Keluarga

Ini Daftar Wilayah RI yang bakal Alami Indeks Sinar UV Berbahaya Hari Ini

Ini Daftar Wilayah RI yang bakal Alami Indeks Sinar UV Berbahaya Hari Ini

MOMSMONEY.ID - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi akan ada paparan sinar UV berbahaya hari ini, Senin, 1 Januari 2024, walau telah memasuki musim hujan. 

Sinar UV berbahaya akan dirasakan pertama kali di wilayah Papua. Mulai pukul 09.00 WIT, sinar UV berbahaya capai level sedang hingga tinggi.

Kemudian, level bahaya sinar UV bakal meningkat di Papua menjadi sangat tinggi hingga ekstrem sejak pukul 10.00 WIT hingga 12.00 WIT.

Baca Juga: Warna Keberuntungan Shio di Tahun 2024, Shio Babi Erat dengan Cinta

Ini jadwal puncak paparan sinar UV berbahaya dengan level risiko sangat tinggi hingga sangat ekstrem di Indonesia pada Senin, 1 Januari 2024:

Papua dan Maluku

Papua akan alami indeks sinar UV berbahaya mulai pukul 09.00 WIT. Pada pukul 10.00 WIT indeks sinar UV menunjukan level berbahaya sangat tinggi. Sementara di waktu yang sama Maluku alami sinar UV berbahaya tinggi. 

Papua akan terus mengalami indeks sinar UV berbahaya tinggi hingga sangat tinggi sejak pukul 11.00 - 13.00 WIT. Sedangkan di waktu yang sama Maluku alami indeks sinar UV berbahaya ekstrem. 

Setelah itu level bahaya sinar UV akan berangsur mereda. Kemudian kedua wilayah ini aman dari sinar UV berbahaya mulau pukul 15.00 WIT. 

Sulawesi, Bali dan Nusa Tenggara

Untuk wilayah Indonesia Tengah, Sulawesi, Bali dan Nusa Tenggara alami indeks sinar UV berbahaya mulai pukul 09.00 WITA. Indeks sinar UV berbahaya capai level sangat tinggi hingga ekstrem mulai pukul 10.00 WITA hingga 13.00 WITA. 

Indeks bahaya sinar UV kemudian berangsur pulih. Kondisi mulai aman pada pukul 15.00 WITA. 

Kalimantan dan Jawa

Kedua pulau ini alami indeks sinar UV berbahaya mulai pukul 08.00 WIB. Indeks bahaya sinar UV mencapai level tinggi hingga sangat tinggi mulai pukul 09.00 WIB hingga 13.00 WIB. Setelah itu kondisi berangsur pulih dan aman pada puku 15.00 WIB. 

Baca Juga: 5 Tips Sarapan untuk Menurunkan Gula Darah, Penderita Diabetes Perlu Tahu

Sumatera

Sumatera mulai alami indeks sinar UV berbahaya pada pukul 09.00 WIB. Kemudian intesitas bahaya naik pada pukul 10.00 WIB. Sumatera alami sinar UV bahaya tinggi hingga sangat tinggi mulai pukul 10.00 WIB hingga 14.00 WIB. Kondisi aman mulai pukul 16.00 WIB.

Selanjutnya, Sumatera, Kalimantan, Bali, Sulawesi dan Maluku alami indeks sinar UV berbahaya sedang. Adapun di Papua sudah aman dari sinar UV berbahaya. Wilayah RI berangsur pulih pada pukul 15.00 WIB.

Jika Anda harus beraktivitas di luar rumah sejak siang, maka gunakan perlindungan yang diperlukan. Saat terpapar sinar UV yang menunjukan risiko berbahaya sangat tinggi, Anda berisiko menalami kerusakan kulit dan mata serta dapat terbakar dengan cepat. 

Nah, bagi orang yang terpapar sinar UV level ekstrem tanpa pelindung, perlu semua tindakan pencegahan karena kulit dan mata dapat rusak dan terbakar dalam hitungan menit. 

Sehingga, sebaiknya hindari paparan Matahari antara pukul 10 pagi hingga 5 sore. Anda juga disarankan tetap berada di tempat teduh pada saat Matahari terik siang hari. 

Kenakan pelindung seperti topi lebar dan kacamata hitam anti sinar UV saat berada di luar ruangan. Serta oleskan cairan pelembab tabir surya SPF 30+ setiap 2 jam setelah berenang atau berkeringat. Hindari juga permukaan pasir dan air karena akan meningkatkan paparan UV. 

Selanjutnya: Hanya Daerah Ini yang Tak Hujan, Prakiraan Cuaca Senin-Selasa 1-2 Januari 2024

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News