Santai

Penyebab Ponsel dan Komputer Lemot Setiap Tahun Beserta Solusinya

Penyebab Ponsel dan Komputer Lemot Setiap Tahun Beserta Solusinya

MOMSMONEY.ID - Apakah Anda merasa ponsel dan komputer lemot akhir-akhir ini? Ada beberapa penyebab ponsel dan kompuer lemot setiap tahun. 

Seiring berjalannya waktu, ponsel dan komputer cenderung sedikit melambat. Namun, Anda perlu mengetahui penyebab ponsel dan komputer lemot. 

Biasanya pengguna akan memperbarui perangkat mereka. Jangan terlalu cepat memperbaruinya. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk penyebab ponsel dan komputer lemot. 

Baca Juga: Membandingkan Ponsel Samsung Terbaik pada Tahun 2024

Mengutip Make Use Of, berikut ini penyebab ponsel dan komputer lemot. 

1. Pembaruan sistem operasi dan peningkatan kebutuhan sumber daya

Saat pertama kali membuka kotak ponsel, laptop, atau gadget lain, semuanya berjalan lancar. Sistem operasi dioptimalkan dengan sempurna untuk perangkat keras tersebut.

Namun, seiring berjalannya waktu, perusahaan teknologi merilis model baru dengan prosesor yang lebih baik, memori yang lebih besar, kamera yang lebih canggih, dan lain sebagainya.

Jadi, sistem operasi seperti Windows, iOS, dan Android diperbarui untuk memanfaatkan pemutakhiran tersebut, yang sangat bagus untuk perangkat yang lebih baru tetapi dapat membuat perangkat lama kesulitan untuk mengimbanginya.

Untungnya, ada beberapa hal yang dapat Anda coba untuk menghidupkan kembali perangkat yang lamban. 

Program laptop

Meningkatkan RAM atau penyimpanan dapat memberi PC kesempatan baru untuk meningkatkan kecepatan kinerja. Anda juga dapat melewatkan pembaruan yang tidak penting jika menurut Anda pembaruan tertentu akan memperlambat segalanya. 

Untuk perangkat yang benar-benar ketinggalan zaman, distro Linux ringan untuk PC atau ROM Android khusus mungkin berjalan lebih baik daripada yang standar.

Baca Juga: Cara Mengatasi Telegram Tidak Bisa Login dengan Nomor HP

2. Ruang penyimpanan lebih berantakan 

Sangat mudah untuk mengunduh aplikasi hanya untuk mencobanya, tetapi kemudian melupakannya.

Masalahnya adalah aplikasi yang tidak digunakan tersebut menghabiskan ruang di ponsel Anda, dengan beberapa aplikasi berjalan di latar belakang dan menggunakan sumber daya ponsel Anda bahkan saat Anda tidak menggunakannya.

Lebih parahnya lagi, bloatware yang sudah terpasang sebelumnya (dan sulit dihapus) juga turut memperparah kekacauan ini. Pembaruan aplikasi juga berkontribusi untuk mengotori penyimpanan Anda dalam jangka panjang.

Saat pengembang menambahkan fitur baru dan mengubah yang lama, ukuran aplikasi cenderung membengkak seiring waktu. Meskipun pembaruan biasanya memperbaiki keadaan, pembaruan juga menggunakan lebih banyak penyimpanan dan berpotensi sumber daya sistem.

Selain itu, ponsel pintar kelas atas modern, dengan kamera canggih yang mampu merekam rekaman dalam 4K yang tajam, memperburuk masalah ini.

Hanya satu menit video 4K dapat menghabiskan gigabita dalam waktu singkat, dan itu belum termasuk semua file Anda yang lain.

3. Harapan Anda berubah seiring kemajuan teknologi

Kemajuan teknologi yang luar biasa pesat membuat kita selalu melihat perangkat yang lebih baru, lebih cepat, dan aplikasi yang lebih canggih. Paparan konstan ini dapat mengubah apa yang kita anggap "cepat" atau "lancar" secara halus. 

Sesuatu yang membuat kita terkesima dua tahun lalu mungkin terasa agak lambat sekarang, bukan karena ponsel Anda menjadi lebih lambat, tetapi karena kerangka acuan Anda berubah dengan semua hal yang lebih baru.

Baca Juga: Cara Memperbaiki Keyboard PC yang Tidak Berfungsi dengan Baik

4. Perangkat telah usang 

Pada perangkat elektronik seperti ponsel, keusangan terencana dapat terjadi dalam beberapa cara. Salah satunya adalah membuat perangkat sulit atau mahal untuk diperbaiki, sehingga lebih mudah untuk menggantinya saat terjadi masalah. 

Cara lainnya adalah menggunakan pemasaran untuk membuat perangkat lama terasa payah dibandingkan dengan rilis terbaru, meskipun yang lama masih berfungsi dengan baik.

5. Perangkat Anda mungkin diserang malware

Saat ini, malware licik mencoba untuk bekerja secara diam-diam alih-alih mencari perhatian. Layar mencolok dan crash instan yang lama sudah tidak ada lagi. Pembuat malware modern tahu bahwa mereka perlu terbang di bawah radar untuk memaksimalkan keuntungan gelap mereka.

Dalam kasus ini, Anda harus melakukan pemindaian malware secara teratur menggunakan perangkat lunak antivirus yang bereputasi baik.

Perhatikan juga bagaimana perangkat Anda bertindak dari waktu ke waktu. Kinerja yang terasa lebih lambat, penggunaan data meningkat secara tiba-tiba, pop-up aneh, atau baterai cepat habis bisa jadi merupakan tanda bahwa malware telah menginfeksi sistem Anda.

Nah, itulah beberapa penyebab ponsel dan komputer lemot setiap tahun beserta solusinya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News