Santai

Ingin Merawat Pohon Bonsai? Simak Cara Perawatan Pohon Bonsai untuk Pemula

Ingin Merawat Pohon Bonsai? Simak Cara Perawatan Pohon Bonsai untuk Pemula

MOMSMONEY.ID - Merawat pohon bonsai tidaklah mudah. Bagi pemula, perlu tahu cara perawatan pohon bonsai yang baik. 

Untuk itu, artikel ini memberikan cara perawatan pohon bonsai untuk pemula yang dapat Anda simak. Menurut ahli, merawat pohon bonsai perlu beberapa faktor yang diperhatikan.

Salah satunya yaitu cahaya dan penyiraman pohon bonsai. Para pemula perlu memperhatikan faktor-faktor penting tersebut. 

Baca Juga: Tips Merawat Pohon Bonsai Menurut Ahli, Cocok bagi Pemula

Mengutip Balcony Garden Web, hal terpenting dalam merawat pohon bonsai adalah lokasi tanamannya. 

Lokasi ideal untuk menanam Bonsai bergantung pada beberapa faktor seperti iklim, spesies pohon, dan waktu dalam setahun.

Secara umum, varietas luar ruangan harus diberi paparan sinar matahari setidaknya 5-6 jam setiap hari dan terlindung dari angin dingin.

Untuk bonsai di dalam ruangan, pastikan untuk menempatkannya di jendela yang menghadap ke Selatan, di mana mereka mendapat banyak cahaya terang dan tidak langsung. Selanjutnya adalah tips merawat pohon bonsai dalam memilih pot. 

Berbicara tentang cara merawat pohon bonsai , menentukan apakah Anda akan merawat pohon bonsai jantan atau betina merupakan langkah awal dalam memilih pot. 

Pohon bonsai maskulin sudah dewasa dengan kulit kayu tebal, dahan lebat, dan batang kokoh. Yang feminin memiliki struktur berjenjang atau anggun dengan kulit kayu halus dan cabang berwarna terang.

Pameran Bbonsai

Baca Juga: 10 Tanaman Bantu Turunkan Berat Badan yang Jarang Diketahui Banyak Orang

Pot maskulin berbentuk persegi, lonjong, atau persegi panjang dengan tepi tajam. Mereka memiliki ukiran yang rumit dan sering kali ditutupi oleh bibir di tepinya. Seringkali, mereka ditinggikan dan dipenuhi batu.

Pot feminin, sebaliknya, berbentuk lonjong atau silindris, dengan tekstur halus dan tepi rata. Mereka sering menampilkan simbol dan kurang menonjolkan diri.

Lalu, tips menyiram pohon bonsai. Jika tanah terasa kering hingga kedalaman tersebut, Anda tahu inilah waktunya untuk menyiram. Namun jangan menunggu sampai benar-benar kering.

Jika permukaannya tampak keras pada siang hari yang panas, pertimbangkan untuk merendam panci di dalam air selama 10-15 menit. Itu akan mengembalikan kelembapan yang hilang.

Jika tanah tampak berwarna coklat muda dan hampir basah, tuangkan air ke seluruh permukaan hingga air mengalir keluar dari pot melalui lubang di bawahnya.

Baca Juga: 8 Sampah Dapur Jadi Tanaman Hias Menarik, Manfaatkan Bibit Tak Terduga Ini

Ingat, pohon bonsai memiliki sistem akar terbatas sehingga membutuhkan pasokan air secara konstan. Selain itu, semakin panas cuaca atau lokasinya, semakin banyak air yang mereka gunakan.

Selama Anda terus memeriksa tanah sesekali, dan membiarkan tanah menjadi sedikit lembap di sela-sela penyiraman, Anda baik-baik saja. Inilah Perawatan Pohon Bonsai paling penting yang harus Anda ikuti.

Jadi itulah beberapa cara perawatan pohon bonsai untuk pemula yang dapat Anda jadikan referensi. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News