan yang memberdayakan anggota tim untuk maju selalu menjadi prioritas utama di Hilton. Kami dengan bangga menerima penghargaan ini, yang semakin mempertegas komitmen kami dalam mengembangkan budaya tempat kerja yang hebat, yang berlandaskan pada inklusi, kesejahteraan, pertumbuhan, dan tujuan,” ujar Murray.

Fokus pada karyawan juga menjadi prioritas di agensi digital Luminary. Marty Drill, CEO, Luminary menyebutkan, meski penghargaan sebagai Great Place to Work sangat berharga bagi brand, nilai sebenarnya terletak pada adanya organisasi independen yang mengevaluasi tempat kerja dan budaya.

"Kami mempelajari apa yang berhasil dan di mana ada peluang untuk menjadikan Luminary lebih baik lagi," sebut Marty.

Hesty Noviana, Lead Talent Partner, Luminary setuju dan menyatakan, Luminary memiliki fokus untuk memastikan para orang tua dapat mendukung anak sekaligus mempertahankan kariernya.

"Anak dari salah satu anggota tim membutuhkan lebih banyak waktu darinya, sehingga ia berusaha untuk mengundurkan diri. Kami menyarankannya untuk mengambil cuti selama enam bulan, kini dia telah kembali bekerja paruh waktu dan berkembang pesat," kata Noviana.

Selain itu, Avery Dennison ikut membagikan fokus mereka mengenai inklusivitas. "Kami merayakan Hari Perempuan Internasional, Ramadan, Idul Fitri, Hari Kemerdekaan, Natal, dan Malam Tahun Baru dengan kegembiraan dan inklusivitas," ujar tim di Avery Dennison.

"Pertemuan karyawan tahunan kami membangun ikatan yang kuat, ditambah dengan Sports Day untuk karyawan berkegiatan aktif sambil bersenang-senang. Acara potluck juga mempertemukan kami dengan tawa dan makanan lezat, menjadikan tempat kerja benar-benar istimewa," imbuh mereka.

Baca Juga: 4 Film Tentang Bisnis Brand Besar Dunia, Penuh Lika-Liku dan Inspirasi.

Best Workplaces in Indonesia™ 2024, kategori usaha Kecil:

1. Lenovo Indonesia

2. Luminary

3. Avery Dennison Indonesia

4. PT Becton Dickinson Indonesia

5. Mastercard

Best Workplaces in Indonesia™ 2024, kategori usaha Menengah:

1 DHL Supply Chain

2. Capella Ubud

3. IGT Solutions

4. PT Ericsson Indonesia

5. PT Syngenta Seed Indonesia

6. Flight Center Travel Group

7. DHL Global Forwarding

8. PT URC Indonesia

9. SC Johnson

10. Ipsos

Best Workplaces in Indonesia™ 2024, kategori usaha Besar:

1. DHL Express Indonesia

2. Hilton

3. Schneider Electric Indonesia

4. Teleperformance

5. Accenture

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News