Keluarga

Bagus buat Eksfoliasi, Inilah 5 Jenis AHA dalam Produk Skincare

Bagus buat Eksfoliasi, Inilah 5 Jenis AHA dalam Produk Skincare

MOMSMONEY.ID - Inilah 5 jenis AHA dalam produk skincare yang harus Anda tahu.

Disebut AHA, Alpha Hydroxy Acids memiliki banyak manfaat bagi kulit. Berkat kekuatan eksfoliasinya, AHA dapat menghaluskan kerutan, meratakan warna kulit, memudarkan tampilan flek hitam, serta mengurangi jerawat. Tidak heran, AHA ditemukan di semua jenis produk skincare mulai dari cleanser, toner, hingga serum.

Dalam konsentrasi yang lebih tinggi, AHA adalah bahan aktif yang mampu memberikan kekuatan pengelupasan kulit kelas profesional yang intens.

Namun, tidak semua jenis AHA cocok untuk setiap tipe kulit, sehingga diperlukan penelitian untuk menemukan jenis AHA yang tepat untuk kulit Anda.

Agar tak salah pilih, berikut MomsMoney bagikan informasi tentang 5 jenis AHA dalam produk skincare yang dilansir dari LovelySkin.

Baca Juga: Ampuh Lawan Jerawat, Ini 5 Manfaat Vitamin K untuk Kulit

1. Glycolic acid

Jenis AHA dalam produk skincare yang pertama adalah glycolic acid.

Glycolic acid atau asam glikolat berasal dari tanaman tebu dan dianggap sebagai AHA terkuat yang biasa digunakan dalam perawatan kulit.

Glycolic acid bekerja dengan mengelupas lapisan terluar kulit. Karena ukuran molekulnya yang kecil, AHA jenis ini mampu menembus kulit secara mendalam untuk membantu merangsang produksi kolagen.

2. Lactic acid

Jenis AHA dalam produk skincare yang kedua adalah lactic acid.

Secara alami, lactic acid ditemukan dalam susu. Dibandingkan dengan glycolic acid, lactic acid atau asam laktat lebih lembut dan bisa membantu menghidrasi kulit.

Namun, karena molekulnya lebih besar dari glycolic acid, jenis AHA ini tidak dapat menembus kulit terlalu dalam. Sehingga, cenderung ramah untuk kulit sensitif daripada glycolic acid yang kerap menyebabkan iritasi.

3. Malic acid

Jenis AHA dalam produk skincare yang ketiga adalah malic acid.

Malic acid atau asam malat dikenal karena kemampuannya dalam mencerahkan kulit. Dengan ukuran molekul yang lebih besar dari lactic acid, AHA jenis ini cenderung lebih lembut di kulit.

Malic acid sendiri secara alami terdapat pada buah apel.

Baca Juga: 4 Manfaat Menggabungkan Retinol dan Niacinamide untuk Kulit Wajah, Auto Mulus!

4. Mandelic acid

Jenis AHA dalam produk skincare yang keempat adalah mandelic acid.

Mandelic acid atau asam mandelat mirip dengan lactic acid dan malic acid. Ini karena ukuran partikelnya sama-sama lebih besar, sehingga berpotensi mengurangi iritasi.

Namun, tidak seperti jenis AHA lainnya, mandelic acid juga dilengkapi dengan sifat antibakteri.

5. Citric acid

Jenis AHA dalam produk skincare yang kelima adalah citric acid.

Citric acid atau asam sitrat adalah jenis AHA yang paling ringan dan paling tidak asam dari jenis AHA dalam daftar ini.

Ditemukan secara alami dalam buah-buahan citrus seperti jeruk, lemon, jeruk nipis, dan jeruk bali, citric acid juga merupakan antioksidan. Artinya, citric acid dapat melindungi kulit dari penuaan dan kerusakan lingkungan.

Itulah 5 jenis AHA dalam produk skincare yang harus Anda tahu sebelum memilih salah satunya. Sudah tak bingung lagi kan, Moms?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News