Keluarga

Ini Cara Mengurangi Sampah Makanan, Mudah lo

Ini Cara Mengurangi Sampah Makanan, Mudah lo

MOMSMONEY.ID - Sampah makanan juga jadi salah satu penyumbang sampah yang cukup besar lo! Yuk mulai mengurangi sampah makanan mulai dari rumah sendiri. 

Memang membuang makanan sisa terasa lebih mudah dari pada mengolahnya lagi. Namun bayangkan jika Anda terus-terusan membuang sisa makanan. 

Suatu saat tempat penampungan sampah di daerah Anda bisa saja penuh dan Anda kerepotan bagaimana harus membuangnya.

Selain bau, sampah makanan yang Anda diamkan menumpuk penuh dengan bakteri berbahaya bagi kesehatan serta merusak pemandangan. 

Baca Juga: Jangan Langsung Buang, Ini Ide Menggunakan Kembali Kantong Plastik di Rumah!

Maka dari itu, melansir Love to Know ada beberapa cara mengurangi sampah makanan yang bisa Anda ikuti!

Simpan sayur segar di kulkas

Cara mengurangi sampah makanan pertama adalah melakukan cara penyimpanan yang tepat. Salah satunya menyimpan bahan-bahan segar seperti sayuran di kulkas. 

Sering kali setiap resep tidak membutuhkan satu bungkus penuh sayuran yang Anda beli. Misalkan saja daun bawang. Padahal daun bawang sangat mudah busuk.

Maka simpan sayuran seperti ini di dalam vas berisi air bersih. Letakan dengan merendam tangkainya dan simpan di dalam kulkas. 

Periksa kembali persediaan yang Anda punya

Salah satu penyebab banyaknya sampah makanan adalah banyak orang membeli kembali bahan yang sebenarnya mereka sudah punya. Maka cara untuk menguranginya, periksa kembali seluruh isi dapur sebelum membeli bahan masakan. 

Untuk memudahkan Anda saat memeriksa kembali isi dapur, tata dengan rapi setiap belanjaan Anda di dalam wadah bening yang mudah terlihat. 

Buat cocktail dan mocktail dengan bahan yang Anda miliki

Anda bisa menggunakan buah-buahan dan sayuran yang Anda miliki di rumah. Tambahkan sirup dan soda sesuai dengan keinginan Anda. Sehingga makanan lebih di rumah Anda tidak langsung terbuang begitu saja.

Baca Juga: Yuk Mulai Dari Sekarang Kurangi Sampah Makanan, Begini Caranya!

Jangan langsung buang sisa saos yang tinggal sedikit

Saos, mayonaise, kecap dan bumbu cair lainnya seringkali menguji kesabaran saat hanya tersisa sedikit. Sebab mereka akan mengendap di bagian bawah botol dan butuh waktu lama untuk menggunakannya. 

Maka saat sisa sedikit, balik posisi botol Anda saat menyimpannya. Sehingga Anda bisa menggunakannya sampai benar-benar tak tersisa di dalam botol. 

Gunakan sisa makanan sebagai kompos

Setiap kali orang berpikir untuk mengurangi sampah makanan, ide yang paling sering muncul adalah menggunakannya menjadi kompos. Nah, lakukanlah ini dengan berbagai metode yang tersedia di internet saat ini!

Menjadikan sisa makanan sebagai kompos akan sangat membantu taman dan tanaman Anda jadi lebih sehat lo!

Demikian ide atau cara mengurangi sampah makanan. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News