Santai

Ini 8 Negara yang Bakal Punah Akibat Pemanasan Global, Ada Maldives

Ini 8 Negara yang Bakal Punah Akibat Pemanasan Global, Ada Maldives

MOMSMONEY.ID - Jika pemanasan global terus memburuk, setidaknya 8 negara akan punah dan hanya tinggal cerita saja!

Apa saja 8 negara yang bakal punah akibat pemanasan global yang semakin memburuk? 

Melansir Inspiredot, pemanasan global yang memburuk akan membuat suhu terus mengalami kenaikan. Ini membuat permukaan air laut akan terus naik karena mencairnya es di bumi. Nah dengan kondisi ini ada beberapa habitat alami dan destinasi wisata ikonik yang terancam hilang. 

Ada beberap negara atau lokasi wisata menakjubkan yang terancam punah karena pemanasan global lo! Ini 8 negara yang mengalami masalah serius dalam beberapa tahun mendatang. 

Baca Juga: 6 Cara Menghaluskan Kulit dari Dalam yang Mudah untuk Diterapkan

8 negara terancam punah karena pemanasan global

Maldives atau Maladewa
Maldives adalah salah satu destinasi wisata populer bagi penduduk Indonesia. Berada di laut India dengan gugusan pulau, Maldives juga jadi negara populer bagi wisatawan mancanegara. 

Namun, dengan topografi yang rendah maka Maldives sangat berisiko mengalami kenaikan permukaan air laut yang disebabkan oleh pemanasan global. Ilmuwan memprediksi pada akhir abad ini, Maldives bisa benar-benar hilang tenggelam. 

New York
Times Square, Broadway dan banyak lokasi wisata menarik, New York adalah salah satu kota ikonik dan populer di dunia. Namun sayangnya, New York juga negara yang sangat rentang terdampak pemanasan global. 

New York merupakan daerah pesisir dataran rendah yang berisiko terkena banjir karena naiknya permukaan air laut dan peristiwa cuaca ekstrem seperti angin topan, gelombang panas dan hujan deras. 

Hutan Hujan Amazon
Hutan hujan Amazon adalah rumah bagi ribuan spesies tanaman dan hewan. Namun, pemanasan global mengancam ekosistem unk ini karena adanya kenaikan suhu dan perubahan pola curah hujan yang menyebabkan kebakaran hutan lebih sering dan besar. 

Deforestasi yang disebabkan oleh aktivitas manusa seperti penebangan, penambangan dan pertanian juga ancaman merupakan ancaman bagi Hutan Hujan Amazon. Jika tidak segera mengambil tindakan untuk melindungi ekosistem ini , salah satu wilayah dengan keanekaragaman hayati paling tinggu di dunia bisa hilang dalam hidup kita. 

Venesia
Venesia adalah salah satu kota terindah dan bersejarah di dunia. Terkenal dengan pemandangan kanal, jembatan dan arsitekturnya.

Namun, naiknya permukaan laut dan peristiwa cuaca ekstrem yang disebabkab oleh pemanasan global membuat kota unik ini dalam bahaya. Kota ini dengan mudah tenggelam tertelan gelombang pasang yang ganas. 

Timbuktu
Timbuktu adalah kota bersejarah di Mali, Afrika Barat, yang pernah jadi pusat belajar dan perdagangan. Namun karena Gurun Sahara yang semakin kering karena kenaikan suhu udara, kota ini menghadapi krisis air serius. 

Pasokan air yang terbatas ditambah dengan cuaca ekstrem seperti badai pasir dan kekerungan, Timbuktu berisiko terancam segera punah. 

Baca Juga: Bikin Kulit Glowing dan Awet Muda, 5 Manfaat Mengurangi Gula untuk Kesehatan

Antartika
Antartika adalah benua paling selatan di dunia dan merupakan rumah bagi satwa liar yang unik seperti penguin, anjing laut dan paus. Namun, benua ini terancam mencair pada tingkat yang mengkhawatirkan karena pemanasan global. 

Menurut para ilmuwan, Antarika telah kehilangan tiga triliun ton es dalam 25 tahun terakhir. Jika pencairan terus berlanjut, diperkirakan es di Antartika akan hilang seluruhnya pada akhir abad ini. Jika Antarika mencair maka dunia juga mengalami ancaman karena kenaikan permukaan air laut yang bisa menyebabkan banjir meluas. 

Sydney
Sydney adalah kota paling unik yang wajib dikunjungi saat ke Australia. Namun kota ini juga tidak luput dari dampak pemanasan global.

Naiknya permukaan air laut adalah penyebab utamanya, yang membuat wilayah pesisir Sydney berisiko banjir dan mengalami gelombang panas ekstrem menjadi lebih sering dan parah. 

The great Barrier Reef
Greet Barrier Reef adalah keajaiban alam lain yang berisiko menghilang akibat pemanasan global. Karang adalah rumah bagi berbagai biota laut termasuk 1.500 spesies ikan, 30 paus dan lumba-lumba serta 6 spesies penyu. 

Namun peningkatan suhu laut akibat pemanasan global menyebabkan pemutihan karang dan menyebabkan kematian pada karang. Great Barrier Reef telah kehilangan setengah karangnya dalam 30 tahun terakhir dan jika tren berlanjut maka seluruh karang akan hilang seluruhnya. 

Demikian 8 kota yang terancam punah akibat pemanasan global. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News