BisnisYuk

Ini Strategi Iklan dari Rika Yeo untuk Meningkatkan Penjualan di E-Commerce

Ini Strategi Iklan dari Rika Yeo untuk Meningkatkan Penjualan di E-Commerce

MOMSMONEY.ID -  Dalam dunia eCommerce yang semakin kompetitif, memaksimalkan iklan online adalah kunci untuk meraih kesuksesan bisnis.

Rika Yeo, LazStar Trainer Lazada, berbagi tips praktis bagi para penjual untuk mengoptimalkan iklan mereka dan mencapai pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan.

Berikut adalah tips-tips utama yang perlu diperhatikan:

1. Pastikan Produk Sudah Siap Jual 

 Sebelum beriklan, pastikan produk yang dijual memiliki halaman yang menarik dengan judul yang jelas, foto dan video berkualitas, deskripsi detail, dan harga yang kompetitif.  

 “Jangan terburu-buru beriklan sebelum halaman produk benar-benar siap. Jangan seperti membuka toko, tapi etalasenya masih kosong. Pastikan produk yang ditampilkan menarik agar calon pembeli membuka, membeli, dan datang kembali,” ujar Rika.

Baca Juga: ROI Dana Pensiun Lesu, Ini Strategi BCA untuk Kerek Tingkat Pengembalian Investasi

2. Pantau dan Optimasi Iklan Secara Rutin 

 Setelah iklan berjalan, lakukan evaluasi secara berkala untuk melihat kinerjanya. Rika menyarankan agar penjual melakukan optimasi setiap satu hingga dua minggu sekali. Ini penting untuk mengetahui apa yang berhasil dan memperbaiki kesalahan, seperti penentuan berat produk yang bisa mempengaruhi biaya pengiriman dan konversi.  

 “Idealnya, penjual melakukan optimasi iklan setiap satu hingga dua minggu sekali supaya tahu, strategi apa yang berhasil dan apa yang belum berhasil. Kesalahan pada produk, harga, atau pengaturan iklan dapat diketahui dengan optimasi secara berkala,” jelas Rika.

3. Gunakan Data untuk Merancang Strategi Iklan yang Efektif

 Rika mengingatkan pentingnya memahami audiens melalui data untuk merancang iklan yang tepat sasaran. “Data adalah kunci utama. Selami data untuk memahami audiens mana yang paling aktif merespons iklan. Dari sana, penjual dapat merancang strategi iklan yang efektif, tidak hanya untuk menarik pelanggan baru, tetapi juga untuk mengubahnya menjadi pelanggan setia,” jelasnya.

Baca Juga: Fluktuasi Harga Minyak, Ini Strategi PGN Kendalikan Volume Gas Jual

4. Jangan Hanya Bergantung pada Iklan Berbayar

Selain iklan berbayar, penting bagi penjual untuk membangun basis pelanggan setia. Penjual bisa memanfaatkan strategi organik seperti aktif di media sosial untuk memperluas jangkauan pasar.  

 “Iklan berfungsi sebagai booster untuk memperkenalkan produk dan tugas penjual untuk menciptakan pengalaman belanja yang menyenangkan agar pelanggan kembali tanpa perlu terus-menerus dirayu iklan,” kata Rika.

5. Optimalkan Waktu dan Promo yang Tepat

Memahami perilaku pelanggan sangat penting untuk menentukan waktu terbaik dalam beriklan. Rika menyarankan untuk meningkatkan anggaran iklan saat traffic tertinggi, seperti saat kampanye Mega atau event seasonal seperti Ramadan.  

 “Waktu dan preferensi pelanggan adalah faktor penting dalam strategi beriklan. Identifikasi waktu terbaik dalam beriklan dan promo favorit pelanggan dengan analisis perilaku. Tingkatkan anggaran iklan di momen-momen terbaik untuk memaksimalkan jangkauan dan dampak dengan memanfaatkan berbagai fitur promosi,” jelas Rika.

Dengan mengikuti tips ini, para penjual dapat mengoptimalkan iklan mereka dan meningkatkan penjualan secara signifikan di platform eCommerce seperti Lazada.

Selanjutnya: Tema Hari Pers Nasional 2025 Ketahanan Pangan! Ini Tanaman yang bisa Anda Tanam

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News