Keluarga

Ini Jadwal Sinar UV Berbahaya Dirasakan Di Indonesia Hari Ini (13/2)

 Ini Jadwal Sinar UV Berbahaya Dirasakan Di Indonesia Hari Ini (13/2)

MOMSMONEY.ID - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) prediksi paparan sinar UV berbahaya masih berlanjut pada siang hari ini, Selasa, 13 Februari 2024. 

Kadar atau level bahaya sinar UV ini akan terasa dari sedang, tinggi, sangat tinggi hingga ekstrem. Saat Anda terpapar sinar UV yang menunjukkan risiko berbahaya sangat tinggi, Anda berisiko mengalami kerusakan kulit dan mata serta dapat terbakar dengan cepat. 

Nah bagi orang yang terpapar sinar UV level ekstrem tanpa pelindung diperlukan semua tindakan pencegahan karena kulit dan mata dapat rusak dan terbakar dalam hitungan menit. 

Baca Juga: Ekonomi Dunia Ambruk, Robert Kiyosaki Peringatkan untuk Beli 3 Aset Investasi Ini

Adapun sinar UV berbahaya sangat tinggi akan dirasakan mulai pukul 10.00 baik di wilayah barat, tengah maupun timur Indonesia. Berikut jadwalnya!

08.00 WIB / 09.00 WITA / 10.00 WIT
Sinar UV berbahaya tinggi hingga sangat tinggi dirasakan di Pulau Papua. Khusus di Papua alami sinar UV berbahaya sangat tinggi di Provinsi Papua. Sisanya alami sinar UV berbahaya tinggi. 

Maluku alami sinar UV berbahaya tinggi. Sedangkan di Sulawesi Utara, Gorontalo dan pesisir Sulawesi Tengah alami sinar UV berbahaya sedang. Kondisi ini juga dirasakan di Jawa bagian timur, Bali dan Nusa Tenggara.

09.00 WIB / 10.00 WITA / 11.00 WIT
Wilayah Papua dan Maluku alami sinar UV berbahaya ekstrem. Sedangkan Papua Tengah dan Papua Pegunungan alami sinar UV berbahaya sedang. Adapun di Sulawesi alami sinar UV berbahaya tinggi hingga sangat tinggi. Di Kalimantan, Jawa dan Sumatera alami sinar UV berbahay sedang. 

10.00 WIB / 11.00 WITA / 12.00 WIT
Wilayah Papua dan Maluku alami sinar UV berbahaya ekstrem. Sedangkan Papua Tengah dan Papua Pegunungan alami sinar UV berbahaya sedang. Sinar UV berbahaya ekstrem juga dirasakan di Kalimantan, Jawa dan Sulawesi. Adapun di Sumatera sinar UV capai level bahaya tinggi. 

11.00 WIB / 12.00 WITA /  13.00 WIT
Sinar UV berbahaya ekstrem dirasakan di Maluku, Kalimantan, Sulawesi, Jawa, Bali dan Nusa Tenggara. Sinar UV berbahaya sangat tinggi dirasakan di Sumatera. 

Baca Juga: Volume Penumpang Kereta Api Meningkat Jelang Pemilu, Ini Upaya Pengamanan KAI

12.00 WIB / 13.00 WITA / 14.00 WIT
Bahaya sinar UV di Papua turun ke level sedang. Di Papua Pegunungan status sudah aman. Namun di Papua Barat masih alami sinar UV berbahaya sangat tinggi. Di Maluku sinar UV berbahaya sangat tinggi.

Di Sulawesi, Kalimantan, Jawa dan Sumatera alami sinar UV berbahaya ekstrem. Adapun di wilayah Jambi, Riau dan Sumatera Barat alami sinar UV berbahaya tinggi. 

13.00 WIB / 14.00 WITA / 15.00 WIT
Di Papua sinar UV berbahaya tinggi hanya di alami di luar wilayah Papua Pegunungan dan Papua Tengah. Sulawesi, Kalimantan, Sumatera dan Jawa alami sinar UV berbahaya tinggi hingga sangat tinggi. Di Maluku alami sinar UV berbahaya sangat tinggi.

14.00 WIB / 15.00 WITA / 16.00 WIT
Kondisi di Papua dan Nusa Tenggara sudah alami kondisi aman. Di Sumatera sinar UV masih berbahaya tinggi hingga sangat tinggi. Sedangkan di wilayah lain sinar UV masih berbahaya sedang. 

Melihat kondisi tersebut, sinar UV mulai aman setelah pukul 15.00 WIB. Sehingga sebaiknya hindari paparan matahari antara pukul 10 pagi hingga 5 sore. Anda juga disarankan tetap berada di tempat teduh pada saat matahari terik siang hari. 

Kenakan pelindung seperti topi lebar dan kacamata hitam anti sinar UV saat berada di luar ruangan. Serta oleskan cairan pelembab tabir surya SPF 30+ setiap 2 jam setelah berenang atau berkeringat. Hindari juga permukaan pasir, air dan salju karena akan meningkatkan paparan UV. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News