Keluarga

Ini 3 Buah yang Bisa Bikin Panjang Umur, Konsumsi Rutin Ya!

Ini 3 Buah yang Bisa Bikin Panjang Umur, Konsumsi Rutin Ya!

MOMSMONEY.ID - Berikut 3 buah yang bisa bikin panjang umur yang patut Anda konsumsi secara rutin.

Seiring bertambahnya usia, ada peningkatan kerusakan pada DNA kita yang bisa melampaui kemampuan tubuh untuk memperbaiki dirinya sendiri. Kerusakan inilah yang membuat kulit keriput, rambut lebih tipis serta beruban, dan tubuh lebih rentan terhadap gangguan maupun penyakit serius yang berkaitan dengan usia.

Agar proses penuaan berlangsung lebih lambat dari seharusnya, sangat disarankan bagi Anda untuk makan lebih banyak buah dan sayuran.

Meta-analisis menemukan bahwa orang yang makan 2 porsi buah dan 3 porsi sayuran setiap hari memiliki risiko kematian 13% lebih rendah dari semua penyebab. Juga, risiko kematian akibat penyakit jantung dan stroke 12% lebih rendah, risiko kematian akibat kanker 10% lebih rendah, serta risiko kematian akibat penyakit pernapasan 35% lebih rendah.

Nah, kali ini MomsMoney akan membagikan informasi tentang beberapa buah yang bisa bikin panjang umur. Melansir Eat This, Not That! dan Kyla, inilah daftarnya.

Baca Juga: 4 Kandungan Skincare yang Aman Dicampur dengan Retinol, Jangan Keliru!

Buah

1. Delima

Buah yang bisa bikin panjang umur pertama adalah delima.

Delima dikemas dengan antioksidan yang penting untuk menjaga sel tetap sehat dan awet muda.

Delima juga mengandung senyawa punicalagins yang telah terbukti memiliki sifat anti-inflamasi atau anti-peradangan. Peradangan sendiri menjadi kontributor utama dari banyak penyakit yang berkaitan dengan usia. Jadi, mengonsumsi makanan anti-inflamasi seperti delima bisa membantu Anda untuk hidup lebih lama.

Termasuk sumber serat yang baik, mengonsumsi delima dapat membantu menjaga fungsi sistem pencernaan dan menghilangkan racun dari tubuh dengan lebih efisien.

Adapun sistem pencernaan yang sehat penting untuk mendukung umur yang panjang, karena membantu menyerap nutrisi dengan lebih efektif.

2. Blueberry

Buah yang bisa bikin panjang umur kedua adalah blueberry.

Blueberry merupakan sumber antosianin terkaya. Antosianin sendiri adalah senyawa fitokimia yang memberi warna biru, ungu, dan merah pada buah serta sayuran dan merupakan antioksidan yang efektif untuk melawan radikal bebas penyebab kerusakan sel.

Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa nutrisi dalam blueberry memiliki kemampuan untuk memperbaiki DNA yang rusak dan memodulasi gen yang terkait dengan umur panjang.

Kombinasi antosianin dan serat makanan dalam blueberry dapat membantu mengurangi resistensi insulin, menurunkan trigliserida, dan mengurangi risiko diabetes tipe 2.

Penelitian juga menunjukkan bahwa makan blueberry secara teratur dapat meningkatkan kinerja kognitif. Sebuah studi laboratorium pada cacing gelang menunjukkan bahwa polifenol dalam blueberry mampu memperlambat penurunan terkait penuaan dan meningkatkan umur. Menurut peneliti, manfaat ini kemungkinan besar juga berlaku untuk manusia.

Baca Juga: Bagus buat Eksfoliasi, Inilah 5 Jenis AHA dalam Produk Skincare

3. Grapefruit

Buah yang bisa bikin panjang umur ketiga adalah grapefruit.

Grapefruit kaya akan sejumlah nutrisi sehat seperti vitamin C, magnesium penangkal peradangan, kalium penurun tekanan darah, dan serat makanan.

Salah satu manfaat terbesar dari grapefruit yaitu memerangi kelompok gangguan kardio-metabolik yang berkaitan dengan kelebihan berat badan. Seiring bertambahnya usia, risiko kelebihan berat badan cenderung meningkat. Oleh karena itu, mengonsumsi buah pelawan lemak seperti grapefruit sangat disarankan untuk membantu memperlambat proses penuaan.

Satu studi menemukan bahwa peserta yang mengonsumsi setengah grapefruit setiap kali makan kehilangan 3,6 pon berat badan selama percobaan 12 minggu.

Adapun analisis data dari National Health and Nutrition Examination Survey menemukan hubungan antara konsumsi grapefruit dan kondisi yang mengurangi risiko penyakit kardiovaskular. Kondisi ini meliputi berat badan dan indeks massa tubuh yang lebih rendah, lingkar pinggang yang lebih kecil, trigliserida yang lebih rendah, serta protein C-reaktif penanda peradangan dan kolesterol baik (HDL) yang lebih tinggi.

Itulah 3 buah yang bisa bikin panjang umur yang patut Anda konsumsi secara rutin. Semoga bermanfaat ya, Moms.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News