Santai

Ini 4 Alasan Kenapa Anda Sulit Menahan Emosi dan Amarah saat Puasa

Ini 4 Alasan Kenapa Anda Sulit Menahan Emosi dan Amarah saat Puasa

MOMSMONEY.ID - Apakah Anda merupakan salah satu orang yang kesulitan menahan emosi di bulan puasa ini? Jika iya, coba kenali beberapa faktor penyebab Anda mudah marah berikut ini.

Perasaan atau emosi yang meledak-ledak dan mudah marah tentunya bisa terjadi pada siapa pun dalam rentang usia berapa pun juga.

Bahkan di bulan puasa, menahan emosi dan amarah pun masih jadi hal yang sulit untuk dilakukan.

Banyak hal dan faktor yang ternyata bisa menjadi penyebab sekaligus pemicu seseorang menjadi mudah marah dan emosi.

Bagi yang penasaran, inilah beberapa faktor yang menjadi penyebab mengapa Anda sulit menahan emosi dan amarah:

Baca Juga: Alami dan Mudah, 4 Cara Ini Bisa Meningkatkan Hormon Serotonin Saat Puasa

Masalah kesehatan

Seseorang yang mudah marah dan emosi juga bisa dipicu oleh berbagai situasi dan permasalahan kesehatan. 

Menurut laman Better Health, beberapa masalah kesehatan seperti insomnia, depresi, anxiety, sakit kepala, darah tinggi, dan serangan jantung bisa menjadi faktor pemicu seseorang menjadi mudah marah.

Masalah pribadi

Rasa marah juga bisa dipicu karena ada masalah pribadi yang memicu respons fight or flight pada seseorang. Respons ini muncul sebagai respons akan ada situasi ketakutan, terkejut, maupun kecemasan. 

Masalah pribadi yang membuat seseorang berada dalam situasi tersebut bisa memicu rasa marah dan emosi tinggi, Terutama, orang tersebut merasa diserang, frustasi, tidak memiliki kekuatan, dan diperlakukan dengan tidak baik.

Baca Juga: 5 Manfaat Probiotik, Baik Dikonsumsi Buat Berbuka Puasa dan Sahur Loh

Perubahan hormon

Laman Health Line menjelaskan, perubahan hormon merupakan faktor umum yang banyak menjadi penyebab seseorang menjadi mudah marah, terutama pada perempuan.

Perempuan yang sedang dalam siklus PMS dapat menjadi sensitif dan mudah terpicu oleh banyak hal kecil yang membuatnya mudah marah. Hal tersebut biasanya banyak terjadi karena adanya perubahan hormon pada masa PMS dan haid bagi perempuan.

Trauma

Rasa marah dan emosi yang mudah meledak-ledak juga bisa disebabkan karena ada trauma akan kejadian di masa lalu yang menakutkan. 

Memori dari trauma tersebut dapat membentuk kepribadian seseorang yang berbeda ketika berada dalam situasi traumatis yang membuat emosi menjadi tidak stabil.

Itulah tadi beberapa faktor penyebab mengapa seseorang mudah emosi dan marah-marah bahkan di bulan puasa ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News