Keluarga

4 Kandungan Skincare yang Aman Dicampur dengan Retinol, Jangan Keliru!

4 Kandungan Skincare yang Aman Dicampur dengan Retinol, Jangan Keliru!

MOMSMONEY.ID - Ada 4 kandungan skincare yang aman dicampur dengan retinol. Inilah daftarnya.

Dalam dunia per-skincare-an, retinol digadang-gadang sebagai dewa. Anggapan ini tentu tidak lepas dari manfaat retinol yang luar biasa terutama dalam hal menyamarkan tanda-tanda penuaan pada kulit.

Meskipun begitu, retinol tidak boleh digabungkan secara asal-asalan dengan kandungan skincare lainnya. Ini dilakukan untuk mencegah efek samping retinol semakin parah.

Adapun beberapa kandungan skincare yang tidak boleh dipakai bersamaan dengan retinol antara lain AHA, BHA, dan vitamin C.

Alih-alih menggabungkan retinol dengan kandungan skincare tersebut, alangkah baiknya Anda mulai mencari tahu kandungan skincare apa saja yang aman dan cocok dengan retinol kemudian menerapkannya pada kulit wajah Anda.

Melansir Dermstore, Exclusive Beauty Club, dan Perfect-Tone, berikut 4 kandungan skincare yang aman dicampur dengan retinol.

Baca Juga: 5 Kandungan Skincare Terbaik untuk Mengontrol Minyak Berlebih, Wajah Bebas Kilap!

1. Niacinamide

Kandungan skincare yang aman dicampur dengan retinol pertama adalah niacinamide.

Niacinamide atau vitamin B3 merupakan salah satu kandungan skincare favorit banyak orang yang mampu bekerja secara efektif dengan bahan aktif skincare lainnya termasuk retinol.

Jika Anda ingin mendapatkan manfaat anti-aging sekaligus mengobati jerawat, maka niacinamide adalah pilihan yang tepat untuk dipasangkan dengan retinol.

Tak sampai di situ, niacinamide juga dapat membantu meningkatkan fungsi skin barrier untuk mengurangi kemungkinan iritasi akibat penggunaan retinol.

2. Hyaluronic acid

Kandungan skincare yang aman dicampur dengan retinol kedua adalah hyaluronic acid.

Hyaluronic acid dapat diproduksi secara alami oleh tubuh untuk melumasi persendian serta membantu mempertahankan kelembaban pada kulit dan mata.

Pada kulit, hyaluronic acid bekerja dengan mengikat molekul air di kulit untuk menjaga kulit tetap terhidrasi dan kenyal.

Bisa dengan mudah ditemukan dalam banyak produk skincare, hyaluronic acid termasuk kandungan skincare yang aman dicampur dengan retinol. Faktanya, menggabungkan hyaluronic acid dengan retinol mampu mengurangi atau bahkan menghilangkan efek negatif retinol seperti kekeringan dan iritasi kulit lho.

Baca Juga: Capek Jerawatan? Coba 5 Vitamin dan Mineral Penting untuk Mengatasi Jerawat Ini

3. Ceramide

Kandungan skincare yang aman dicampur dengan retinol ketiga adalah ceramide.

Ceramide merupakan lipid vital yang secara alami ditemukan dalam tubuh untuk menjaga integritas skin barrier dan memastikan kulit tetap terhidrasi.

Sama seperti hyaluronic acid, ceramide adalah komponen yang populer dalam produk pelembab. Dengan menggunakan pelembab yang mengandung ceramide, itu akan secara substansial membantu pemulihan lapisan luar kulit.

Ceramide tergolong aman dikombinasikan dengan retinol dalam rutinitas skincare yang sama. Pasalnya, kemampuan ceramide dalam menjaga kadar air di kulit dapat membantu mentoleransi efek samping retinol yang cenderung mengeringkan dan mengiritasi kulit.

4. Azelaic acid

Kandungan skincare yang aman dicampur dengan retinol keempat adalah azelaic acid.

Azelaic acid merupakan asam alami yang dapat membantu kondisi kulit seperti rosacea, hiperpigmentasi, dan jerawat.

Saat digunakan bersama retinol, azelaic acid bisa membantu mengurangi efek samping retinol.

Tapi, jika kulit Anda justru mengalami kekeringan saat menggabungkan azelaic acid dengan retinol, segera kurangi penggunaannya ya, Moms.

Itulah 4 kandungan skincare yang aman dicampur dengan retinol. Jangan lupa dicatat ya!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News