M O M S M O N E Y I D
BisnisYuk

Ini Strategi Iklan dari Rika Yeo untuk Meningkatkan Penjualan di E-Commerce

Ini Strategi Iklan dari Rika Yeo untuk Meningkatkan Penjualan di E-Commerce
Reporter: Francisca Bertha Vistika  |  Editor: Francisca bertha


MOMSMONEY.ID -  Dalam dunia eCommerce yang semakin kompetitif, memaksimalkan iklan online adalah kunci untuk meraih kesuksesan bisnis.

Rika Yeo, LazStar Trainer Lazada, berbagi tips praktis bagi para penjual untuk mengoptimalkan iklan mereka dan mencapai pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan.

Berikut adalah tips-tips utama yang perlu diperhatikan:

1. Pastikan Produk Sudah Siap Jual 

 Sebelum beriklan, pastikan produk yang dijual memiliki halaman yang menarik dengan judul yang jelas, foto dan video berkualitas, deskripsi detail, dan harga yang kompetitif.  

 “Jangan terburu-buru beriklan sebelum halaman produk benar-benar siap. Jangan seperti membuka toko, tapi etalasenya masih kosong. Pastikan produk yang ditampilkan menarik agar calon pembeli membuka, membeli, dan datang kembali,” ujar Rika.

Baca Juga: ROI Dana Pensiun Lesu, Ini Strategi BCA untuk Kerek Tingkat Pengembalian Investasi

2. Pantau dan Optimasi Iklan Secara Rutin 

 Setelah iklan berjalan, lakukan evaluasi secara berkala untuk melihat kinerjanya. Rika menyarankan agar penjual melakukan optimasi setiap satu hingga dua minggu sekali. Ini penting untuk mengetahui apa yang berhasil dan memperbaiki kesalahan, seperti penentuan berat produk yang bisa mempengaruhi biaya pengiriman dan konversi.  

 “Idealnya, penjual melakukan optimasi iklan setiap satu hingga dua minggu sekali supaya tahu, strategi apa yang berhasil dan apa yang belum berhasil. Kesalahan pada produk, harga, atau pengaturan iklan dapat diketahui dengan optimasi secara berkala,” jelas Rika.

3. Gunakan Data untuk Merancang Strategi Iklan yang Efektif

 Rika mengingatkan pentingnya memahami audiens melalui data untuk merancang iklan yang tepat sasaran. “Data adalah kunci utama. Selami data untuk memahami audiens mana yang paling aktif merespons iklan. Dari sana, penjual dapat merancang strategi iklan yang efektif, tidak hanya untuk menarik pelanggan baru, tetapi juga untuk mengubahnya menjadi pelanggan setia,” jelasnya.

Baca Juga: Fluktuasi Harga Minyak, Ini Strategi PGN Kendalikan Volume Gas Jual

4. Jangan Hanya Bergantung pada Iklan Berbayar

Selain iklan berbayar, penting bagi penjual untuk membangun basis pelanggan setia. Penjual bisa memanfaatkan strategi organik seperti aktif di media sosial untuk memperluas jangkauan pasar.  

 “Iklan berfungsi sebagai booster untuk memperkenalkan produk dan tugas penjual untuk menciptakan pengalaman belanja yang menyenangkan agar pelanggan kembali tanpa perlu terus-menerus dirayu iklan,” kata Rika.

5. Optimalkan Waktu dan Promo yang Tepat

Memahami perilaku pelanggan sangat penting untuk menentukan waktu terbaik dalam beriklan. Rika menyarankan untuk meningkatkan anggaran iklan saat traffic tertinggi, seperti saat kampanye Mega atau event seasonal seperti Ramadan.  

 “Waktu dan preferensi pelanggan adalah faktor penting dalam strategi beriklan. Identifikasi waktu terbaik dalam beriklan dan promo favorit pelanggan dengan analisis perilaku. Tingkatkan anggaran iklan di momen-momen terbaik untuk memaksimalkan jangkauan dan dampak dengan memanfaatkan berbagai fitur promosi,” jelas Rika.

Dengan mengikuti tips ini, para penjual dapat mengoptimalkan iklan mereka dan meningkatkan penjualan secara signifikan di platform eCommerce seperti Lazada.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

TERBARU

Saatnya Lebih Untung dengan Promo Gratis 3 Pizza Mania Favorit dari Domino’s Pizza

Domino's Pizza hadirkan promo spesial dengan memberikan gratis 3 Pizza Mania setelah pembelian 1 Large Sultan Chicken Pepperoni Xtra.

Tahun Baru Makin Seru dengan Promo Pizza Hut Party Box, 3 Menu dalam Satu Paket

Pizza Hut hadirkan promo spesial Party Box. Nikmati 3 menu favorit dalam satu box yang bisa disantap 5-6 orang dengan harga lebih hemat.

Infinix XPad Mengusung Kapasitas Baterai 7000 mAh buat Game, Cuma Rp 1 Jutaan Saja

Infinix XPad merupakan tablet murah harga Rp 1 jutaan yang punya baterai super jumbo. Baterai ini didukung fast charging 18W yang menawan.

Realme Note 60 HP Murah Harga Rp 1 Jutaan, Punya Fitur Ala Dynamic Island di iPhone

Realme Note 60 adalah HP murah yang dijual sekitar Rp 1 jutaan. Gadget ini punya luas layar yang sama dengan Redmi 13C yakni sekitar 6.74 inci.

Tecno Camon 40 Pro Bawa Layar AMOLED 6.78 Inci, Sudah Pakai Corning Gorilla Glass 7i

Tecno Camon 40 Pro meluncur dan membawa layar AMOLED seluas 6,78 inci yang lebih luas dari Redmi Note 13 Pro yang bawa layar 6,67 inci.

Daftar HP Infinix Harga di Bawah Rp 3 Jutaan yang Cocok Dibawa Piknik, Cek Fiturnya

HP Infinix harga di bawah Rp 3 jutaan diisi oleh berbagai model mengesankan. Model tersebut biasanya punya baterai besar & lensa beresolusi tinggi

Rayakan HUT BRI ke-130, Pegadaian Tawarkan Ragam Promo Menarik hingga 31 Desember

Pegadaian hadirkan sederet promo spesial dalam rangka HUT BRI ke-130. Diskon menarik hadir, mulai dari diskon admin hingga arisan emas.

IHSG Diproyeksi Menguat, Ini Rekomendasi Saham BRI Danareksa Sekuritas Rabu (17/12)

IHSG diperkirakan berpeluang melanjutkan penguatan pada perdagangan Rabu (17/12). ​Cek rekomendasi saham pilihan BRI Danareksa Sekuritas​.

Mengenal Siklon Tropis yang Jelang Akhir Tahun Mengepung Indonesia

Yuk, mengenal siklon tropis yang menjelang akhir tahun mengepung Indonesia, bahkan jadi salah satu penyebab banjir bandang di utara Sumatra.

Naik, Cek Harga Emas Antam Hari Ini Rabu 17 Desember 2025

Harga emas Antam hari ini ukuran 1 gram dibanderol Rp 2.470.000 Rabu (17/12/2025), naik Rp 6.000 dibanding harga Selasa (16/12/2025).