Keluarga

Begini Cara Menghilangkan Noda Karat dari Beton

Begini Cara Menghilangkan Noda Karat dari Beton

MOMSMONEY.ID - Dari jalan masuk hingga kursi, sesuatu yang terbuat dari betom bisa memiliki noda karat yang mengurangi estetikanya. 

Biasanya penyebab umum beton memiliki noda karat karena furnitur metal, penyangga batang yang sudah mengalami korosi hingga kebocoran sistem selokan yang berkarat dan aus. 

Baca Juga: Begini Cara Menemukan Kucing yang Hilang, Simak Tips Mencari Menurut Ahli

Cuci betonnya
Bilas dan cuci beton untuk menghilanghkan debu, kotoran dan puing-puingh lain. Kemudian campur sabun cuci piring dan air hangat dalam ember, lalu cuci beton dengan spons atau sikat gosok.

Gunakan solusi penghilang karat
Oleskan larutan penghilang noda karat saat betin bersih dan kering. Pilih solusi sesuai dengan tingkat keparahan noda:

  • Jus lemon: efektif untuk noda kecil. Cukup tuangkan pada beton bernoda karat dan diamkan selama sekitar 10 menit sebelum menggosok beton. 
  • Cuka putih: lebih efektif untuk noda kecil dibandingkan jus lemon. Cukup tuangkan cuka pada beton yang terkena karat dan diamkan 7-10 menit sebelum digosok. Bilas dan ulangi untuk noda yang agak keras kepala.
  • Produk khusus noda karat: efektif untuk noda yang besar. Ikuti instruks yang tertera pada kemasan.
  • Asam klorida: Campurkan duacangkir asam dengan satu cangkir asam kemudian olekan pada noda selama 5-10 menit. Kemudian gosok dan bilas dengan cepat karena asam klorida bisa menodai beton dengan warna biru jika didiamkan terlalu lama. 

Baca Juga: Jadi Kinclong, Tiru 3 Cara Hilangkan Noda Air pada Sendok dan Gelas Kaca

Gosok betonnya
Gunakan sikat nilon yang kaku. Jenis sikat ini akan membantu menggosok noda karat tanpa merusak beton. Hindari menggunakan sikat logam karena bisa menghilangkan lapisan perlindungan pada beton. 

Namun jika permukaan beton cukup halus atau dicat, sebaiknya unakan spons. Selain itu perlu diingat bahwa beberapa solusi penghilang karat akan memakan cat dan karat sehingga gunakan pembersih yang ringan. 

Bilas betonnya
Segera bilas betonnya. Gunakan selang untuk memastikaan karaty benar-benar hilang. Jika noda tetap ada, terapkan kembali larutan penghilang noda. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News