Santai

Ini 5 Fakta Terkenal yang Sebenarnya adalah Mitos

Ini 5 Fakta Terkenal yang Sebenarnya adalah Mitos

MOMSMONEY.ID - Ini fakta terkenal yang sebenarnya adalah mitos, termasuk soal Albert Enstein!

Kita mendengar banyak fakta yang kita percayai kebenarannya sepanjang hidup. Baik itu fajta soal kesehatan atau fakta-fakta menarik lainnya. 

Baca Juga: Penyebab Ponsel dan Komputer Lemot Setiap Tahun Beserta Solusinya

Melansir Woman and Home, ini bisa terjadi karena tidak pernah benar-benar ada satu sumber yang menyatakan kebenaran tunggal. Selain itu banyak juga informasi yang tersebar dari mulut ke mulut dan akhirnya diyakini secara kolektif. 

Berikut beberapa fakta terkenal yang sebenarnya adalah mitos

Minum alkohol membuat suhu badan meningkat
Setelah meminum beberapa gelas alkohol, mungkin Anda merasa panas baik di tubuh atau di wajah. Ini membuat banyak orang percaya alkohol bisa meningkatkan suhu tubuh. 
Namun sebenarnya ini terjadi karena aliran darah di bawah kulit melebar saat Anda minum alkohol. Ini menyebabkan semakin banyak darah yang mengalir dan terasa lebih panas. 
Jadi saat kulit Anda terasa penas saan disentuh, tubuh Anda sebearnya mengalihkan darah dan panas dari inti tubuh. Sehingga organ-organ penting lainnya tidak bekerja sekeras biasanya. Inilah kenapa banyak orang menyarankan meminumnya saat cuaca dingin. 

Baca Juga: Super Air Jet Buka Dua Rute Baru dari Lombok

Anjing hanya bisa melihat hitam dan putih
Anjing memang memiliki pemahaman warna yang terbatas jika dibandingkan dengan manusia. Anjing hanya bisa memahami 20% warna dari kemampuan manusia. Namun bukan berarti anjing hanya bisa melihat warna hitam dan putih, mereka juga bisa melihat warna kuning dan biru. 

Matahari berwarna kuning
Kita sering menggambarkan matahari sebagai benda yang mengeluarkan cahaya berwarna kuning. Namun sebenarnya matahari tampak kuning karena itu cara atmosfer menyebarkan cahaya biru dan merah dari matahari. Cahaya biru tersebar lebih efektif dan dengan demikian, kita menganggap matahari memiliki warna kunig dari pada putih terang. 

Albert Enstein tidak ahli dalam matematika
Ini adalah fakta terkenal yang sebenarnya mitos. Gagasan ini berkembang karena Enstein enggan dengan aturan sekolah yang kaku. Melansir History, padahal di usia 15 tahun Enstein telah menguasai dua jenis kalkulus. 

Baca Juga: Darurat Kasus Monkeypox, Berikut Tips Pencegahan dari Allianz Life

Bunglon berubah warna untuk menyatu dengan lingkungan
Bunglon memiliki kemampuan mengubah warna tubuh mereka sesuai dengan tempat ia hinggap. Kemampuan ini adalah untuk melindungi diri mereka dari predator yang berpotensi memangsa mereka. Namunternyata fakta ini banyak disalahpahami. 
Perubahan warna pada bunglon disebabkan oleh perubahan suhu, suasana hati dan sebagai metode komunikasi. 
Saat bunglon merasa rileks, sel-sel mereka dikemas rapat untuk memantulkan nuansa biru dan hijau. Apabila mereka merasa terancam, sel-sel meregang dan memantulkan nuansa merah dan kuning.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News