Bugar

Darurat Kasus Monkeypox, Berikut Tips Pencegahan dari Allianz Life

Darurat Kasus Monkeypox, Berikut Tips Pencegahan dari Allianz Life

MOMSMONEY.ID - Moms, pada pertengahan Agustus 2024 lalu WHO telah menetapkan cacar monyet atau monkeypox masuk dalam situasi darurat. Di Indonesia, Kementerian Kesehatan RI telah melaporkan ada 88 kasus monkeypox yang penyebaran awal terjadi pada tahun 2022.

Menanggapi hal ini, Head of Cashless Claims and Claims Data Analytics Allianz Life Indonesia, dr. Tubagus Argie Sunartadirdja mengatakan, bahwa perlu memperketat perlindungan diri serta lebih berhati-hati dalam kontak dengan sesama. Hal yang paling penting untuk diketahui terkait monkeypox saat ini adalah cara penularan, pencegahan, dan gejala-gejala yang menyertainya.

Mengenai cara penularannya, dr. Argie menyebutkan beberapa penularan virus monkeypox yang telah diketahui saat ini, misalnya melalui kontak dengan ruam, koreng, atau cairan tubuh manusia, kontak dengan hewan pengerat yang terinfeksi virus, dan penularan virus melalui benda yang sebelumnya terkena ruam atau cairan tubuh yang terinfeksi.

Penularan yang kemudian diikuti dengan munculnya ruam seperti jerawat yang muncul di wajah, tangan, kaki, dada, alat kelamin atau anus, dan di dalam mulut dan disertai demam, sakit kepala, nyeri otot, sakit punggung, lemas, gangguan pernapasan, dan bahkan pembengkakan kelenjar getah bening di leher, ketiak, dan selangkangan, menjadi pendanda terinfeksinya virus ini.

Komplikasi penyakit ini dapat menyebabkan pasien meninggal, sehingga kita harus selalu waspada dalam mencegah penyebaran cacar monyet. Sebagai langkah pencegahan, dr. Argie menyampaikan beberapa cara pencegahan dan langkah yang harus dilakukan jika terinfeksi monkeypox, yaitu:

Baca Juga: Ini 6 Dampak Buruk Terlalu Sering Minum Kopi, Salah Satunya Anxiety

Langkah Pencegahan

1.           Menjaga imunitas tubuh

2.           Hindari kontak secara fisik dengan orang yang diketahui atau terlihat memiliki gejala

3.           Jangan menyentuh barang-barang, kasur, handuk, atau pakaian dengan orang lain yang bergejala

4.           Hindari kontak dengan hewan pengerat

5.           Gunakan masker serta cuci tangan dengan sabun atau gunakan hand sanitizer secara teratur guna menghindari kemungkinan terkena droplet dari orang yang terlihat memiliki gejala

6.           Bersihkan area yang bisa terkontaminasi secara teratur

Bila terkonfirmasi mengidap cacar monyet, ikuti langkah berikut:

1.           Isolasi di rumah atau fasilitas kesehatan.

2.           Kenakan pakaian yang menutup semua ruam.

3.           Jangan mencampurkan cucian pakaian, seprei, dan handuk bersama milik orang lain
di rumah.

4.           Jangan bersentuhan dengan orang lain.

5.           Jangan berbagi peralatan makan dan minum.

6.           Bersihkan seluruh permukaan dan benda yang disentuh.

7.           Kenakan masker medis.

Baca Juga: 6 Jenis Buah-Buahan Sehat yang Cocok Buat Diet Rendah Kalori

Untuk mendukung perlindungan yang maksimal dan antisipasi penyebaran cacar monyet,  Allianz Life juga mengingatkan pentingnya perlindungan asuransi yang dapat menanggung pembiayaan pengobatan penyakit ini khususnya jika terjadi komplikasi hingga membutuhkan rawat inap.

Selain menerapkan langkah-langkah pencegahan untuk monkeypox, antisipasi dalam bentuk proteksi asuransi juga perlu dipersiapkan. Dengan persiapan yang matang, kita akan selalu terlindungi dan mendapatkan pengobatan yang diperlukan kapan pun tanpa rasa khawatir.

Baca Juga: Katalog Promo JSM Alfamart Terbaru Minggu Ini Periode 6-8 September 2024

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News