Keluarga

Ini Cara Menghilangkan Noda Jamur di Baju yang Membandel!

Ini Cara Menghilangkan Noda Jamur di Baju yang Membandel!

MOMSMONEY.ID - Jamur ternyata bisa menyebar dan menempel pada baju, meninggalkan noda yang sulit hilang. Namun tenang, ada cara yang bisa Moms lakukan untuk menghilangkan noda hitam karena jamur yang membandel. 

Melansir The Spruce, jamur terbentuk pada baju karena baju basah dan tersimpan di area yang hangat. Jika baju berjamur, maka baju jadi berbau dan ada titik hitam, abu-abu, hijau atau putih. 

Baca Juga: Ternyata Ada Manfaat Musik untuk Kesehatan lho, Apa Saja ya?

Jika baju sudah berjamur maka titik tadi sulit dihilangkan. Namun bisakah kita menghilangkan jamur membandel dari baju? Bisa!

Solusi cara menghilangkan noda jamur yang membandel pada baju adalah menggunakan cuka putih. Larutan cuka mengandung asam asetat yang akan membunuh spora. Cuka yang digunakan harus memiliki kadar asam asetat 4-4,2% atau lebih. Namun hati-hati, terlalu banyak menggunakan cuka bisa membuatkain jadi berwarna gelap.

Ini cara menghilangkan noda hitam yang membandel dari baju karena jamur!
Rendam sebentar baju dengan air hangat atau panas, cuka putih, pemutih pakaian, minyak pinus atau disinefktan fenolik untuk membunuh spora jamur. 

Kemudian, cuci dengan deterjen yang kandungannya cukup kuat dan gunakan klorin atau oksigen-bleach untuk menghilangkan noda. Berikut langkah yang bisa Anda lakukan:

Baca Juga: Begini Cara Menghilangkan Noda Karat dari Beton

Sikat jamur dari baju
Sikat baju dan semua benda yang terdampak jamur. Khusus untuk baju, sikat kedua sisi. 

Rendam pakaian
Rendam pakaian yang terkena jamur menggunakan beberapa tetes deterjen. Diamkan selama 15 menit sebelum mencuci pakaian dengan air panas atau sesuai dengan label perawatan pada baju. 

Tambahkan disinfektan
Gunakan satu liter cuka putih suling (distilled white vinegar) untuk 100% kain katun. 
Gunakan cuka putih atau pemutih saat mencuci dengan mesin cuci pada pakaian berwarna putih dan terbuat dari bahan sintetis. 
Gunakan minyak pinus atau disinfektan fenolik untuk kain berwarna gelap baik berbahan alami atau sintetis.

Periksa kembali nodanya
Jika noda tetap ada setelah melakukan disinfeksi, jangan masukkan pakaian ke dalam pengering. Gunakan pemutih pakaian berbasis oksigen, dengan mencampurkan bubuk dan air hangat. Rendam pakaian dan biarkan meresap selama 8 jam atau semalaman. Jika noda hilang, cuci seperti biasa. Jika noda masih ada, buat larutan baru dan ulangi langkahnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News