Santai

Cek IMEI HP Baru, Simak Cara Mudahnya di Semua Perangkat Android dan iPhone

Cek IMEI HP Baru, Simak Cara Mudahnya di Semua Perangkat Android dan iPhone

MOMSMONEY.ID - International Mobile Equipment Identity (IMEI) adalah pengidentifikasi numerik unik untuk setiap perangkat seluler. Anda perlu cek IMEI di ponsel atau perangkat smartphone. 

Nomor IMEI membantu membedakan setiap perangkat satu sama lain. Jika Anda membawa ponsel untuk diperbaiki, mereka akan melacaknya menggunakan IMEI untuk membedakannya dari jutaan iPhone lainnya, misalnya.

Cek IMEI hp baru ini dapat dilakukan di semua perangkat Android dan iPhone. 

Nomor IMEI standar adalah string 14 digit, dengan digit pemeriksa ke-15 tambahan untuk memverifikasi keseluruhan string. Ada juga variasi 16 digit yang mencakup informasi versi perangkat lunak perangkat, yang dikenal sebagai IMEISV.

Enam digit C mewakili nomor seri unik perangkat Anda, dan produsen ponsel yang menentukannya. 

Baca Juga: MacOS Sonoma Sudah Tersedia, Simak Cara Update & Daftar Perangkat Mac yang Mendukung

Bagian D dari IMEI adalah digit pemeriksa yang memastikan IMEI memenuhi Pedoman Alokasi dan Persetujuan. Digit pemeriksaan ditampilkan pada kemasan untuk mencegah kesalahan pencatatan IMEI, namun bukan merupakan bagian dari IMEI yang terdokumentasi.

Tujuan utama IMEI adalah melengkapi perangkat Anda dengan nomor ID unik. Dalam praktiknya, IMEI sangat mirip dengan Vehicle Identification Number (VIN) yang digunakan di industri otomotif. 

Pemerintah Terapkan Pengendalian IMEI Perangkat Telekomunikasi Berbasis CEIR

Meski terkadang membingungkan, namun nomor IMEI sepenuhnya terpisah dari nomor SIM Anda dan tidak dapat diubah.

Saat Anda terhubung ke jaringan seluler, penyedia menangkap kedua nomor untuk mengaktifkan layanannya. Nomor SIM mengidentifikasi akun pelanggan Anda, sedangkan IMEI hanya mengidentifikasi perangkat.

Jika perangkat Anda hilang atau dicuri, Anda dapat menghubungi penyedia Anda, yang mungkin dapat memblokir nomor IMEI, mencegahnya digunakan untuk terhubung ke jaringan.

Penyedia Anda mungkin juga dapat menghubungi jaringan lain, meminta mereka untuk memblokir perangkat. Setelah melakukannya, Anda dapat menggunakan alat bawaan untuk menemukan lokasi ponsel Anda. 

Baca Juga: Inilah Cara Cek IMEI Resmi atau Ilegal pada iPhone hingga Android

Lalu, bagaimana cek IMEI hp baru di semua perangkat Android dan iPhone? Simak cara berikut ini! 

Cara Cek IMEI di Android

Cara tercepat untuk menemukan nomor IMEI Anda di perangkat Android (yaitu, perangkat Android dengan slot SIM.  Nomor IMEI Anda akan langsung muncul di layar Anda. Anda akan melihat dua nomor IMEI jika Anda menggunakan ponsel dual-sim.

Alternatifnya, buka Pengaturan > Ponsel saya atau Pengaturan > Tentang ponsel, bergantung pada perangkat Android yang Anda miliki. Langkah-langkah ini mengambil nomor IMEI perangkat Anda.

Cara Cek IMEI di iOS atau iPadOS

Sama seperti perangkat Android, menekan *#06# adalah cara paling nyaman untuk mengambil nomor IMEI iPhone Anda. Ini instan dan akan memunculkan dua nomor IMEI jika Anda memiliki iPhone dual-sim.

Anda juga dapat memeriksa IMEI melalui menu pengaturan iPhone/iPad dengan masuk ke Pengaturan > Umum > Tentang. 

Baca Juga: Ini Cara Memindahkan Chat Whatsapp ke HP Baru di iPhone dan Android

Gulir ke bawah hingga Anda menemukan nomor IMEI perangkat Anda.

Jika, karena alasan tertentu, iPhone tidak dapat menyala, keluarkan tempat SIM perangkat Anda dan temukan IMEI di bawah baki tersebut. Nomor IMEI harus dicantumkan di lokasi ini jika Anda memiliki iPhone 6s atau lebih baru.

Cara Cek IMEI Tanpa Ponsel

Jika tidak dapat mengakses perangkat Anda (Android atau iPhone), ada juga cara lain untuk menemukan IMEI Anda. Kemasan ritel harus memiliki label dengan IMEI yang ditampilkan. Tanda terima pembelian mungkin juga memiliki catatan IMEI Anda (meskipun ini tidak universal).

Baca Juga: Simak Cara Menggunakan Fitur Temukan Perangkat Saya di HP Android dan iPhone

Jika akan membeli perangkat baru, terutama perangkat bekas, Anda juga perlu memverifikasi statusnya menggunakan IMEI. Untuk melakukan ini, buka IMEI.info dan masukkan nomor IMEI ponsel cerdas.

Alat gratis ini akan memberi tahu Anda sedikit tentang perangkat, serta menawarkan layanan tambahan seperti pemeriksaan daftar hitam dasar. Jika ingin mendapatkan kejelasan lebih lanjut, IMEI.info memiliki layanan premium seperti pemeriksaan daftar hitam terpisah untuk setiap operator besar AS dan alat status kunci SIM. 

Jika Anda sedang mencari informasi dengan tergesa-gesa dan tidak keberatan membayarnya, layanan premium CheckMEND menawarkan Pemeriksaan Riwayat Perangkat dengan harga kurang dari satu dolar.

Nah, begitulah cara cek IMEI hp baru di semua perangkat Android dan iPhone. Selamat mencoba! 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News