Bugar

Ingin Makan Buah? Ini Rekomendasi Buah yang Baik untuk Penderita Diabetes!

Ingin Makan Buah? Ini Rekomendasi Buah yang Baik untuk Penderita Diabetes!

MOMSMONEY.ID - Beberapa buah indeks glikemik rendah adalah buah yang baik untuk penderita diabetes konsumsi.

Bagi penderita diabetes, memilih jenis makanan yang tepat untuk dikonsumsi merupakan salah satu kunci utama dalam mengelola kadar gula darah. Buah-buahan, dengan kandungan serat, vitamin, mineral, dan antioksidan alami di dalamnya, dapat menjadi bagian penting dari diet diabetes jika dipilih dengan bijak.

Meskipun buah mengandung gula alami, beberapa buah memiliki indeks glikemik yang rendah. Ini  berarti buah tersebut memiliki dampak lebih kecil terhadap kadar gula darah. Melansir Healthline, ada rekomendasi buah yang baik untuk penderita diabetes di antaranya sebagai berikut:

1. Ceri

Buah ini merupakan pilihan yang sangat baik bagi penderita diabetes, memiliki indeks glikemik yang rendah dan tidak berdampak signifikan terhadap peningkatan gula darah. Ceri kaya akan antioksidan, seperti antosianin dan vitamin C, yang mendukung kesehatan jantung dan mengurangi inflamasi.

Selain itu, kandungan kaliumnya membantu dalam keseimbangan elektrolit dan pengelolaan tekanan darah, sedangkan seratnya yang mencapai 2,9 gram per cangkir mendukung proses pencernaan dan kontrol berat badan.

Baca Juga: Apakah Kayu Manis Bisa Menurunkan Gula Darah? Cek Penjelasannya di Sini

2. Jeruk Bali

Dikenal karena indeks glikemiknya yang rendah, jeruk bali mendukung pengelolaan kadar gula darah tanpa menyebabkan lonjakan. Buah ini kaya akan vitamin C dan menyediakan nutrisi penting lainnya seperti kalsium, folat, dan vitamin A, hanya dengan 10,7 gram karbohidrat dan 43,7 kalori per setengah buah.

Namun, penderita diabetes disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsi jeruk bali karena potensi interaksi dengan obat-obatan tertentu.

3. Pir

Pir memiliki indeks glikemik yang rendah yang membantu mengelola kadar gula darah dengan efektif. Kaya akan serat, satu buah pir sedang menyediakan sekitar 5,52 gram serat, yang mendukung kesehatan pencernaan dan memberikan rasa kenyang lebih lama.

Pir juga memiliki karbohidrat sekitar 27,1 gram dan 101 kalori, yang menyediakan energi stabil tanpa menyebabkan lonjakan gula darah yang besar.

Baca Juga: Sering Menjadi Buah Bibir, Apakah Diabetes Penyakit Keturunan?

4. Apel

Apel merupakan pilihan yang baik untuk penderita diabetes karena indeks glikemiknya yang rendah. Sebuah apel sedang menyediakan sekitar 4,8 gram serat, mendukung kesehatan pencernaan dan manajemen berat badan. Dengan 25,1 gram karbohidrat dan 94,6 kalori, apel dapat dijadikan camilan sehat yang tidak secara drastis meningkatkan gula darah.

5. Jeruk

Buah jeruk, dengan kandungan vitamin C yang tinggi dan indeks glikemik rendah, mendukung pengelolaan kadar gula darah yang stabil. Setiap jeruk berukuran sedang menyediakan sekitar 18,2 gram karbohidrat dan 3,4 gram serat, yang mendukung kesehatan pencernaan dan menawarkan rasa kenyang.

Baca Juga: Perlu Waspada! Ini Bahaya Gula Darah Tinggi bagi Tubuh

6. Buah-buahan beri

Termasuk stroberi, blueberry, raspberry, dan blackberry, buah-buahan beri memiliki indeks glikemik rendah yang mendukung pengelolaan gula darah yang stabil. Kaya akan antioksidan, serat, dan vitamin C, buah beri mendukung kesehatan jantung dan sistem imun, sambil menyediakan rasa kenyang dengan kalori rendah.

Demikianlah rekomendasi buah yang baik untuk penderita diabetes. Penderita diabetes dianjurkan untuk mengonsumsi buah-buahan ini dalam porsi yang wajar sebagai bagian dari diet seimbang.

Mengontrol total karbohidrat dalam diet merupakan kunci dalam pengelolaan diabetes. Penting juga untuk berkonsultasi dengan dokter atau ahli gizi dalam merencanakan diet yang sesuai dengan kebutuhan individu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News