Keluarga

Ini Jadwal Sinar UV Berbahaya Dirasakan Di Indonesia Hari Ini (20/2)

Ini Jadwal Sinar UV Berbahaya Dirasakan Di Indonesia Hari Ini (20/2)

MOMSMONEY.ID - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi paparan sinar UV berbahaya masih berlanjut pada siang hari ini, Selasa, 20 Februari 2024. 

Kadar atau level bahaya sinar UV ini akan terasa dari sedang, tinggi, sangat tinggi hingga ekstrem. Saat terpapar sinar UV yang menunjukkan risiko berbahaya sangat tinggi, Anda berisiko mengalami kerusakan kulit dan mata serta dapat terbakar dengan cepat. 

Nah, bagi orang yang terpapar sinar UV level ekstrem tanpa pelindung, butuh semua tindakan pencegahan karena kulit dan mata dapat rusak dan terbakar dalam hitungan menit. 

Baca Juga: Peringatan Dini Cuaca Hari Ini (20/2) Hujan Lebat dan Petir di Provinsi Berikut

Adapun sinar UV berbahaya sangat tinggi akan dirasakan mulai pukul 10.00 baik di wilayah barat, tengah maupun timur Indonesia. Berikut jadwalnya:

  • 08.00 WIB / 09.00 WITA / 10.00 WIT

Sinar UV berbahaya tinggi hingga sangat tinggi dirasakan di Papua dan Maluku. Sinar UV berbahaya tinggi dirasakan di Sulawesi. Sinar UV berbahaya sedang dirasakan di Kalimantan wilayah Timur, Jawa wilayah Timur, Bali, dan Nusa Tenggara. 

  • 09.00 WIB / 10.00 WITA / 11.00 WIT

Sinar UV berbahaya sangat tinggi hingga ekstrem dirasakan di wilayah Papua dan Maluku. Sinar UV berbahaya sangat tinggi dirasakan di Kalimantan Utara, Sulawesi, Bali, dan Nusa Tenggara. 

  • 10.00 WIB / 11.00 WITA / 12.00 WIT

Sinar UV berbahaya ekstrem dirasakan di Kalimantan Utara, Bali, Nusa Tenggara, Sulawesi, dan Maluku. Sinar UV berbahaya sangat tinggi dirasakan di Kalimantan, Sumatera bagian selatan, dan Jawa. 

  • 11.00 WIB / 12.00 WITA /  13.00 WIT

Sinar UV berbahaya ekstrem meluas ke wilayah Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Maluku, Jawa, Bali dan Nusa Tenggara. Kondisi ini dirassakan hingga pukul 12.00 WIB, 13.00 WITA dan 14.00 WIT. 

Baca Juga: Dibanding The Fed, Robert Kiyosaki Lebih Percaya 3 Aset Investasi Ini

  • 13.00 WIB / 14.00 WITA / 15.00 WIT

Di Papua sinar UV berbahaya tinggi hanya di alami di luar wilayah Papua Pegunungan dan Papua Tengah. Sulawesi, Kalimantan, Sumatera, dan Jawa alami sinar UV berbahaya tinggi hingga sangat tinggi. Di Maluku alami sinar UV berbahaya sangat tinggi.

  • 14.00 WIB / 15.00 WITA / 16.00 WIT

Selain Papua, bahaya sinar UV di seluruh Indonesia sudah turun ke level tinggi. Hanya sebagian kecil Sumatera yang masih alami sinar UV berbahaya sangat tinggi. 

Melihat kondisi tersebut, sinar UV mulai aman setelah pukul 15.00 WIB. Sehingga, sebaiknya hindari paparan Matahari antara pukul 10 pagi hingga 5 sore. Anda juga disarankan tetap berada di tempat teduh pada saat Matahari terik siang hari. 

Kenakan pelindung seperti topi lebar dan kacamata hitam anti sinar UV saat berada di luar ruangan. Serta oleskan cairan pelembab tabir surya SPF 30+ setiap 2 jam setelah berenang atau berkeringat. Hindari juga permukaan pasir dan air karena akan meningkatkan paparan UV. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News